“Banyak peserta dengan bakat-bakat yang unik, tetapi kami memilih pemenang yang tidak hanya berbakat dan unik saja, tapi juga mempunyai konsep dan tampil menarik saat live perform sehingga membuat yang melihat penampilannya tersenyum dan terhibur,” ujar Soleh Solihun.

Homemade Idol menjadi ajang kompetisi digital yang bertujuan memberikan dampak positif untuk mencari sosok-sosok idol dengan bakat-bakat unik yang menginspirasi orang lain, dengan hadiah hingga 50 juta rupiah. Bakat rumahan jadi idola beneran!

Jakarta, 30 Mei 2020 – Antusias cukup besar dari masyarakat untuk mengikuti Homemade Idol terlihat dari total 574 video submission dari seluruh partisipan yang ikut di episode 1 hingga episode 3. Masing-masing episode telah menampilkan 6 peserta yang telah dipilih oleh 2 Head Hunters di setiap episodenya. Dewan juri memilih 2 peserta dari team Head Hunters yang akan tampil dalam live performance dan memilih 1 pemenang setiap episode. Pemenang setiap episode akan menerima hadiah sebesar Rp 5.000.000,-. Ada 3 pemenang yang maju di Grand Final untuk mendapatkan hadiah sebesar Rp 50.000.000,-

Selain antusias dari masyarakat yang mengikuti Homemade Idol, antusias juga berasal dari penonton. Terlihat dari viewers yang telah mendapatkan hampir satu juta views di semua video YouTube Homemade Idol, dan untuk grand final sendiri total viewers dari part 1 dan part 2 sekitar 150 ribu views dan terus bertambah.

Episode 1 Homemade Idol mulai berlangsung pada 1 Mei 2020 yang menampilkan 6 peserta pilihan Danang dan Darto sebegai Head Hunters. Menghadirkan Soleh Solihun dan Anya Geraldine sebagai juri, menetapkan Ibrahim Ambo dari team Darto sebagai pemenangnya dan berhak mengikuti Grand Final.

Episode 2 Homemade Idol berlangsung pada 10 Mei 2020, menampilkan 6 peserta pilihan Aurelie Moeremans dan Ge Pamungkas sebagai Head Hunters. Dewan juri pada episode 2 adalah Soleh Solihun dan Ayushita, menetapkan Rudy Visual sebagai pemenangnya dan berhak maju ke Grand Final.

Episode 3 Homemade Idol berlangsung pada 17 Mei 2020, menampilkan 6 peserta pilihan Gita Bhebhita dan UUS sebagai Head Hunters. Pemenang episode ini adalah Beats by Boba dari Adelderderder dari team UUS yang dipilih oleh Soleh Solihun dan Luna Maya sebagai dewan juri.

Tahap Grand Final Homemade Idol telah berlangsung pada 24 Mei 2020, menampilkan peserta pemenang tiap episode pilihan Head Hunters yaitu, Ibrahim Ambo dari team Darto, Rudy Visual dari team Ge Pamungkas, dan Beats by Boba dari Adelderderder dari team UUS. Dewan juri pada Grand Final Homemade Idol menampilkan Soleh Solihun, dan juri tamu Patricia Gouw, menetapkan Beats by Boba dari Adelderderder dari team Head Hunter UUS sebagai pemenang Homemade Idol dan mendapatkan hadiah sebesar Rp 50.000.000,-.

Beats by boba dari Adelderderder terpilih sebagai pemenang karena memiliki talent yang creative dan sesuai dengan tujuan Homemade Idol yang mencari bakat bakat rumahan. Menurut team Homemade Idol dan juri, beats by boba dari Adelderderder merupakan salah satu contoh bakat rumahan yang menarik dan kreatif. Adelderderder menunjukan skill yang dimiliki serta mengundang sosok Ibunya sebagai guest dari penampilannya. Adelderderder dalam penampilannya memutarkan beats lagu yang diambil dari sample suara Patricia Gouw, UUS, dan Soleh Solihun. Penampilan ini menarik karena menggunakan kue nastar sebagai alat pendukungnya selama 90 detik.

Soleh Solihun yang menjadi Juri dalam Homemade Idol merasa terkesan dengan penampilan Adelderderder, dan mengatakan: “Adelderderder memberikan kejutan dibanding penampilan- penampilan yang sebelumnya, dan beat yang ditampilkan lebih enak dan lebih bagus.”

“Gue pribadi shock melihatnya karena belum melihat penampilan Adelderderder yang sebelumnya, dan kalau Kang Soleh mengatakan berbeda dari yang sebelumnya artinya elo nailed it,” ujar Partricia Gouw.

Terpilihnya Adelderderder sebagai pemenang Homemade Idol membuat adanya perang dingin yang terjadi di sosial media antara para Head Hunters yang berhasil membawa peserta pilihannya masuk ke grand final yaitu Darto, Ge Pamungkas, dan UUS.

Bakat Adelderderder dan beberapa peserta lainnya lahir sejak pandemi COVID-19 yang masih menjadi permasalahan global termasuk di Indonesia. Pemerintah menghimbau masyarakat untuk tetap tinggal di rumah dan menjaga jarak, menggunakan masker dan menjaga kebersihan tangan dengan cara sering mencuci tangan dengan sabun jika harus keluar rumah untuk mencegah penyebaran virus COVID-19. Anjuran pemerintah untuk kerja dari rumah, belajar dari rumah, dan ibadah dari rumah juga masih dilakukan. Selama masa pandemi COVID-19, banyak perubahan yang dialami dan berdampak pada masyarakat, seperti merasakan jenuh.

Banyak orang menggunakan waktu luangnya di rumah dengan berbagai aktivitas seperti menjelajahi bakat yang dimiliki. Tak heran banyak konten-konten kreatif dari masyarakat selama masa pandemi COVID-19 yang akhirnya menjadi viral melalui kanal digital sebagai tempat penyebarannya. Maka Blssed, berkolaborasi dengan Trax 101.4 FM Jakarta, MRA Media, menyelenggarakan The 1st Talent Show Made From Home: Homemade Idol yang didukung oleh air mineral VIT, Biskuit Roma Sari Gandum dan Blibli. Homemade Idol telah diselenggarakan 1 Mei – 24 Mei 2020. Homemade Idol merupakan ajang kompetisi digital dengan mengangkat tagline “Bakat Rumahan Jadi Idola Beneran”, bertujuan memberikan dampak positif untuk mencari sosok-sosok idol dengan bakat-bakat unik yang menginspirasi dan juga menghibur orang lain saat #DirumahAja.

“Banyak bakat-bakat luar biasa yang berasal dari rumah. Bakat unik yang tidak dimiliki semua orang dan bisa menghibur orang lain,” ujar Luna Maya.

Ayu Ahza, Marketing Manager VIT, yang mendukung penuh acara ini, mengatakan: “Acara Homemade Idol adalah hiburan menarik yang bisa bikin diri kita tetap adem, meskipun banyak hal dalam hidup mungkin terjadi diluar kendali kita, sama seperti air mineral VIT yang selalu bisa bantu ademin badan. Acara mencari bakat Homemade Idol ini, juga bisa menjadi selingan saat di rumah aja, dan bisa membantu mendongkrak semangat juga.”

“Roma Sari Gandum yang enak dan mengenyangkan selalu mendukung penuh setiap aktifitas dan kreatifitas anak muda. Homemade Idol ajang pencarian bakat rumahan menghadirkan tontonan seru dan menghibur. Ayo, tunjukkan kreatifitas dan bakat kalian jangan sampai mendadak lapar membatasi kreatifitas dan siapkan selalu Roma Sari Gandum,” kata Danurwindo, Brand Manager Roma Sari Gandum.

Zsazsa Kartika, Brand Manager Blibli.com, berpendapat: “Blibli selalu mengutamakan kepuasan pelanggan nomor satu, tidak hanya urusan belanja saja yang dipenuhi, kami melihat Homemade Idol adalah acara hiburan pembangkit semangat untuk masyarakat Indonesia. Meskipun #dirumahaja, jangan sampai mati gaya, ini saatnya menyalurkan bakat terpendam kita. Ayo tunjukkan bakat kalian di acara Homemade Idol ini.”

“Akhirnya Homemade Idol telah memilih pemenang. Kami memberikan apresiasi pada anak- anak muda dalam mengisi masa PSBB mereka dengan berkreasi menunjukan bakat-bakat mereka di sosial media. Semoga Homemade Idol bisa menjadi alternatif hiburan, melahirkan idola-idola baru, dan bisa menciptakan peluang di industri kreatif dan juga hiburan Indonesia,” kata Iwet Ramadhan, Head of Business Growth MRA Media.

Seluruh kontestan yang mengikuti kompetisi dan menjadi juara dengan cara mengunggah video berisi bakat yang dimiliki tanpa batasan di Instagram dengan mengikuti syarat yang diberikan. Peserta yang telah dipilih yaitu memenuhi kriteria dan syarat yang diberikan, peserta harus follow Instagram @Homemadeidolid. Selanjutnya, calon peserta juga telah rekam video dengan durasi maksimal 1 menit berisi bakat yang dimiliki atau kreativitas yang lahir dari ketidaksengajaan selama #dirumahaja, dan di unggah di akun Instagram pribadi. Peserta juga telah melengkapi

caption pada unggahan, mention @homemadeidolid, serta tiga (3) orang teman, dan menggunakan tagar #HomeMadeIdol. Kriteria lainnya, video dari para peserta yang telah lolos karena tidak mengandung unsur SARA, kekerasan, keasusilaan, atau pornografi.

Peserta yang telah unggah video yang menampilkan bakatnya akan dipilih oleh “Head Hunters”, yang merupakan komedian, selebritas, hingga penyiar. Head Hunters juga ikut mengajak pengikut akun Instagram mereka masing-masing untuk berpartisipasi dalam Homemade Idol untuk menunjukan bakat yang dimilikinya. Head hunters terdiri dari Danang, Darto, Ge Pamungkas, Aurelie Moeremans, Gita Bhebita, Rizky Firdaus Wijaksana (UUS).

Setiap Head Hunters yang telah memilih tiga (3) peserta Homemade Idol sebagai timnya dan membawa video yang telah diunggah untuk mengikuti kompetisi dan menunjukan bakatnya untuk bersaing dengan kontestan lainnya.Peserta pilihan yang sesuai dengan kriteria telah menunjukan bakatnya secara Live yang bisa di saksikan secara GRATIS oleh masyarakat melalui YouTube channel Homemade Idol yang akan dipandu oleh Tarra Budiman sebagai pembawa acara Homemade Idol. Penonton juga dapat berinteraksi di kolom live chat saat berlangsungnya Homemade Idol, dan memilih peserta dengan bakat favorit masing-masing.

“Banyak orang yang menjadi kreatif di masa karantina ini, awalnya karena iseng mengisi waktu, tapi ternyata bisa memberikan hiburan untuk orang lain, jadi acara ini bisa menjadi tempat baru berkembanganya ide-ide kreatif yang menghibur masyarakat,” Ujar Ayushita, Aktris dan Penyiar Radio.

Homemade Idol selain memberikan apresiasi pada bakat-bakat masyarakat, mencari bakat selama di rumah pada masa pandemi COVID-19, juga menghadirkan program pelanggan dana. Homemade Idol mengajak masyarakat ikut berdonasi untuk saudara-saudara kita yang terdampak COVID-19, melalui https://bit.ly/rantanghati.