Trax 20:202021-07-19T17:16:16+07:00

Periode 15 – 21 Juli 2021

Chart 20:20 Indonesia

1
new
Mahalini – Melawan Restu
Views 8 | TWP 1 | LWP 0
Album
Producer
Director
Cast

Description

Siapa yang tak kenal Mahalini. Perempuan bersuara merdu asal Bali ini merupakan jebolan  ajang pencarian bakat Indonesian Idol X. Pada pertengahan tahun 2020 silam, Mahalini sukses dengan debut single per­ dananya. Kini, perempuan berparas ayu ini kembali merilis single kedua yang berjudul “Melawan Restu”.

Menggandeng Composer muda berbakat “Martinus Tintin (TinTin)”, single kedua Mahalini bercerita tentang kisah cinta dua anak manusia yang harus berakhir pahit karena terhalang Restu. Kejadian yang kerap terjadi pada kehidupan nyata, maka tak heran jika  lagu ini terdengar  lebih menyentuh hati para pendengarnya.

Proses produksi single Melawan Restu, selain dibantu oleh TinTin, Mahalini juga dibantu sang Produser, Keke Kananta juga turut andil menyumbangkan energi positif melalui penulisan liriknya. “Menurut aku, selain lagu ini catchy banget, disini aku juga ikut andil dalam penulisan lirik, karena aku pinginnya single aku tuh relate­able sama kehidupan, dan menurut aku part ini ada di bagian Pre-Chorus nya,” tambahnya.

Melalui single Melawan Restu, Mahalini berharap semoga single ini bisa relateable dengan semua penikmat musik. “Jujur aku bikin single ini tuh untuk semua orang, jadi semoga banyak yang dengerin, banyak yang suka, selebihnya itu bonus buat aku,” tegasnya.

2
new
Tiara Andini – Hadapi Berdua
Views 3 | TWP 2 | LWP 0
Album
Producer
Director
Cast

Description

Engga perlu menunggu waktu lama bagi penyanyi cantik bertalenta tinggi, Tiara Andini, untuk menelurkan karya terbarunya. Kali ini Tiara Andini merilis single terbaru yang diberi judul “Hadapi Berdua” di bawah naungan label rekaman Universal Music Indonesia.

Ini menjadi karya terbaru Tiara Andini setelah sebelumnya di awal tahun 2021 jebolan Indonesian Idol musim kesepuluh 2019 ini mengeluarkan single bersama Arsy Widianto untuk sebuah project music series.

Single “Hadapi Berdua”merupakan hasil kerjasama Tiara Andini bersama dengan trio pencetak hits kekinian, Laleilmanino. Sebuah lagu pop dance yang ceria dengan bercerita tentang kisah cinta.

“Jadi lagunya ini menceritakan cewek dan cowok yang sedang menjalani hubungan cinta, tapi dalam perjalanannya ada beberapa yang tidak mendukung mereka. Walau begitu mereka tetap berjuang dan berusaha untuk tetap menghadapinya berdua bersama-sama. Intinya mereka tetap fight bareng-bareng sih,” ujar Tiara Andini menceritakan tentang single “Hadapi Berdua”.

Sesuai dengan ceritanya, lewat lagu ini Tiara Andini juga ingin menyampaikan pesan bagi semua orang untuk tidak mudah menyerah dalam meraih apa saja yang ingin dicapai, tidak hanya percintaan, tapi hal apapun itu.

“Harapannya sih semoga lagu ini bisa mewakili hati semua masyarakat Indonesia yang sedang mengalami susahnya menjalin hubungan, atau dari sisi apapun, kalian harus tetap semangat,” harapnya.

Berbeda dengan single sebelum-sebelumnya yang lebih menyajikan warna musik pop ballad dengan beat yang pelan nan galau, di lagu “Hadapi Berdua” ini Tiara Andini menawarkan sesuatu yang jarang sekali ia lakukan, pop dance music!

Ya, aransemen di single “Hadapi Berdua” memberikan warna baru yang lebih colourful dan menyenangkan untuk sebuah karya dari Tiara Andini, lebih groovy dengan nuansa pop yang ceria.

“Sebenarnya ini cerita lagunya kan sedih tapi aku mau vibes yang positif dan ceria gitu. Jadinya aku tambahin dance juga, bahkan hampir full dance sih kalo bisa dibilang, makanya aku excited banget sama lagu ini, karena kan lagu aku yang slow tempo juga udah banyak,” ujar Tiara Andini yang pernah meraih penghargaan “Best New Asian Artist Indonesia” dalam ajang Mnet Asian Music Awards (MAMA) 2020.

Ada hal menarik dan unik dari proses pengerjaan single “Hadapi Berdua” ini. Pertama, saat proses workshop Tiara Andini dibuat terkagum dengan Laleilmanino saat menyampaikan cerita lalu dalam hitungan satu jam, lagunya sudah jadi.

Berikutnya dalam proses produksi video music, dimana Tiara Andini merasakan tantangan untuk melakukan gerakan koreografi dance yang sangat banyak, yang tentunya membutuhkan usaha lebih untuk melakukannya.

“Jadi ya pas proses workshop sama kak Laleilmanino aku cuma cerita beberapa menit ke mereka terus sejam udah jadi lagunya. Pas proses rekaman jadi makin matang. Terus juga pas video klipnya juga seru, latian dance juga sama koreografernya, gerakannya lumayan deh, udah gitu latian pas puasa jadi tantangan sendiri aja buat aku,” cerita Tiara Andini.

Makin penasaran kan sama single “Hadapi Berdua”? Langsung aja kalian dengerin di semua platform layanan musik digital. Jadikan playlist, dengarin setiap hari, dan jangan lupa cover dance-nya!

3
new
Rich Brian, NIKI, & Warren Hue – California
Views 5 | TWP 3 | LWP 0
Album
Producer
Director
Cast

Description

Label rekaman 88rising pastinya tidak asing di telinga kita. Pasalnya, musisi-musisi jagoan mereka Rich Brian, NIKI, dan Warren Hue adalah Warga Negara Indonesia. Belum lama ini, mereka meluncurkan single kolaborasi mereka bertajuk “California”.

Dalam pernyataan pers, Brian menceritakan bahwa Lagu ini dibuat untuk membawakan narasi tentang tiga anak Indonesia yang berhasil mengejar impian mereka. Baik itu di bidang laku peran, ilmuwan, arsitek, maupun keduanya. Ia dan kedua rekannya ingin terus menyampaikan bahwa semua dapat tercapai. Ketiga solois ini juga menceritakan betapa berperannya California dalam perjalanan karir mereka. Segala suka duka telah mereka lalui di negara bagian tersebut.

Musik Video ini seakan membahas apa rasanya menjadi Asia di Amerika. Apa yang dapat dilaksanakan ketika berkumpul dan makan snack. Tentunya, para penggemar dari Indonesia sangat familiar dengan permainan congklak yang juga dipertunjukkan di video tersebut.Konon katanya, single yang dibawakan secara live di acara “Asia Rising Together” tersebut adalah pengantar dari proyek khas 88rising yaitu ‘Heads in The Clouds 3’. Tidak hanya hadir dalam bentuk album kompilasi, Heads in The Clouds juga hadir dalam format festival. Setelah gagal dilaksanakan tahun lalu di Jakarta, festival ini direncanakan akan diadakan di Los Angeles pada November tahun ini.

4
new
Sammy Simorangkir – Dibalas Dengan Dusta
Views 2 | TWP 4 | LWP 0
Album
Producer
Director
Cast

Description

Setelah penantian panjang, Sammy simorangkir akhirnya kembali ke industri musik tanah air di tahun 2021 dan mengeluarkan single yang pastinya sangat ditunggu oleh para penikmat musik Indonesia.

“Menyakitkan, bila cintaku dibalas dengan dusta” Siapa yang tidak kenal penggalan lirik ini?

Yup, single yang menjadi pembuka di awal comebacknya kali ini  adalah “Dibalas Dengan Dusta”, sebuah single yang pastinya tidak asing lagi di telinga masyarakat Indonesia. Single yang diciptakan oleh (alm.) Glenn Fredly ini sebelumnya sudah sangat dikenal saat dibawakan oleh Audy.

Singkat cerita, single ini diberikan ijin untuk dibawakan kembali oleh Sammy sebelum bung Glenn Fredly berpulang. Siapa yang menyangka bahwa sang composer tidak berkesempatan menyaksikan lagunya berkibar untuk kedua kalinya.  Walaupun single ini bukanlah original single, namun dengan suara dan pembawaan khas Sammy Simorangkir membuat lagu ini sangat berbeda dari versi yang sebelumnya.

Selama berhibernasi-pun, Sammy tetap konsisten dengan kegiatan bermusiknya, mulai dari memperdalam skill bernyanyinya, sampai mengisi acara-acara off-air dan membangun channel youtube sendiri.

Masih dalam naungan PT. Profesional music atau PRO-M, besar harapan single ini dapat diterima dengan baik sebagai pengobat rindu dari seorang Sammy Simorangkir untuk para penikmat musik tanah air.

5
new
Elephant Kind – Modern Dreaming Romance (Lonely)
Views 4 | TWP 5 | LWP 0
Album
Producer
Director
Cast

Description

Grup musik pop hybrid asal Jakarta, Elephant Kind kembali merilis sebuah single baru berjudul Modern Romance Dreaming (Lonely) yang sekaligus menjadi lagu pembuka menuju album ketiga Elephant Kind, Superblue.

Berbeda dengan proses penggarapan lagu-lagu pada album Elephant Kind yang sudah dirilis, ini pertama kalinya dua personel Elephant Kind, Kevin dan Bayu banyak terlibat di proses penulisan album ketiga. Salah satunya adalah Modern Romance Dreaming (Lonely), dimana inisiasi ide lagunya datang dari Kevin di akhir tahun 2020 kemarin.

“Waktu itu nulis draftnya iseng di rumah dan isinya hanya synth dan drums nya saja. Kirim dan nanya ke anak-anak, kira-kira bisa masuk ke album ketiga kah draft ini. Gak lama kemudian Bam respon dan bilang mungkin bisa deh,  akhirnya dikirim draft lengkapnya ke Bam untuk ditulis liriknya sekaligus dimasak lagi.” ujar Kevin.

Lagu Modern Romance Dreaming (Lonely) adalah suguhan baru untuk para pendengar Elephant Kind. Dengan dibuatnya suara synth yang cukup hipnotik dan juga drums yang terinspirasi dari musik pop khususnya pop elektronik tahun 80-an ini, Elephant Kind menunjukkan keseriusannya dalam mengeksplorasi berbagai musik pop.

“Ketika dengar draft yang dikirim oleh Kevin, gak sampai 20 detik kata ‘lonely, i’m so lonely’ beserta melodinya langsung keluar dari kepala tanpa dibuat-buat. Sering sebenarnya nulis lagu dengan tema kesepian tapi baru kali ini ada kata se-straightforward itu di bagian chorus.” jelas Bam terkait penulisan Modern Romance Dreaming (Lonely).

Secara lirik single Modern Romance Dreaming (Lonely) yang ditulis oleh Bam mengisahkan cerita seseorang yang menemukan kesepian sebagai suatu kebebasan bukan hal yang mengengkang. Sesuai judulnya, lagu ini juga menggambarkan bagaimana orang-orang pada masa modern ini bisa jatuh cinta terhadap seseorang secara virtual – Sesuatu yang mungkin banyak orang rasakan sekarang ini terutama pada masa lockdown kemarin.

Tahun 2020 kemarin bukan tahun yang mudah untuk semua orang termasuk Elephant Kind. Dengan tidak adanya penyelenggaraan panggungan musik, Bam, Kevin dan Bayu juga sempat mempertanyakan kelanjutan dari Elephant Kind.  Namun dengan memutuskan untuk menggarap beberapa lagu baru kini telah menjadi sebuah album, Elephant Kind siap untuk kembali ke blantika musik.

“Tanpa kita sadari secara langsung – Album ini menyelamatkan Elephant Kind. Kalau kita tidak menggarap sebuah album tahun ini mungkin masing-masing dari kita sudah melakukan hal-hal yang lain.” Ujar Bam.

Bayu juga menambahkan “Dengan dirilisnya single dan album baru Elephant Kind, gue cuman ingin bilang “we’re all in this together”. Harapannya semoga lagu ini dapat menjadi teman sekaligus anthem untuk orang-orang yang sedang merasa kesepian.”

Bukan hanya merilis sebuah single saja di bulan ini, Elephant Kind juga menjadi salah satu kolaborator dalam program LaboKarya. Program yang diinisiasi oleh Museum MACAN yang memfasilitasi kolaborasi antara perupa, brand, dan insan kreatif Indonesia yang dilangsungkan sepanjang bulan Mei 2021. Pada puncak acaranya yang jatuh pada tanggal 31 Mei 2021, Museum MACAN dan Elephant Kind akan merilis sebuah video kolaborasi yang akan menayangkan secara perdana lagu Modern Romance Dreaming (Lonely). Objek seni hasil kolaborasi perupa dan jenama kreatif akan ditampilkan dalam video yang akan tayang di kanal Youtube Museum MACAN.

6
new
Dere – Kota
Views 7 | TWP 6 | LWP 0
Album
Producer
Director
Cast

Description

KOTA adalah karya yang ditulis oleh Dere, perempuan berusia 18 tahun yang sederhana tetapi cermat memakna, bersama Tulus penyanyi kebanggaan Indonesia.

Potensi Dere menarik perhatian TulusCompany, yang kemudian diasah oleh Tigaduasatu, sebuah manajemen artis yang membawa sentuhan baru dan memperkaya warna musik Indonesia.

Karya ini lahir dari melodi gitar tua, serta senandung yang terinspirasi dari suara rintik hujan dan udara segar sehabis hujan. Lagu Kota, diciptakan tidak dalam waktu lama. Ia mengalir dengan tenang, dikemas dengan lugas, berkisah tentang rasa rindu mendalam akan suasana dan momen yang pernah dilewati.

Denting gitar dan suara bening Dere, mengalun syahdu, membuat lagu ini sangat nyaman didengar berulang, membawa kembali kenangan masa lalu dan membangkitkan kerinduan buat siapa pun yang mendengarnya.

“Pada Dere, Saya melihat talenta yang mungkin dapat membawa karirnya berkembang jauh” ujar Tulus.

Lirik dan lagu ini diselesaikan pada tanggal 22 Juli 2020, direkam pada tanggal 25 September 2020, dan setelah melewati proses mixing dan mastering, rampung seutuhnya pada tanggal 14 Oktober 2020 lalu.

7
new
Cantika Abigail – Tak Mungkin Ku Melepasmu
Views 1 | TWP 7 | LWP 0
Album
Producer
Director
Cast

Description

Setiap artist/penyanyi tentu punya bucket list masing-masing. Hal–hal yang ingin dia lakukan dan alami dalam karir bermusiknya. Untuk Cantika Abigail salah satu harapannya adalah ingin punya kesempatan untuk merekam karya lagu diiringi oleh orkrestra. Dan harapan tersebut tercapai melalui lagu “Tak Mungkin  Ku Melepasmu” yang menjadi bagian project IndoHits Klasik yang di inisiasi oleh Sony Music Entertainment Indonesia.

“Dari awal ditawari untuk project ini, tidak ada alasan untuk tidak mengambilnya. Sebagai penyanyi mendapat kesempatan untuk bernyanyi diringi oleh  The City of Praque Philharmonic Orchestra adalah salah satu impian yang menjadi nyata. Mendengarkan musik yang dimainkan langsung oleh manusia dengan alat musik asli dalam sebuah orkestra, lalu melakukan rekaman dengan iringan musik tersebut adalah pengalaman yang membuat bergidik dan terkesima tanpa henti. Tidak terbayangkan sebuah lagu Indonesia mendapatkan treatment yang luar biasa dari orkestra ternama di dunia, dan aku ingin memperdengarkan hasilnya kepada semua orang”, begitu Cantika bercerita tentang penggarapan lagu ini.

Lagu “Tak Mungkin Ku Melepasmu” adalah lagu asli milik band Dygta yang diambil dari album kedua mereka berjudul “Persembahan Jiwa” yang dirilis tahun 2002, dimana pada versi asli tersebut Dygta membawakan lagu ini bersama penyanyi bernama Andina.

Keinginan untuk mennyanyikan sebuah lagu ballad dan jatuh hati dengan aransemen orkestra yang diberikan untuk lagu ini adalah alasan Cantika memilih lagu ini untuk dinyanyikan kembali.

8
new
NOAH Feat. BCL – Mencari Cinta
Views 7 | TWP 8 | LWP 0
Album
Producer
Director
Cast

Description

Ketika mencintai seseorang dalam sebuah kerahasiaan, ada kehampaan seakan berada didalam ruang yang terbatas, hingga merasa semuanya tidak benar. Apakah ini yang dinamakan terjebak saat mencari cinta di tempat yang tidak biasa? Kalau merasakan hal ini, lebih baik kamu mencari cinta yang lain.

Ketika mencintai seseorang dan merasakan kehampaan, maka cinta ini bukanlah sesuatu yang benar. Lagu yang menyentuh hati ini disampaikan oleh NOAH dan Bunga Citra Lestari lewat lagu yang berjudul Mencari Cinta.

Mencari Cinta merupakan rangkaian lagu yang terdapat dalam album Keterkaitan Keterikatan dari NOAH yang dimotori oleh Ariel, Lukman dan David.

Ariel mengungkapkan, “Kali ini NOAH mengajak BCL karena Mencari Cinta sendiri awalnya kita siapkan bukan untuk duet. Lalu produser bilang kenapa nggak diduetin aja, dan pada saat itu yang terlintas dipikiran kita adalah BCL yang bisa nyanyiin lagu ini bareng NOAH.”

BCL menambahkan, “Lagu ini bercerita tentang cinta dan wanita, maka hadirlah sosok wanita yang melengkapi perjalanan album NOAH ini dimana gue yang diminta untuk nyanyiin lagu Mencari Cinta bareng NOAH. Ini sebenarnya secret project ya, karena pada saat album NOAH Keterkaitan Keterikatan rilis, nggak ada yang tahu kalau lagu Mencari Cinta ini akan kita nyanyiin bareng.”

Prialangga selaku sutradara music video ini menjelaskan, “NOAH mengisi video ini bersama BCL. Konsep videonya sendiri mencerminkan makna dari lirik lagu tersebut. Pointnya adalah dua orang yang saling mencintai, tapi mereka berada di tempat yang salah.

Visualisasi dari video ini menggambarkan bahwa mereka hanya bisa mengagumi tapi tidak akan bisa menyatu dengan cinta yang tidak benar dan berada di tempat yang tidak biasa.”

9
new
Warren Hue – Too Many Tears
Views 4 | TWP 9 | LWP 0
Album
Producer
Director
Cast

Description

Warren Hue menjadi musisi ke-4 dari Indonesia yang bergabung dengan label musik asal Amerika Serikat, 88Rising.
Sebagai debutnya di bawah label tersebut, dia telah meluncurkan lagu Freaks yang berkolaborasi dengan grup asal Jepang, Atarashii Gakko!.
Cowok berusia 18 tahun ini lahir dan besar di Jakarta. Dia memulai kariernya di musik pada usia 16 tahun dengan nama panggung Warrenisyellow.
Kepada Bandwagon, Warren mengaku nama tersebut awalnya dia pakai buat main game. Selain itu juga untuk mewakilkan identitasnya sebagai seorang berdarah Asia. Tapi dia memutuskan untuk menggantinya karena ingin lebih serius di industri musik.
Warren mengaku jatuh cinta kepada hip hop dan ingin menjadi rapper setelah mendengarkan Till I Colapse dari Eminem. Dari situ, dia mendengarkan musisi lain seperti Tyler The Creator, Earl Sweatshirt, sampai Kanye West.
Musisi Indonesia seperti Rich Brian dan Yosugi BAP juga turut menginspirasinya.
Karya pertamanya adalah versi remix dari lagu Womp Womp milik rapper Amerika Serikat, Valee, yang dirilis lewat SoundCloud.
Di 2018, cowok yang kuliah di New York itu merilis dua album yakni Alien dan Sugartown yang berkolaborasi dengan produser Korea Selatan, Chasu.
Selain musik, Warren juga punya minat di fashion karena orang tuanya yang bekerja di industri garmen.
10
new
Arsy Widianto, Tiara Andini – Bahaya
Views 11 | TWP 10 | LWP 0
Album
Producer
Director
Cast

Description

Proyek musik dua musisi muda, Arsy Widianto dan Tiara Andini, akhirnya ditutup dengan dirilisnya singel “Bahaya”. Sesuai janjinya, “Bahaya” menjadi singel keempat atau terakhir dari serial musik ArTi untuk Cinta. Sebelum “Bahaya”, keduanya sudah merilis “Cintanya Aku”, “Diam-diam”, dan “Padamu Luka”.

Keempat lagunya sendiri dirilis di bawah naungan label rekaman Universal Music Indonesia. Proyek serial musik ArTi untuk Cinta merupakan sebuah rangkaian perjalanan kisah cinta yang diinterpretasikan oleh Arsy Widianto dan Tiara Andini. Melalui keempat lagu ini, kisah cinta Arsy dan Tiara disampaikan dari mulai awal bertemu, saling jatuh cinta, hingga berpacaran.

11
new
Raisa – Tentang Dirimu
Views 1 | TWP 11 | LWP 0
Album
Producer
Director
Cast

Description

Raisa merilis single ketiga di tahun ini berjudul Tentang Dirimu. Lagu tersebut ditulis Raisa bareng tim produser S/EEK (Marco Steffiano, Adrian Rahmat Purwanto, Jessi Mates, dan Josh Kunze) yang mengambil tema besar tentang kenangan akan seseorang yang dekat di masa lalu. Mengingat bagaimana tetap bersama baik itu saat suka atau duka, memiliki angan-angan yang sekarang sirna.

“Kisah di lagu ini mengajarkan bagaimana sebenarnya kita mengenal dan mengetahui satu sama lain secara mendalam. Sampai pada akhirnya hubungan tersebut kandas dan hanya menyisakan kenangan yang selamanya menjadi memori,” cerita Raisa.

Kenangan tersebut ditampilkan oleh Raisa di Tentang Dirimu dengan balutan aransemen minimalis yang membuat suasana lagu ini sangat intimate. Ditambah isian ritmik gitar dari salah satu penyanyi solo pria, Rendy Pandugo, dan keberadaan isian drum di bagian tengah lagu, makin menguatkan karakter vokal Raisa dan dengan jelas menceritakan kenangannya.

“Belakangan saya lagi suka semua musik yang terdengar sederhana. Tentang Dirimu membuat saya terkesima sejak awal demo. Saya yakin banyak yang akan menyukai Raisa dan format minimalis yang diusung lagu ini. Music video-nya juga mengantarkan lagu ini menjadi lebih indah lagi. Bramsky sebagai sutradara video klip membuat lagu ini semakin naik kelas,” ujar Adryanto Pratono, selaku CEO Juni Records.

12
new
Nadin Amizah – Seperti Takdir Yang Kita Tulis
Views 18 | TWP 12 | LWP 0
Album
Producer
Director
Cast

Description

Penyanyi dan penulis lagu Nadin Amizah, yang kerap menyebut lagu2 yang ditulis sebagai ‘anak’nya, kembali berkontraksi untuk melahirkan anak baru. Setelah merilis album perdananya Selamat Ulang Tahun pada hari ulang tahunnya, Nadin Amizah kembali melahirkan lagu yang berjudul Seperti Takdir Kita Yang Tulis’ Lagu tersebut telah ia garap sejak Juli 2020 bersama dengan Ramadhan Zuqi dan Kevin Rinaldi.

Lagu ini ditulis liriknya oleh Nadin Amizah, lagu yang dikemas dengan piawai ini digubah menjadi sesuatu lagu yang indah dengan instrumen piano, keyboard, drum, guitar, dan bass oleh seorang penyanyi, produser dan arranger, Eky Rizkani. Seperti Takdir Kita Yang Tulis’ini menjadi singel pertama dan pembuka menuju rilisan mini album Kalah Bertaruh.

Lagu Taruh menceritakan tentang kisah cinta belia yang penuh harapan. Namun, belum sampai di penghujung narasi, ternyata ada kisah lain dari perjalanan cintanya yang belum sempat diceritakan. Melalui lagu ‘Seperti Takdir Kita Yang Tulis’ inilah kisah taruh dilengkapi oleh Nadin.

Kata demi kata dirangkai sedemikian apik hingga tercipta lirik yang indah, arti yang mendalam, namun tetap ringan. Rangkaian liriknya menceritakan tentang seseorang yang tak yakin bahwa takdir ditulis sesuai dengan keinginan hati. Lirik “lalu… bagaimana” yang diucap berulang menegaskan kebingungan bagi kedua belah jiwa yang kisah cintanya diselimuti ketidakpastian. Suatu keyakinan bahwa cintanya akan berujung indah seketika dipatahkan oleh takdir yang berlawanan.

Nadin Amizah yang dikenal dengan julukan Ibu Peri, kini tampil lebih manusiawi dalam visualnya. Terlihat penampilan Nadin dalam artworknya, mengenakan kaos putih. Berpenampilan yang tidak seperti biasanya, namun tetap seperti biasanya, lagu kali ini akan membuai pendengar dalam emosi syahdu.

Nadin memulai karirnya sebagai penyanyi di usia yang terbilang 17 tahun, dan langsung mendapatkan banyak rekognisi dari industri musik. Mini albumnya masih direkam dari kamarnya (bedroom recording) yang menjadi karakteristik penyanyi belia ini yang membuat lagu-lagunya terasa begitu intim dan personal.

13
new
Enzy Storia – Setengah Hati
Views 1 | TWP 13 | LWP 0
Album
Producer
Director
Cast

Description

Nama Enzy Storia belakangan sedang malang melintang di industri hiburan tanah air, baik melalui layer televisi maupun layer digital. Hal itu tidak membuat Enzy merasa cukup dengan pencapaiannya saat ini. Kini ia mencoba terjun ke dunia tarik suara.

Setelah sempat membawakan sebuah lagu gubahan milik Nidji“Bila Aku Jatuh Cinta”, akhirnya ia siap merilis karya originalnya. Sebuah karya yang diberi judul “Setengah Hati” menceritakan kisah perempuan yang menjadi korban ghosting dari pria yang mendekatinya. Enzy sendiri mengakui ia sempat mengalami hal ini selama pandemi, oleh karena itu ia ingin mengangkat kisah ini ke dalam sebuah lagu.

“Dalam sebuah hubungan tuh harus equal, sama-sama berjuang, cari solusi dan sparksnya masing-masing, karena kalau sepihak ujungnya akan sakit..”, ujar Enzy.

Setengah Hati” diciptakan oleh Raguel Lewi dan diaransemen oleh Music by Seek, dimana salah satu penggarapnya adalah Marco Steffiano dari Barasuara. Selain itu nama Barsena Bestandhi juga turut membantu Enzy sebagai vocal director.

Pada saat penggarapan lagu ini Enzy seringkali merasa ragu dengan dirinya sendiri, tapi ia yakin dengan tim yang membantunya dan akhirnya ia memantapkan diri untuk belajar olah vokal selama 6 bulan, hingga lahirlah sebuah lagu yang berjudul “Setengah Hati”.

Ini merupakan batu pijakan bagi Enzy di industri musik. Dibuat dengan sepenuh hati, untuk penggemar Enzy dan penikmat musik Indonesia. Lagu “Setengah Hati” bisa dinikmati serentak di seluruh platform musik digital mulai 10 Juni 2021, dan akan disajikan dalam bentuk video klip.

14
new
Jebung – Cassava
Views 6 | TWP 14 | LWP 0
Album
Producer
Director
Cast

Description

“Cassava” merupakan lagu Jebung yang dirilis pada 24 April 2021 lalu. Jebung merupakan penyanyi pendatang baru yang mulai dikenal melalui cover lagu Taylor Swift di aplikasi TikTok-nya. Jebung juga merilis video klip lagu “Cassava” yang dapat Anda tonton di kanal YouTube ACUAN ent.

15
new
Juicy Luicy – Lantas
Views 9 | TWP 15 | LWP 0
Album
Producer
Director
Cast

Description

Juicy Luicy, grup musik yang baru saja menggelar konser virtual pertama mereka pada tanggal 24 Juli 2020 lalu bertajuk “Jaga Dulu Jarak Kita”.Konser virtual yang pertama kali digelar oleh grup ini ternyata mendapatkan antusiasme yang cukup tinggi, baik tiket presale maupun on the spot terjual habis kala itu. Salah satu nomor andalan yang dibawakan mereka adalah single “Lantas”.

“Lantas” sendiri merupakan ekspresi yang mewakili perasaan siapapun yang terjebak dalam rumitnya kisah cinta. Cinta segitiga yang terlarang antara lelaki dan wanita idamannya. Lebih lanjut “Lantas” bercerita tentang seorang lelaki yang mencintai dan menjalin hubungan terlarang dengan seorang wanita yang sudah memiliki kekasih, namun lelaki tersebut tak bisa berbuat apa-apa dan hanya pasrah dengan kondisi percintaan yang ada.

Kisah cinta yang bertepuk sebelah tangan, membuat lelaki tersebut pun hanya bisa terpaku dan tidak punya pilihan untuk mengakhiri kisah cinta terlarangnya tersebut. Lelaki tersebut ‘lantas’ hanya menjadi orang ketiga yang tidak bisa mengutarakan isi hatinya sepenuh jiwa karena terhalang oleh kasih cinta sang wanita dengan kekasihnya.

Seakan hanya bisa terbawa mimpi namun terjebak dengan perasaan sudah terlanjur cinta, sang lelaki hanya bisa meratapi kondisi percintaannya tersebut padahal ia tahu sang dewinya sudah terikat janji, meski api cemburu sering berkecamuk, lelaki itu sadar bahwa ia tak akan bisa menjadi kekasih sejatinya, keinginan untuk melupakannya pun seakan tak bisa, dan ia hanya berharap suatu saat akal sehatnya mampu menyadarkannya.

Sebuah kisah cinta yang begitu rumit ketika hati sudah bermain, ketika rasa sudah timbul namun karena kenyataan ia hanya mampu terdiam, terpaku tidak bisa melakukan apapun. “Lantas” dirilis secara resmi tanggal 28 Agustus 2020 di platform music digital dan radio secara serentak. Tak hanya itu “Lantas” tentunya akan dirilis juga di kanal Youtube mereka yang sejauh ini punya 15 ribuan subscriber  dan rata-rata viewers mencapai 1 juta penonton. Well semoga banyaknya viewers semakin memacu grup ini untuk terus berkarya ya.

16
new
NOAH – Badai Pasti Berlalu
Views 1 | TWP 16 | LWP 0
Album
Producer
Director
Cast

Description

Dalam menjalani kehidupan, terkadang manusia merasakan keterpurukan seperti awan gelap dan ada masa-masa indah seakan matahari segera berganti. Dalam menjalani  hidup sesuram apa pun, suatu saat pasti akan berganti menjadi kebahagiaan dan sebuah bencana hebat akan hilang jika kita tabah menghadapinya. Hal ini adalah makna yang tersirat dalam lagu Badai Pasti Berlalu yang dinyanyikan kembali oleh NOAH.

Badai Pasti Berlalu merupakan salah satu hits dari Almarhum Chrisye yang juga fenomenal di zamannya, “Kita berusaha agar berbeda dari sebelumnya, NOAH membuat aransemen yang lebih diremajakan. Itu yang bikin menantang sih.” ujar Ariel.

Selama proses aransemen lagu, NOAH sangat berhati-hati dalam mengaransemen ulang lagu ini. “Meski disesuaikan dengan selera saat ini, NOAH tetap tak ingin merombak dan menghilangkan esensi lagunya.” ungkap David melengkapi.

Badai Pasti Berlalu dari NOAH tentu mempunyai image yang berbeda dari versi sebelumnya, Bukan hanya aransemen lagu saja, tampilan artwork cover  pun dibuat berbeda dari biasanya. Dalam project ini NOAH bekerjasama dengan Garis Edelweiss selaku drawing artist.

Garis Edelweiss menjelaskan, “Setelah mendengar dan meresapi lagu Badai Pasti Berlalu, saya mencoba melakukan sedikit performance secara imaginer, disitu ada banyak tangan – tangan yang diartikan sebagai beban atau permasalahan, yang awalnya mencengkram kepala si gadis lalu perlahan mulai membuka. Awan sendiri adalah peneduh, hari cerah awan mendekat lalu meneduhkan.”

Lagu ini terpilih menjadi salah satu soundtrack dari Sinetron “Badai Pasti Berlalu” yang tayang setiap hari di SCTV.

17
new
Yura Yunita – Tenang
Views 10 | TWP 17 | LWP 0
Album
Producer
Director
Cast

Description

April lalu, Yura Yunita resmi merilis lagu terbarunya yang berjudul “Tenang”. Banyak dikenal berkat lagu-lagu bertema romansa seperti “Cinta dan Rahasia” maupun “Intuisi”, kini penyanyi dan penulis lagu tersebut mengutarakan percakapan batinnya lewat “Tenang”.

“Tak jarang pikiran kita melayang di malam hari. Resah dan gelisah mengiringi ketidakpastian dan pencarian arti kehidupan. Lagu ini berupa doa, curahan rasa, saat berdialog dengan diri sendiri, yang dirindu, dan Sang Pencipta,” ujar Yura tentang lagu terbarunya.

Dibuka dengan permainan piano lirih, vokal Yura yang khas dan berkarakter menyuarakan perasaan resah disambung melodi chorus yang penuh harapan. Suasana lagu kemudian pelan-pelan menanjak dengan instrumentasi anggun hingga iringan paduan suara yang menggetarkan.

Lagu “Tenang” merupakan ajakan untuk sejenak melihat ke sekitar dan dalam diri sendiri untuk menemukan kehendak sekaligus jawaban dari segala pertanyaan di kepala kita. Dilingkupi ketenangan, berdialog dengan suara hati yang paling dalam diharapkan bisa membuat kita menerima diri sendiri secara utuh.

Dengan dirilisnya lagu ini menjelang dimulainya Ramadan, “Tenang” dirasa dapat menjadi teman yang selaras dengan bulan yang senantiasa mengundang kita untuk berefleksi. Dalam keriuhan hidup sehari-hari, rasa teduh dan tenteram dari lagu ini diharapkan bisa mengisi saat-saat hening di sepanjang bulan suci Ramadan.

Sejak 22 Maret 2021 lalu, kampanye pre-release lagu “Tenang” dimulai dengan merilis potongan 60 detik lagu tersebut di platform TikTok. Dengan tagar #MalamTenang, hingga saat ini tercatat ada lebih dari 4000 video yang menggunakan lagu tersebut sebagai latar audionya sementara video-video tersebut sudah diputar lebih dari 1,5 juta kali. Ini dapat menunjukkan bagaimana para pendengar Yura yang mendambakan rasa tenang bisa menemukan apa yang dituju dalam lagu terbarunya.

Sejalan dengan dilepasnya lagu “Tenang” ini, sebuah film pendek atau video musik garapan Yandy Laurens juga akan diperkenalkan kepada publik. Dibintangi aktor-aktor ternama Ringgo Agus, Nirina Zubir, Kiki Narendra, dan aktor cilik Gamaliel Eleazar dan Zozo, film ini mengisahkan seseorang yang mencoba berdamai dengan kenangan dan dirinya sendiri, serupa dengan ajakan dalam lagu “Tenang”. Video musik ini dapat disaksikan dua minggu setelah lagunya tersedia di berbagai layanan streaming. Yandy Laurens sendiri dikenal antara lain sebagai sutradara dan salah satu penulis film Keluarga Cemara (2018).

18
new
3 Composers X Rizky Billar – Salah Benar
Views 5 | TWP 18 | LWP 0
Album
Producer
Director
Cast

Description

Waktu berlalu begitu saja, sudah 8 tahun 3 COMPOSERS berada di Industri musik Indonesia, sebuah projek yang awalnya ketidaksengajaan dipertemukan oleh fans-fans dari penyanyi yang membawakan karya-karya mereka, menjadi sebuah proyek membawa mereka menjadi Idola anak muda yang selalu ditunggu karya-karya mereka diatas panggung musik indonesia.

Delapan tahun lalu 3 COMPOSERS membuat mash up lagu karya mereka dijadikan satu dalam sebuah lagu cinta yang berjudul “SALAH BENAR”, setelah 8 tahun berlalu 3 Composers ingin merayakan melalui kolaborasi yang special dengan salah satu artis AFE RECORDS yang sedang naik daun RIZKY BILLAR, “tentunya bukan tanpa alasan kami bertiga memilih billar, karena selain dia sedang naik daun, dia juga fans kami ternyata, dan warna suara dia bisa masuk di lagu SALAH BENAR” Ujar Tengku Shafick.

Musik lagu SALAH BENAR kali ini dibuat dengan aransemen yang lebih ringan, dengan nuansa akustik yang terasa membuat lagunya seperti terlahir kembali, “ini lagu yang membawa kami ke panggung musik Indonesia, yang selalu special di hati kami, membawakannya kembali tentu saja memiliki arti tersendiri bagi kami” cerita Mario Kacang, dan berkolaborasi dengan Rizky Billar semakin membuat lagu ini memiliki daya tarik tersendiri, “sengaja membuat sentuhan – sentuhan baru, simpel, lebih akustik tapi terasa banget di lagunya dan kami juga memberikan porsi yang cukup dominan untuk Billar bernyanyi” Ujar Bemby Noor menjelaskan komposisi dari produksi lagu dan part bernyanyi.

 SALAH BENAR adalah lagu tentang seseorang yang cemburu dengan pacarnya, yang mengakui kesalahannya karena terlalu cemburu dan menyadari kalo cintanya sangat setia kepadanya, digambarkan melalui mush up lagu-lagu mereka yang liriknya dapat mewakili perasaan tersebut di puncaki di dalam refrain, yang menarik di sempilkan juga lirik dari lagu “Melihatmu Bahagia” yang dinyanyikan Billar pertama kali, “aku sangat senang dengan proyek kolaborasi ini, karena kapan lagi aku bisa berkolaborasi dengan komposer-komposer handal seperti 3 Composers, kebetulan aku suka dengan lagu-lagu 3 Composers sedari dulu, dan juga aku nge-fans banget ma mereka apalagi diminta ikutan nyanyiin lagu SALAH BENAR udah pasti mau” Jelas Rizky Billar penuh suka cita.

 “jadi untuk merayakan 8 tahun kami berada di Industri Musik Indonesia Kami mengeluarkan sebuah single kolaborasi dengan Rizky Billar dengan mengaransemen ulang single pertama kami di Industri Musik Indonesia, semoga mendapat kesuksesan yang sama” ujar Mario Kacang, yang di amini oleh Tengku Shafick dan Bemby Noor.

19
new
Andien – Selamat Jalan Kekasihku (NEW ENTRY)
Views 2 | TWP 19 | LWP 0
Album
Producer
Director
Cast

Description

2021 adalah tahun ke-21 tahun penyanyi Andien berkarya di industri musik Indonesia. Untuk merayakannya, Andien merilis single berjudul Selamat Jalan Kekasihku. Lagu ini merupakan lagu ciptaan Alm. Elfa Secioria yang juga merupakan produser musik pertama Andien. Dalam rilisan baru ini, lagu Selamat Jalan Kekasihku diaransemen ulang oleh Ifa Fachir.

Lagu Selamat Jalan Kekasihku juga dikemas menjadi sebuah film pendek musik dengan judul yang sama. Andien mempercayakan sahabatnya, Tompi, untuk menyutradarai film pendek dan video musik dari lagu Selamat Jalan Kekasihku.

Andien mengatakan “Lagu ini sangat personal untukku dan aku ingin cerita lagu ini dapat diterima oleh pendengar. Menurutku Tompi adalah seorang storyteller andal yang bisa mengelaborasikan makna dari lagu Selamat Jalan Kekasihku ke dalam bentuk baru”.

Sebagai salah satu proyek terbesar Andien dalam rangkaian perjalanan 21 tahun berkarya, Andien turut berperan sebagai produser dan terlibat penuh dalam proses kreatifnya. Cerita film pendek musik ditulis oleh R. Kenyasentana yang juga co-writer buku Belahan Jantungku. Seluruh proses kreatif pembuatan film pendek musik Selamat Jalan Kekasihku didukung oleh Acer Indonesia melalui rangkaian laptop Swift Series.

Melalui lagu dan film pendek musik Selamat Jalan Kekasihku, Andien mengajak audiens untuk lebih memaknai waktu yang dimiliki sekarang. Seringkali kita sebagai manusia terjebak dalam masa lalu dan terlalu mengkhawatirkan masa depan sehingga melewatkan banyak kejadian di masa kini.

Film pendek musik Selamat Jalan Kekasihku bercerita tentang hubungan dalam sebuah keluarga yang tidak selamanya penuh dengan tawa dan kebahagiaan. Tokoh utama diperankan oleh Arawinda Kirana, serta didukung oleh Purwanto dan Neysa Chan.

“Selamat Jalan Kekasihku adalah sebuah angin segar dalam karya Andien, secara musik ini sangat berbeda dari karya sebelumnya. Menurut gue, Andien musisi yang konsisten memberikan sesuatu yang baru dalam karyanya. Ini kesempatan kolaborasi karya yang menyenangkan buat gue, gue jadi bisa memberikan energi tambahan buat dia dengan konsep visual yang gue ciptakan…” kata Tompi.

“Aku harap melalui lagu dan film pendek musik ini kita bisa kembali teringat bahwa waktu yang kita miliki hanya sekarang dan itu sangat berharga.” ujar Andien.

20
new
Don’t Touch Me – Marion Jola, Danilla, Ramengvrl (NEW ENTRY)
Views 1 | TWP 20 | LWP 0
Album
Producer
Director
Cast

Description

Tiga penyanyi muda Indonesia, Marion Jola, Danilla Riyadi, dan Ramengvrl merilis sebuah single kolaborasi pada Kamis, 10 Juni 2021 malam. Bertajuk Don’t Touch Me, single tersebut diketahui ditulis oleh mereka bertiga dan mengusung tema terkait women empowerment.

Sebelumnya, Lala mengatakan bahwa dirinya memang memiliki keinginan untuk merilis album yang berisi tentang sosok perempuan. Hal tersebut membuat Lala, Danilla, dan Ramengvrl akhirnya sepakat untuk mengangkat kisah mereka yang pernah mengalami hal kurang menyenangkan sebagai perempuan.

Sementara itu, meski ketiganya terlihat sangat berbeda jika dilihat dari genre musik yang mereka bawakan, Marion Jola pop RnB, Danilla indie folk, dan Ramengvrl rap hiphop, hal tersebut tak menjadi halangan bagi mereka untuk merilis proyek gila tersebut. Justru ketiganya memilih untuk bersatu dan mempersembahkan single bergenre swing dalam Don’t Touch Me.

Lala bahkan sempat menyebut bahwa dirinya merupakan penggemar berat dari Danilla dan memiliki keinginan untuk bisa berkolaborasi. Ia juga mengaku sempat mengatakan pada pihak label bahwa dirinya ingin berkolaborasi dengan rapper perempuan, yakni Ramengvrl.

Periode 15 – 21 Juli 2021

Chart 20:20 Indonesia

1
new
Mahalini – Melawan Restu
Views 8 | TWP 1 | LWP 0
Album
Producer
Director
Cast

Description

Siapa yang tak kenal Mahalini. Perempuan bersuara merdu asal Bali ini merupakan jebolan  ajang pencarian bakat Indonesian Idol X. Pada pertengahan tahun 2020 silam, Mahalini sukses dengan debut single per­ dananya. Kini, perempuan berparas ayu ini kembali merilis single kedua yang berjudul “Melawan Restu”.

Menggandeng Composer muda berbakat “Martinus Tintin (TinTin)”, single kedua Mahalini bercerita tentang kisah cinta dua anak manusia yang harus berakhir pahit karena terhalang Restu. Kejadian yang kerap terjadi pada kehidupan nyata, maka tak heran jika  lagu ini terdengar  lebih menyentuh hati para pendengarnya.

Proses produksi single Melawan Restu, selain dibantu oleh TinTin, Mahalini juga dibantu sang Produser, Keke Kananta juga turut andil menyumbangkan energi positif melalui penulisan liriknya. “Menurut aku, selain lagu ini catchy banget, disini aku juga ikut andil dalam penulisan lirik, karena aku pinginnya single aku tuh relate­able sama kehidupan, dan menurut aku part ini ada di bagian Pre-Chorus nya,” tambahnya.

Melalui single Melawan Restu, Mahalini berharap semoga single ini bisa relateable dengan semua penikmat musik. “Jujur aku bikin single ini tuh untuk semua orang, jadi semoga banyak yang dengerin, banyak yang suka, selebihnya itu bonus buat aku,” tegasnya.

2
new
Tiara Andini – Hadapi Berdua
Views 3 | TWP 2 | LWP 0
Album
Producer
Director
Cast

Description

Engga perlu menunggu waktu lama bagi penyanyi cantik bertalenta tinggi, Tiara Andini, untuk menelurkan karya terbarunya. Kali ini Tiara Andini merilis single terbaru yang diberi judul “Hadapi Berdua” di bawah naungan label rekaman Universal Music Indonesia.

Ini menjadi karya terbaru Tiara Andini setelah sebelumnya di awal tahun 2021 jebolan Indonesian Idol musim kesepuluh 2019 ini mengeluarkan single bersama Arsy Widianto untuk sebuah project music series.

Single “Hadapi Berdua”merupakan hasil kerjasama Tiara Andini bersama dengan trio pencetak hits kekinian, Laleilmanino. Sebuah lagu pop dance yang ceria dengan bercerita tentang kisah cinta.

“Jadi lagunya ini menceritakan cewek dan cowok yang sedang menjalani hubungan cinta, tapi dalam perjalanannya ada beberapa yang tidak mendukung mereka. Walau begitu mereka tetap berjuang dan berusaha untuk tetap menghadapinya berdua bersama-sama. Intinya mereka tetap fight bareng-bareng sih,” ujar Tiara Andini menceritakan tentang single “Hadapi Berdua”.

Sesuai dengan ceritanya, lewat lagu ini Tiara Andini juga ingin menyampaikan pesan bagi semua orang untuk tidak mudah menyerah dalam meraih apa saja yang ingin dicapai, tidak hanya percintaan, tapi hal apapun itu.

“Harapannya sih semoga lagu ini bisa mewakili hati semua masyarakat Indonesia yang sedang mengalami susahnya menjalin hubungan, atau dari sisi apapun, kalian harus tetap semangat,” harapnya.

Berbeda dengan single sebelum-sebelumnya yang lebih menyajikan warna musik pop ballad dengan beat yang pelan nan galau, di lagu “Hadapi Berdua” ini Tiara Andini menawarkan sesuatu yang jarang sekali ia lakukan, pop dance music!

Ya, aransemen di single “Hadapi Berdua” memberikan warna baru yang lebih colourful dan menyenangkan untuk sebuah karya dari Tiara Andini, lebih groovy dengan nuansa pop yang ceria.

“Sebenarnya ini cerita lagunya kan sedih tapi aku mau vibes yang positif dan ceria gitu. Jadinya aku tambahin dance juga, bahkan hampir full dance sih kalo bisa dibilang, makanya aku excited banget sama lagu ini, karena kan lagu aku yang slow tempo juga udah banyak,” ujar Tiara Andini yang pernah meraih penghargaan “Best New Asian Artist Indonesia” dalam ajang Mnet Asian Music Awards (MAMA) 2020.

Ada hal menarik dan unik dari proses pengerjaan single “Hadapi Berdua” ini. Pertama, saat proses workshop Tiara Andini dibuat terkagum dengan Laleilmanino saat menyampaikan cerita lalu dalam hitungan satu jam, lagunya sudah jadi.

Berikutnya dalam proses produksi video music, dimana Tiara Andini merasakan tantangan untuk melakukan gerakan koreografi dance yang sangat banyak, yang tentunya membutuhkan usaha lebih untuk melakukannya.

“Jadi ya pas proses workshop sama kak Laleilmanino aku cuma cerita beberapa menit ke mereka terus sejam udah jadi lagunya. Pas proses rekaman jadi makin matang. Terus juga pas video klipnya juga seru, latian dance juga sama koreografernya, gerakannya lumayan deh, udah gitu latian pas puasa jadi tantangan sendiri aja buat aku,” cerita Tiara Andini.

Makin penasaran kan sama single “Hadapi Berdua”? Langsung aja kalian dengerin di semua platform layanan musik digital. Jadikan playlist, dengarin setiap hari, dan jangan lupa cover dance-nya!

3
new
Rich Brian, NIKI, & Warren Hue – California
Views 5 | TWP 3 | LWP 0
Album
Producer
Director
Cast

Description

Label rekaman 88rising pastinya tidak asing di telinga kita. Pasalnya, musisi-musisi jagoan mereka Rich Brian, NIKI, dan Warren Hue adalah Warga Negara Indonesia. Belum lama ini, mereka meluncurkan single kolaborasi mereka bertajuk “California”.

Dalam pernyataan pers, Brian menceritakan bahwa Lagu ini dibuat untuk membawakan narasi tentang tiga anak Indonesia yang berhasil mengejar impian mereka. Baik itu di bidang laku peran, ilmuwan, arsitek, maupun keduanya. Ia dan kedua rekannya ingin terus menyampaikan bahwa semua dapat tercapai. Ketiga solois ini juga menceritakan betapa berperannya California dalam perjalanan karir mereka. Segala suka duka telah mereka lalui di negara bagian tersebut.

Musik Video ini seakan membahas apa rasanya menjadi Asia di Amerika. Apa yang dapat dilaksanakan ketika berkumpul dan makan snack. Tentunya, para penggemar dari Indonesia sangat familiar dengan permainan congklak yang juga dipertunjukkan di video tersebut.Konon katanya, single yang dibawakan secara live di acara “Asia Rising Together” tersebut adalah pengantar dari proyek khas 88rising yaitu ‘Heads in The Clouds 3’. Tidak hanya hadir dalam bentuk album kompilasi, Heads in The Clouds juga hadir dalam format festival. Setelah gagal dilaksanakan tahun lalu di Jakarta, festival ini direncanakan akan diadakan di Los Angeles pada November tahun ini.

4
new
Sammy Simorangkir – Dibalas Dengan Dusta
Views 2 | TWP 4 | LWP 0
Album
Producer
Director
Cast

Description

Setelah penantian panjang, Sammy simorangkir akhirnya kembali ke industri musik tanah air di tahun 2021 dan mengeluarkan single yang pastinya sangat ditunggu oleh para penikmat musik Indonesia.

“Menyakitkan, bila cintaku dibalas dengan dusta” Siapa yang tidak kenal penggalan lirik ini?

Yup, single yang menjadi pembuka di awal comebacknya kali ini  adalah “Dibalas Dengan Dusta”, sebuah single yang pastinya tidak asing lagi di telinga masyarakat Indonesia. Single yang diciptakan oleh (alm.) Glenn Fredly ini sebelumnya sudah sangat dikenal saat dibawakan oleh Audy.

Singkat cerita, single ini diberikan ijin untuk dibawakan kembali oleh Sammy sebelum bung Glenn Fredly berpulang. Siapa yang menyangka bahwa sang composer tidak berkesempatan menyaksikan lagunya berkibar untuk kedua kalinya.  Walaupun single ini bukanlah original single, namun dengan suara dan pembawaan khas Sammy Simorangkir membuat lagu ini sangat berbeda dari versi yang sebelumnya.

Selama berhibernasi-pun, Sammy tetap konsisten dengan kegiatan bermusiknya, mulai dari memperdalam skill bernyanyinya, sampai mengisi acara-acara off-air dan membangun channel youtube sendiri.

Masih dalam naungan PT. Profesional music atau PRO-M, besar harapan single ini dapat diterima dengan baik sebagai pengobat rindu dari seorang Sammy Simorangkir untuk para penikmat musik tanah air.

5
new
Elephant Kind – Modern Dreaming Romance (Lonely)
Views 4 | TWP 5 | LWP 0
Album
Producer
Director
Cast

Description

Grup musik pop hybrid asal Jakarta, Elephant Kind kembali merilis sebuah single baru berjudul Modern Romance Dreaming (Lonely) yang sekaligus menjadi lagu pembuka menuju album ketiga Elephant Kind, Superblue.

Berbeda dengan proses penggarapan lagu-lagu pada album Elephant Kind yang sudah dirilis, ini pertama kalinya dua personel Elephant Kind, Kevin dan Bayu banyak terlibat di proses penulisan album ketiga. Salah satunya adalah Modern Romance Dreaming (Lonely), dimana inisiasi ide lagunya datang dari Kevin di akhir tahun 2020 kemarin.

“Waktu itu nulis draftnya iseng di rumah dan isinya hanya synth dan drums nya saja. Kirim dan nanya ke anak-anak, kira-kira bisa masuk ke album ketiga kah draft ini. Gak lama kemudian Bam respon dan bilang mungkin bisa deh,  akhirnya dikirim draft lengkapnya ke Bam untuk ditulis liriknya sekaligus dimasak lagi.” ujar Kevin.

Lagu Modern Romance Dreaming (Lonely) adalah suguhan baru untuk para pendengar Elephant Kind. Dengan dibuatnya suara synth yang cukup hipnotik dan juga drums yang terinspirasi dari musik pop khususnya pop elektronik tahun 80-an ini, Elephant Kind menunjukkan keseriusannya dalam mengeksplorasi berbagai musik pop.

“Ketika dengar draft yang dikirim oleh Kevin, gak sampai 20 detik kata ‘lonely, i’m so lonely’ beserta melodinya langsung keluar dari kepala tanpa dibuat-buat. Sering sebenarnya nulis lagu dengan tema kesepian tapi baru kali ini ada kata se-straightforward itu di bagian chorus.” jelas Bam terkait penulisan Modern Romance Dreaming (Lonely).

Secara lirik single Modern Romance Dreaming (Lonely) yang ditulis oleh Bam mengisahkan cerita seseorang yang menemukan kesepian sebagai suatu kebebasan bukan hal yang mengengkang. Sesuai judulnya, lagu ini juga menggambarkan bagaimana orang-orang pada masa modern ini bisa jatuh cinta terhadap seseorang secara virtual – Sesuatu yang mungkin banyak orang rasakan sekarang ini terutama pada masa lockdown kemarin.

Tahun 2020 kemarin bukan tahun yang mudah untuk semua orang termasuk Elephant Kind. Dengan tidak adanya penyelenggaraan panggungan musik, Bam, Kevin dan Bayu juga sempat mempertanyakan kelanjutan dari Elephant Kind.  Namun dengan memutuskan untuk menggarap beberapa lagu baru kini telah menjadi sebuah album, Elephant Kind siap untuk kembali ke blantika musik.

“Tanpa kita sadari secara langsung – Album ini menyelamatkan Elephant Kind. Kalau kita tidak menggarap sebuah album tahun ini mungkin masing-masing dari kita sudah melakukan hal-hal yang lain.” Ujar Bam.

Bayu juga menambahkan “Dengan dirilisnya single dan album baru Elephant Kind, gue cuman ingin bilang “we’re all in this together”. Harapannya semoga lagu ini dapat menjadi teman sekaligus anthem untuk orang-orang yang sedang merasa kesepian.”

Bukan hanya merilis sebuah single saja di bulan ini, Elephant Kind juga menjadi salah satu kolaborator dalam program LaboKarya. Program yang diinisiasi oleh Museum MACAN yang memfasilitasi kolaborasi antara perupa, brand, dan insan kreatif Indonesia yang dilangsungkan sepanjang bulan Mei 2021. Pada puncak acaranya yang jatuh pada tanggal 31 Mei 2021, Museum MACAN dan Elephant Kind akan merilis sebuah video kolaborasi yang akan menayangkan secara perdana lagu Modern Romance Dreaming (Lonely). Objek seni hasil kolaborasi perupa dan jenama kreatif akan ditampilkan dalam video yang akan tayang di kanal Youtube Museum MACAN.

6
new
Dere – Kota
Views 7 | TWP 6 | LWP 0
Album
Producer
Director
Cast

Description

KOTA adalah karya yang ditulis oleh Dere, perempuan berusia 18 tahun yang sederhana tetapi cermat memakna, bersama Tulus penyanyi kebanggaan Indonesia.

Potensi Dere menarik perhatian TulusCompany, yang kemudian diasah oleh Tigaduasatu, sebuah manajemen artis yang membawa sentuhan baru dan memperkaya warna musik Indonesia.

Karya ini lahir dari melodi gitar tua, serta senandung yang terinspirasi dari suara rintik hujan dan udara segar sehabis hujan. Lagu Kota, diciptakan tidak dalam waktu lama. Ia mengalir dengan tenang, dikemas dengan lugas, berkisah tentang rasa rindu mendalam akan suasana dan momen yang pernah dilewati.

Denting gitar dan suara bening Dere, mengalun syahdu, membuat lagu ini sangat nyaman didengar berulang, membawa kembali kenangan masa lalu dan membangkitkan kerinduan buat siapa pun yang mendengarnya.

“Pada Dere, Saya melihat talenta yang mungkin dapat membawa karirnya berkembang jauh” ujar Tulus.

Lirik dan lagu ini diselesaikan pada tanggal 22 Juli 2020, direkam pada tanggal 25 September 2020, dan setelah melewati proses mixing dan mastering, rampung seutuhnya pada tanggal 14 Oktober 2020 lalu.

7
new
Cantika Abigail – Tak Mungkin Ku Melepasmu
Views 1 | TWP 7 | LWP 0
Album
Producer
Director
Cast

Description

Setiap artist/penyanyi tentu punya bucket list masing-masing. Hal–hal yang ingin dia lakukan dan alami dalam karir bermusiknya. Untuk Cantika Abigail salah satu harapannya adalah ingin punya kesempatan untuk merekam karya lagu diiringi oleh orkrestra. Dan harapan tersebut tercapai melalui lagu “Tak Mungkin  Ku Melepasmu” yang menjadi bagian project IndoHits Klasik yang di inisiasi oleh Sony Music Entertainment Indonesia.

“Dari awal ditawari untuk project ini, tidak ada alasan untuk tidak mengambilnya. Sebagai penyanyi mendapat kesempatan untuk bernyanyi diringi oleh  The City of Praque Philharmonic Orchestra adalah salah satu impian yang menjadi nyata. Mendengarkan musik yang dimainkan langsung oleh manusia dengan alat musik asli dalam sebuah orkestra, lalu melakukan rekaman dengan iringan musik tersebut adalah pengalaman yang membuat bergidik dan terkesima tanpa henti. Tidak terbayangkan sebuah lagu Indonesia mendapatkan treatment yang luar biasa dari orkestra ternama di dunia, dan aku ingin memperdengarkan hasilnya kepada semua orang”, begitu Cantika bercerita tentang penggarapan lagu ini.

Lagu “Tak Mungkin Ku Melepasmu” adalah lagu asli milik band Dygta yang diambil dari album kedua mereka berjudul “Persembahan Jiwa” yang dirilis tahun 2002, dimana pada versi asli tersebut Dygta membawakan lagu ini bersama penyanyi bernama Andina.

Keinginan untuk mennyanyikan sebuah lagu ballad dan jatuh hati dengan aransemen orkestra yang diberikan untuk lagu ini adalah alasan Cantika memilih lagu ini untuk dinyanyikan kembali.

8
new
NOAH Feat. BCL – Mencari Cinta
Views 7 | TWP 8 | LWP 0
Album
Producer
Director
Cast

Description

Ketika mencintai seseorang dalam sebuah kerahasiaan, ada kehampaan seakan berada didalam ruang yang terbatas, hingga merasa semuanya tidak benar. Apakah ini yang dinamakan terjebak saat mencari cinta di tempat yang tidak biasa? Kalau merasakan hal ini, lebih baik kamu mencari cinta yang lain.

Ketika mencintai seseorang dan merasakan kehampaan, maka cinta ini bukanlah sesuatu yang benar. Lagu yang menyentuh hati ini disampaikan oleh NOAH dan Bunga Citra Lestari lewat lagu yang berjudul Mencari Cinta.

Mencari Cinta merupakan rangkaian lagu yang terdapat dalam album Keterkaitan Keterikatan dari NOAH yang dimotori oleh Ariel, Lukman dan David.

Ariel mengungkapkan, “Kali ini NOAH mengajak BCL karena Mencari Cinta sendiri awalnya kita siapkan bukan untuk duet. Lalu produser bilang kenapa nggak diduetin aja, dan pada saat itu yang terlintas dipikiran kita adalah BCL yang bisa nyanyiin lagu ini bareng NOAH.”

BCL menambahkan, “Lagu ini bercerita tentang cinta dan wanita, maka hadirlah sosok wanita yang melengkapi perjalanan album NOAH ini dimana gue yang diminta untuk nyanyiin lagu Mencari Cinta bareng NOAH. Ini sebenarnya secret project ya, karena pada saat album NOAH Keterkaitan Keterikatan rilis, nggak ada yang tahu kalau lagu Mencari Cinta ini akan kita nyanyiin bareng.”

Prialangga selaku sutradara music video ini menjelaskan, “NOAH mengisi video ini bersama BCL. Konsep videonya sendiri mencerminkan makna dari lirik lagu tersebut. Pointnya adalah dua orang yang saling mencintai, tapi mereka berada di tempat yang salah.

Visualisasi dari video ini menggambarkan bahwa mereka hanya bisa mengagumi tapi tidak akan bisa menyatu dengan cinta yang tidak benar dan berada di tempat yang tidak biasa.”

9
new
Warren Hue – Too Many Tears
Views 4 | TWP 9 | LWP 0
Album
Producer
Director
Cast

Description

Warren Hue menjadi musisi ke-4 dari Indonesia yang bergabung dengan label musik asal Amerika Serikat, 88Rising.
Sebagai debutnya di bawah label tersebut, dia telah meluncurkan lagu Freaks yang berkolaborasi dengan grup asal Jepang, Atarashii Gakko!.
Cowok berusia 18 tahun ini lahir dan besar di Jakarta. Dia memulai kariernya di musik pada usia 16 tahun dengan nama panggung Warrenisyellow.
Kepada Bandwagon, Warren mengaku nama tersebut awalnya dia pakai buat main game. Selain itu juga untuk mewakilkan identitasnya sebagai seorang berdarah Asia. Tapi dia memutuskan untuk menggantinya karena ingin lebih serius di industri musik.
Warren mengaku jatuh cinta kepada hip hop dan ingin menjadi rapper setelah mendengarkan Till I Colapse dari Eminem. Dari situ, dia mendengarkan musisi lain seperti Tyler The Creator, Earl Sweatshirt, sampai Kanye West.
Musisi Indonesia seperti Rich Brian dan Yosugi BAP juga turut menginspirasinya.
Karya pertamanya adalah versi remix dari lagu Womp Womp milik rapper Amerika Serikat, Valee, yang dirilis lewat SoundCloud.
Di 2018, cowok yang kuliah di New York itu merilis dua album yakni Alien dan Sugartown yang berkolaborasi dengan produser Korea Selatan, Chasu.
Selain musik, Warren juga punya minat di fashion karena orang tuanya yang bekerja di industri garmen.
10
new
Arsy Widianto, Tiara Andini – Bahaya
Views 11 | TWP 10 | LWP 0
Album
Producer
Director
Cast

Description

Proyek musik dua musisi muda, Arsy Widianto dan Tiara Andini, akhirnya ditutup dengan dirilisnya singel “Bahaya”. Sesuai janjinya, “Bahaya” menjadi singel keempat atau terakhir dari serial musik ArTi untuk Cinta. Sebelum “Bahaya”, keduanya sudah merilis “Cintanya Aku”, “Diam-diam”, dan “Padamu Luka”.

Keempat lagunya sendiri dirilis di bawah naungan label rekaman Universal Music Indonesia. Proyek serial musik ArTi untuk Cinta merupakan sebuah rangkaian perjalanan kisah cinta yang diinterpretasikan oleh Arsy Widianto dan Tiara Andini. Melalui keempat lagu ini, kisah cinta Arsy dan Tiara disampaikan dari mulai awal bertemu, saling jatuh cinta, hingga berpacaran.

11
new
Raisa – Tentang Dirimu
Views 1 | TWP 11 | LWP 0
Album
Producer
Director
Cast

Description

Raisa merilis single ketiga di tahun ini berjudul Tentang Dirimu. Lagu tersebut ditulis Raisa bareng tim produser S/EEK (Marco Steffiano, Adrian Rahmat Purwanto, Jessi Mates, dan Josh Kunze) yang mengambil tema besar tentang kenangan akan seseorang yang dekat di masa lalu. Mengingat bagaimana tetap bersama baik itu saat suka atau duka, memiliki angan-angan yang sekarang sirna.

“Kisah di lagu ini mengajarkan bagaimana sebenarnya kita mengenal dan mengetahui satu sama lain secara mendalam. Sampai pada akhirnya hubungan tersebut kandas dan hanya menyisakan kenangan yang selamanya menjadi memori,” cerita Raisa.

Kenangan tersebut ditampilkan oleh Raisa di Tentang Dirimu dengan balutan aransemen minimalis yang membuat suasana lagu ini sangat intimate. Ditambah isian ritmik gitar dari salah satu penyanyi solo pria, Rendy Pandugo, dan keberadaan isian drum di bagian tengah lagu, makin menguatkan karakter vokal Raisa dan dengan jelas menceritakan kenangannya.

“Belakangan saya lagi suka semua musik yang terdengar sederhana. Tentang Dirimu membuat saya terkesima sejak awal demo. Saya yakin banyak yang akan menyukai Raisa dan format minimalis yang diusung lagu ini. Music video-nya juga mengantarkan lagu ini menjadi lebih indah lagi. Bramsky sebagai sutradara video klip membuat lagu ini semakin naik kelas,” ujar Adryanto Pratono, selaku CEO Juni Records.

12
new
Nadin Amizah – Seperti Takdir Yang Kita Tulis
Views 18 | TWP 12 | LWP 0
Album
Producer
Director
Cast

Description

Penyanyi dan penulis lagu Nadin Amizah, yang kerap menyebut lagu2 yang ditulis sebagai ‘anak’nya, kembali berkontraksi untuk melahirkan anak baru. Setelah merilis album perdananya Selamat Ulang Tahun pada hari ulang tahunnya, Nadin Amizah kembali melahirkan lagu yang berjudul Seperti Takdir Kita Yang Tulis’ Lagu tersebut telah ia garap sejak Juli 2020 bersama dengan Ramadhan Zuqi dan Kevin Rinaldi.

Lagu ini ditulis liriknya oleh Nadin Amizah, lagu yang dikemas dengan piawai ini digubah menjadi sesuatu lagu yang indah dengan instrumen piano, keyboard, drum, guitar, dan bass oleh seorang penyanyi, produser dan arranger, Eky Rizkani. Seperti Takdir Kita Yang Tulis’ini menjadi singel pertama dan pembuka menuju rilisan mini album Kalah Bertaruh.

Lagu Taruh menceritakan tentang kisah cinta belia yang penuh harapan. Namun, belum sampai di penghujung narasi, ternyata ada kisah lain dari perjalanan cintanya yang belum sempat diceritakan. Melalui lagu ‘Seperti Takdir Kita Yang Tulis’ inilah kisah taruh dilengkapi oleh Nadin.

Kata demi kata dirangkai sedemikian apik hingga tercipta lirik yang indah, arti yang mendalam, namun tetap ringan. Rangkaian liriknya menceritakan tentang seseorang yang tak yakin bahwa takdir ditulis sesuai dengan keinginan hati. Lirik “lalu… bagaimana” yang diucap berulang menegaskan kebingungan bagi kedua belah jiwa yang kisah cintanya diselimuti ketidakpastian. Suatu keyakinan bahwa cintanya akan berujung indah seketika dipatahkan oleh takdir yang berlawanan.

Nadin Amizah yang dikenal dengan julukan Ibu Peri, kini tampil lebih manusiawi dalam visualnya. Terlihat penampilan Nadin dalam artworknya, mengenakan kaos putih. Berpenampilan yang tidak seperti biasanya, namun tetap seperti biasanya, lagu kali ini akan membuai pendengar dalam emosi syahdu.

Nadin memulai karirnya sebagai penyanyi di usia yang terbilang 17 tahun, dan langsung mendapatkan banyak rekognisi dari industri musik. Mini albumnya masih direkam dari kamarnya (bedroom recording) yang menjadi karakteristik penyanyi belia ini yang membuat lagu-lagunya terasa begitu intim dan personal.

13
new
Enzy Storia – Setengah Hati
Views 1 | TWP 13 | LWP 0
Album
Producer
Director
Cast

Description

Nama Enzy Storia belakangan sedang malang melintang di industri hiburan tanah air, baik melalui layer televisi maupun layer digital. Hal itu tidak membuat Enzy merasa cukup dengan pencapaiannya saat ini. Kini ia mencoba terjun ke dunia tarik suara.

Setelah sempat membawakan sebuah lagu gubahan milik Nidji“Bila Aku Jatuh Cinta”, akhirnya ia siap merilis karya originalnya. Sebuah karya yang diberi judul “Setengah Hati” menceritakan kisah perempuan yang menjadi korban ghosting dari pria yang mendekatinya. Enzy sendiri mengakui ia sempat mengalami hal ini selama pandemi, oleh karena itu ia ingin mengangkat kisah ini ke dalam sebuah lagu.

“Dalam sebuah hubungan tuh harus equal, sama-sama berjuang, cari solusi dan sparksnya masing-masing, karena kalau sepihak ujungnya akan sakit..”, ujar Enzy.

Setengah Hati” diciptakan oleh Raguel Lewi dan diaransemen oleh Music by Seek, dimana salah satu penggarapnya adalah Marco Steffiano dari Barasuara. Selain itu nama Barsena Bestandhi juga turut membantu Enzy sebagai vocal director.

Pada saat penggarapan lagu ini Enzy seringkali merasa ragu dengan dirinya sendiri, tapi ia yakin dengan tim yang membantunya dan akhirnya ia memantapkan diri untuk belajar olah vokal selama 6 bulan, hingga lahirlah sebuah lagu yang berjudul “Setengah Hati”.

Ini merupakan batu pijakan bagi Enzy di industri musik. Dibuat dengan sepenuh hati, untuk penggemar Enzy dan penikmat musik Indonesia. Lagu “Setengah Hati” bisa dinikmati serentak di seluruh platform musik digital mulai 10 Juni 2021, dan akan disajikan dalam bentuk video klip.

14
new
Jebung – Cassava
Views 6 | TWP 14 | LWP 0
Album
Producer
Director
Cast

Description

“Cassava” merupakan lagu Jebung yang dirilis pada 24 April 2021 lalu. Jebung merupakan penyanyi pendatang baru yang mulai dikenal melalui cover lagu Taylor Swift di aplikasi TikTok-nya. Jebung juga merilis video klip lagu “Cassava” yang dapat Anda tonton di kanal YouTube ACUAN ent.

15
new
Juicy Luicy – Lantas
Views 9 | TWP 15 | LWP 0
Album
Producer
Director
Cast

Description

Juicy Luicy, grup musik yang baru saja menggelar konser virtual pertama mereka pada tanggal 24 Juli 2020 lalu bertajuk “Jaga Dulu Jarak Kita”.Konser virtual yang pertama kali digelar oleh grup ini ternyata mendapatkan antusiasme yang cukup tinggi, baik tiket presale maupun on the spot terjual habis kala itu. Salah satu nomor andalan yang dibawakan mereka adalah single “Lantas”.

“Lantas” sendiri merupakan ekspresi yang mewakili perasaan siapapun yang terjebak dalam rumitnya kisah cinta. Cinta segitiga yang terlarang antara lelaki dan wanita idamannya. Lebih lanjut “Lantas” bercerita tentang seorang lelaki yang mencintai dan menjalin hubungan terlarang dengan seorang wanita yang sudah memiliki kekasih, namun lelaki tersebut tak bisa berbuat apa-apa dan hanya pasrah dengan kondisi percintaan yang ada.

Kisah cinta yang bertepuk sebelah tangan, membuat lelaki tersebut pun hanya bisa terpaku dan tidak punya pilihan untuk mengakhiri kisah cinta terlarangnya tersebut. Lelaki tersebut ‘lantas’ hanya menjadi orang ketiga yang tidak bisa mengutarakan isi hatinya sepenuh jiwa karena terhalang oleh kasih cinta sang wanita dengan kekasihnya.

Seakan hanya bisa terbawa mimpi namun terjebak dengan perasaan sudah terlanjur cinta, sang lelaki hanya bisa meratapi kondisi percintaannya tersebut padahal ia tahu sang dewinya sudah terikat janji, meski api cemburu sering berkecamuk, lelaki itu sadar bahwa ia tak akan bisa menjadi kekasih sejatinya, keinginan untuk melupakannya pun seakan tak bisa, dan ia hanya berharap suatu saat akal sehatnya mampu menyadarkannya.

Sebuah kisah cinta yang begitu rumit ketika hati sudah bermain, ketika rasa sudah timbul namun karena kenyataan ia hanya mampu terdiam, terpaku tidak bisa melakukan apapun. “Lantas” dirilis secara resmi tanggal 28 Agustus 2020 di platform music digital dan radio secara serentak. Tak hanya itu “Lantas” tentunya akan dirilis juga di kanal Youtube mereka yang sejauh ini punya 15 ribuan subscriber  dan rata-rata viewers mencapai 1 juta penonton. Well semoga banyaknya viewers semakin memacu grup ini untuk terus berkarya ya.

16
new
NOAH – Badai Pasti Berlalu
Views 1 | TWP 16 | LWP 0
Album
Producer
Director
Cast

Description

Dalam menjalani kehidupan, terkadang manusia merasakan keterpurukan seperti awan gelap dan ada masa-masa indah seakan matahari segera berganti. Dalam menjalani  hidup sesuram apa pun, suatu saat pasti akan berganti menjadi kebahagiaan dan sebuah bencana hebat akan hilang jika kita tabah menghadapinya. Hal ini adalah makna yang tersirat dalam lagu Badai Pasti Berlalu yang dinyanyikan kembali oleh NOAH.

Badai Pasti Berlalu merupakan salah satu hits dari Almarhum Chrisye yang juga fenomenal di zamannya, “Kita berusaha agar berbeda dari sebelumnya, NOAH membuat aransemen yang lebih diremajakan. Itu yang bikin menantang sih.” ujar Ariel.

Selama proses aransemen lagu, NOAH sangat berhati-hati dalam mengaransemen ulang lagu ini. “Meski disesuaikan dengan selera saat ini, NOAH tetap tak ingin merombak dan menghilangkan esensi lagunya.” ungkap David melengkapi.

Badai Pasti Berlalu dari NOAH tentu mempunyai image yang berbeda dari versi sebelumnya, Bukan hanya aransemen lagu saja, tampilan artwork cover  pun dibuat berbeda dari biasanya. Dalam project ini NOAH bekerjasama dengan Garis Edelweiss selaku drawing artist.

Garis Edelweiss menjelaskan, “Setelah mendengar dan meresapi lagu Badai Pasti Berlalu, saya mencoba melakukan sedikit performance secara imaginer, disitu ada banyak tangan – tangan yang diartikan sebagai beban atau permasalahan, yang awalnya mencengkram kepala si gadis lalu perlahan mulai membuka. Awan sendiri adalah peneduh, hari cerah awan mendekat lalu meneduhkan.”

Lagu ini terpilih menjadi salah satu soundtrack dari Sinetron “Badai Pasti Berlalu” yang tayang setiap hari di SCTV.

17
new
Yura Yunita – Tenang
Views 10 | TWP 17 | LWP 0
Album
Producer
Director
Cast

Description

April lalu, Yura Yunita resmi merilis lagu terbarunya yang berjudul “Tenang”. Banyak dikenal berkat lagu-lagu bertema romansa seperti “Cinta dan Rahasia” maupun “Intuisi”, kini penyanyi dan penulis lagu tersebut mengutarakan percakapan batinnya lewat “Tenang”.

“Tak jarang pikiran kita melayang di malam hari. Resah dan gelisah mengiringi ketidakpastian dan pencarian arti kehidupan. Lagu ini berupa doa, curahan rasa, saat berdialog dengan diri sendiri, yang dirindu, dan Sang Pencipta,” ujar Yura tentang lagu terbarunya.

Dibuka dengan permainan piano lirih, vokal Yura yang khas dan berkarakter menyuarakan perasaan resah disambung melodi chorus yang penuh harapan. Suasana lagu kemudian pelan-pelan menanjak dengan instrumentasi anggun hingga iringan paduan suara yang menggetarkan.

Lagu “Tenang” merupakan ajakan untuk sejenak melihat ke sekitar dan dalam diri sendiri untuk menemukan kehendak sekaligus jawaban dari segala pertanyaan di kepala kita. Dilingkupi ketenangan, berdialog dengan suara hati yang paling dalam diharapkan bisa membuat kita menerima diri sendiri secara utuh.

Dengan dirilisnya lagu ini menjelang dimulainya Ramadan, “Tenang” dirasa dapat menjadi teman yang selaras dengan bulan yang senantiasa mengundang kita untuk berefleksi. Dalam keriuhan hidup sehari-hari, rasa teduh dan tenteram dari lagu ini diharapkan bisa mengisi saat-saat hening di sepanjang bulan suci Ramadan.

Sejak 22 Maret 2021 lalu, kampanye pre-release lagu “Tenang” dimulai dengan merilis potongan 60 detik lagu tersebut di platform TikTok. Dengan tagar #MalamTenang, hingga saat ini tercatat ada lebih dari 4000 video yang menggunakan lagu tersebut sebagai latar audionya sementara video-video tersebut sudah diputar lebih dari 1,5 juta kali. Ini dapat menunjukkan bagaimana para pendengar Yura yang mendambakan rasa tenang bisa menemukan apa yang dituju dalam lagu terbarunya.

Sejalan dengan dilepasnya lagu “Tenang” ini, sebuah film pendek atau video musik garapan Yandy Laurens juga akan diperkenalkan kepada publik. Dibintangi aktor-aktor ternama Ringgo Agus, Nirina Zubir, Kiki Narendra, dan aktor cilik Gamaliel Eleazar dan Zozo, film ini mengisahkan seseorang yang mencoba berdamai dengan kenangan dan dirinya sendiri, serupa dengan ajakan dalam lagu “Tenang”. Video musik ini dapat disaksikan dua minggu setelah lagunya tersedia di berbagai layanan streaming. Yandy Laurens sendiri dikenal antara lain sebagai sutradara dan salah satu penulis film Keluarga Cemara (2018).

18
new
3 Composers X Rizky Billar – Salah Benar
Views 5 | TWP 18 | LWP 0
Album
Producer
Director
Cast

Description

Waktu berlalu begitu saja, sudah 8 tahun 3 COMPOSERS berada di Industri musik Indonesia, sebuah projek yang awalnya ketidaksengajaan dipertemukan oleh fans-fans dari penyanyi yang membawakan karya-karya mereka, menjadi sebuah proyek membawa mereka menjadi Idola anak muda yang selalu ditunggu karya-karya mereka diatas panggung musik indonesia.

Delapan tahun lalu 3 COMPOSERS membuat mash up lagu karya mereka dijadikan satu dalam sebuah lagu cinta yang berjudul “SALAH BENAR”, setelah 8 tahun berlalu 3 Composers ingin merayakan melalui kolaborasi yang special dengan salah satu artis AFE RECORDS yang sedang naik daun RIZKY BILLAR, “tentunya bukan tanpa alasan kami bertiga memilih billar, karena selain dia sedang naik daun, dia juga fans kami ternyata, dan warna suara dia bisa masuk di lagu SALAH BENAR” Ujar Tengku Shafick.

Musik lagu SALAH BENAR kali ini dibuat dengan aransemen yang lebih ringan, dengan nuansa akustik yang terasa membuat lagunya seperti terlahir kembali, “ini lagu yang membawa kami ke panggung musik Indonesia, yang selalu special di hati kami, membawakannya kembali tentu saja memiliki arti tersendiri bagi kami” cerita Mario Kacang, dan berkolaborasi dengan Rizky Billar semakin membuat lagu ini memiliki daya tarik tersendiri, “sengaja membuat sentuhan – sentuhan baru, simpel, lebih akustik tapi terasa banget di lagunya dan kami juga memberikan porsi yang cukup dominan untuk Billar bernyanyi” Ujar Bemby Noor menjelaskan komposisi dari produksi lagu dan part bernyanyi.

 SALAH BENAR adalah lagu tentang seseorang yang cemburu dengan pacarnya, yang mengakui kesalahannya karena terlalu cemburu dan menyadari kalo cintanya sangat setia kepadanya, digambarkan melalui mush up lagu-lagu mereka yang liriknya dapat mewakili perasaan tersebut di puncaki di dalam refrain, yang menarik di sempilkan juga lirik dari lagu “Melihatmu Bahagia” yang dinyanyikan Billar pertama kali, “aku sangat senang dengan proyek kolaborasi ini, karena kapan lagi aku bisa berkolaborasi dengan komposer-komposer handal seperti 3 Composers, kebetulan aku suka dengan lagu-lagu 3 Composers sedari dulu, dan juga aku nge-fans banget ma mereka apalagi diminta ikutan nyanyiin lagu SALAH BENAR udah pasti mau” Jelas Rizky Billar penuh suka cita.

 “jadi untuk merayakan 8 tahun kami berada di Industri Musik Indonesia Kami mengeluarkan sebuah single kolaborasi dengan Rizky Billar dengan mengaransemen ulang single pertama kami di Industri Musik Indonesia, semoga mendapat kesuksesan yang sama” ujar Mario Kacang, yang di amini oleh Tengku Shafick dan Bemby Noor.

19
new
Andien – Selamat Jalan Kekasihku (NEW ENTRY)
Views 2 | TWP 19 | LWP 0
Album
Producer
Director
Cast

Description

2021 adalah tahun ke-21 tahun penyanyi Andien berkarya di industri musik Indonesia. Untuk merayakannya, Andien merilis single berjudul Selamat Jalan Kekasihku. Lagu ini merupakan lagu ciptaan Alm. Elfa Secioria yang juga merupakan produser musik pertama Andien. Dalam rilisan baru ini, lagu Selamat Jalan Kekasihku diaransemen ulang oleh Ifa Fachir.

Lagu Selamat Jalan Kekasihku juga dikemas menjadi sebuah film pendek musik dengan judul yang sama. Andien mempercayakan sahabatnya, Tompi, untuk menyutradarai film pendek dan video musik dari lagu Selamat Jalan Kekasihku.

Andien mengatakan “Lagu ini sangat personal untukku dan aku ingin cerita lagu ini dapat diterima oleh pendengar. Menurutku Tompi adalah seorang storyteller andal yang bisa mengelaborasikan makna dari lagu Selamat Jalan Kekasihku ke dalam bentuk baru”.

Sebagai salah satu proyek terbesar Andien dalam rangkaian perjalanan 21 tahun berkarya, Andien turut berperan sebagai produser dan terlibat penuh dalam proses kreatifnya. Cerita film pendek musik ditulis oleh R. Kenyasentana yang juga co-writer buku Belahan Jantungku. Seluruh proses kreatif pembuatan film pendek musik Selamat Jalan Kekasihku didukung oleh Acer Indonesia melalui rangkaian laptop Swift Series.

Melalui lagu dan film pendek musik Selamat Jalan Kekasihku, Andien mengajak audiens untuk lebih memaknai waktu yang dimiliki sekarang. Seringkali kita sebagai manusia terjebak dalam masa lalu dan terlalu mengkhawatirkan masa depan sehingga melewatkan banyak kejadian di masa kini.

Film pendek musik Selamat Jalan Kekasihku bercerita tentang hubungan dalam sebuah keluarga yang tidak selamanya penuh dengan tawa dan kebahagiaan. Tokoh utama diperankan oleh Arawinda Kirana, serta didukung oleh Purwanto dan Neysa Chan.

“Selamat Jalan Kekasihku adalah sebuah angin segar dalam karya Andien, secara musik ini sangat berbeda dari karya sebelumnya. Menurut gue, Andien musisi yang konsisten memberikan sesuatu yang baru dalam karyanya. Ini kesempatan kolaborasi karya yang menyenangkan buat gue, gue jadi bisa memberikan energi tambahan buat dia dengan konsep visual yang gue ciptakan…” kata Tompi.

“Aku harap melalui lagu dan film pendek musik ini kita bisa kembali teringat bahwa waktu yang kita miliki hanya sekarang dan itu sangat berharga.” ujar Andien.

20
new
Don’t Touch Me – Marion Jola, Danilla, Ramengvrl (NEW ENTRY)
Views 1 | TWP 20 | LWP 0
Album
Producer
Director
Cast

Description

Tiga penyanyi muda Indonesia, Marion Jola, Danilla Riyadi, dan Ramengvrl merilis sebuah single kolaborasi pada Kamis, 10 Juni 2021 malam. Bertajuk Don’t Touch Me, single tersebut diketahui ditulis oleh mereka bertiga dan mengusung tema terkait women empowerment.

Sebelumnya, Lala mengatakan bahwa dirinya memang memiliki keinginan untuk merilis album yang berisi tentang sosok perempuan. Hal tersebut membuat Lala, Danilla, dan Ramengvrl akhirnya sepakat untuk mengangkat kisah mereka yang pernah mengalami hal kurang menyenangkan sebagai perempuan.

Sementara itu, meski ketiganya terlihat sangat berbeda jika dilihat dari genre musik yang mereka bawakan, Marion Jola pop RnB, Danilla indie folk, dan Ramengvrl rap hiphop, hal tersebut tak menjadi halangan bagi mereka untuk merilis proyek gila tersebut. Justru ketiganya memilih untuk bersatu dan mempersembahkan single bergenre swing dalam Don’t Touch Me.

Lala bahkan sempat menyebut bahwa dirinya merupakan penggemar berat dari Danilla dan memiliki keinginan untuk bisa berkolaborasi. Ia juga mengaku sempat mengatakan pada pihak label bahwa dirinya ingin berkolaborasi dengan rapper perempuan, yakni Ramengvrl.