Periode 20 – 26 Januari 2022

Chart 20:20 Indonesia

1
new
Yura Yunita – Tutur Batin
Views 10 | TWP 1 | LWP 0
Album
Producer
Director
Cast

Description

Yura Yunita baru saja meluncurkan album terbarunya, berjudul ‘Tutur Batin’.

Album penuh ketiga Yura Yunita ini berisikan 11 lagu yang mewakili kejujurannya sebagai perempuan yang kerap dituntut untuk memenuhi standar kecantikan dan kesempurnaan fisik di kehidupan sosial.

Melalui album ini, Yura mengungkapkan rasa kegundahan yang selama ini telah ia pendam, hingga akhirnya dirinya mampu memeluk rasa insecurities yang selama ini Ia alami dengan cara berdamai dengan kekurangan yang ia miliki.

2
new
ECLAT & KALEB J – Berakhir Sama
Views 7 | TWP 2 | LWP 0
Album
Producer
Director
Cast

Description

Single “Berakhir Sama” merupakan lagu terbaru Eclat, yang rilis pada 15 Oktober 2021 lalu. Lagu ini merupakan kolaborasinya dengan Kaleb J.

Lagu “Berakhir Sama” menceritakan keinginan seseorang yang jatuh cinta dengan harapan indah hingga akhir. Nyatanya tak seperti yang diharapkan.

3
new
D’MASIV (feat. Fariz RM) – Kau Yang Tak Pernah Tahu
Views 5 | TWP 3 | LWP 0
Album
Producer
Director
Cast

Description

Setelah merilis lagu “Waktu Yang Menjawab” bulan Juli lalu, D’MASIV kembali dengan materi terbarunya yang berjudul “Kau Yang Tak Pernah Tahu” pada 12 November 2021. Tak sendirian, D’MASIV menggaet living legend pelantun “Sakura” yaitu Fariz RM sebagai kolaboratornya.

Menurut Rian, “Lagu ini memang dipersiapkan untuk album ke-7 D’MASIV yang akan rilis di Februari 2022. Ini adalah single yang diciptakan karena kita melihat musik sekarang kembali pada era 80-an menuju awal 90-an. Sebenarnya musik dengan vibes seperti ini memang sering kita dengerin di era itu seperti musik dari New Kids on The Block, Tears for Fears, Michael Jackson, Boys II Men dan Babyface.
Jadi secara lirik di lagu ini gue mencoba untuk bernostalgia, dulu gue pernah mengalami namanya memendam perasaan bertahun tahun sampai takut untuk mengungkapkan. Disaat gue ungkapin, orang ini malah menjauh.
4
new
Audrey Tapiheru ft. Popsickle – Dime
Views 4 | TWP 4 | LWP 0
Album
Producer
Director
Cast

Description

Salah satu personil GAC, Audrey Tapiheru, kembali muncul dengan membawakan single terbarunya yang akan dirilis bulan September 2021 lalu.

Melalui akun Instagramnya, Audrey mengumumkan Extended Play (EP)-nya yang berjudul “LoveLock”, berisi 3 lagu di dalamnya.

Penyanyi yang hobi baca buku ini, mengeluarkan single yang berjudul Dime pada tanggal 22 September lalu.

Selain itu, ada single lainnya yang berjudul Menanti-nanti yang dirilis pada tanggal 5 Oktober dan Constantly You yang rilis pada tanggal 20 Oktober 2021.

5
new
Idgitaf – Takut
Views 14 | TWP 5 | LWP 0
Album
Producer
Director
Cast

Description

Lagu “Takut” yang dinyanyikan dan diciptakan idgitaf saat ini viral di sosial media TikTok. Lagu yang berisi ketakutakan ketika kita sudah dewasa ini sering bermunculan di sosial media.

6
new
Segara X Adera – Hingga Kau Tersenyum
Views 8 | TWP 6 | LWP 0
Album
Producer
Director
Cast

Description

“Seperti lagu-lagu sebelumnya, Lagu ini kami kerjakan bersama Opung (Irwan Simanjuntak). Seluruh proses produksi kita lakukan di studio beliau. Aransemen musik seluruhnya dikerjakan oleh beliau dan aransemen vokal kita kerjakan bersama.” ucap Segara & Adera.

Harapan dan pesan yang ingin disampaikan Segara dan Adera dalam lagu ini. “Kita tahu bahwa pandemi merupakan cobaan yang sulit bagi kita semua. Namun seperti pesan yang coba saya sampaikan, setiap masalah pasti punya jawaban. Semoga saja lagu ini dapat menemani teman-teman semua dalam pencarian jawaban tersebut.”

7
new
Cantika Abigail – Ace of Hearts
Views 6 | TWP 7 | LWP 0
Album
Producer
Director
Cast

Description

Menuju akhir tahun 2021 ini, akhirnya Cantika Abigail merilis solo EP perdananya. EP yang diberi judul “Ode To Blue” ini berisikan 5 lagu, 2 lagu diantaranya adalah “Start Over” dan “SIGN” Ft. Rayi Putra yang telah dirilis sebagai single. Sedangkan 3 lagu lainnya adalah lagu baru yang dikerjakan Cantika bersama music producer Kenny Gabriel, seorang musical genius yang sangat handal dalam menggarap lagu-lagu bergenre R&B yang menjadi jati diri Cantika.

“Ode To Blue” adalah sebuah langkah eksplorasi yang berani dari seorang Cantika, merangkum kumpulan perasaan dan perspektif yang selalu ada tapi belum pernah diberikan tempat selama ini. Ode adalah kumpulan kata atau puisi yang dipersembahkan untuk semesta di luar diri. Sedangkan Blue menggambarkan air, laut yang telah banyak menginspirasi Cantika baik sebagai seorang seniman maupun sebagai seorang wanita dalam memahami berbagai emosi.
Lewat EP ini, Cantika juga berharap bisa menjadi suara untuk perempuan merasakan dan mengungkapkan kebutuhan cinta dalam hubungan, adalah valid untuk berdiri diatas kaki sendiri dan di lain waktu juga berhak untuk mengutarakan pendapat dengan apa yang dirasakan oleh masing-masing. Dari segi musik dan vokal juga banyak hal baru yang di eksplorasi oleh Cantika, terpaparnya dia dengan musik afro beat selama tinggal di Bali yang begitu kental terdengar pada lagu “Your Loss”, dan cara bernyanyi seperti berbisik yang sangat halus dia lakukan pada lagu “TLC”.
8
new
Faruz – I Do Care
Views 4 | TWP 8 | LWP 0
Album
Producer
Director
Cast

Description

FARUZ adalah seorang musisi asal Jakarta kelahiran 16 maret, 25 tahun lalu. Memulai karier pada tahun 2013 sebagai penyanyi, ia akhirnya merilis single yang berjudul “I DO CARE.

Lagu “I DO CARE” di buat dan di tulis sendiri oleh FARUZ. Terinspirasi dari kisah teman- temannya, lagu ini bercerita tentang suatu hubungan yang tidak bisa berjalan sesuai harapan karena jika terus bersama, ada hal yang harus dikorbankan. Namun di sisi lain, perasaan yang tidak bisa dikondisikan kadang mendatangkan kesedihan. Dan solusi terbaik agar tetap bisa menghadapi hari-hari adalah dengan bersembunyi di balik rasa bahagia.

Dalam rilisan pertamanya ini, Faruz bekerja sama dengan Katiga Music sebagai perusahaan label rekaman, diproduseri oleh Abdik Destriana dan di bantu oleh Norman Ahya dalam proses aransemen lagu, serta Chandra dari Jejak Digital Records dalam proses Mixing dan Mastering.

9
new
Fatin – Dalam Teduh
Views 3 | TWP 9 | LWP 0
Album
Producer
Director
Cast

Description

Juara ajang pencarian bakat X Factor Indonesia musim pertama kembali merilis single anyar pada akhir September 2021 lalu. Fatin Shidqia memperkenalkan lagu “Dalam Teduh,” yang ditulis Nadia Fatira bersamanya.

Lagu bertempo sedang ini berisi pengakuan jatuh cinta dan permohonan kepada seseorang agar tak mengingkari isi hatinya. Dengan vokal yang lembut dan aransemen minimalis, “Dalam Teduh” terasa syahdu.

Lagu ini menandai produktivitas Fatin yang ajek merilis single baru tiap tahun. Tahun lalu misalnya, ia melepas lagu “Pelangi dan Hujan” yang cukup disambut hangat oleh pecinta musik Indonesia.

10
new
Aisha Retno – W.H.U.T (Wanna Hold U Tight)
Views 2 | TWP 10 | LWP 0
Album
Producer
Director
Cast

Description

Diketahui, lagu W.H.U.T saat ini berada di peringkat tiga dalam RIMCharts, pemeringkatan resmi lagu-lagu lokal Malaysia dan peringkat 13 dalam Top 50 Indonesia di layanan streaming musik Spotify.

Sebelum merilis lagu W.H.U.T secara resmi, Aisha terlebih dahulu menyanyikan sepenggal lirik dari lagu tersebut di akun TikToknya. Dalam video yang diunggahnya, dia mengatakan bahwa W.H.U.T merupakan lagu yang ditulisnya setahun yang lalu.

Lagu yang ditulisnya itu terinspirasi dari gebetannya. Jadi lagu tersebut bisa dibilang sebagai ungkapan rasa kasmaran dirinya terhadap si gebetan.

Setelah lagu tersebut dirilis secara resmi di berbagai platform digital. Aisha melalui kanal YouTube-nya, berterima kasih kepada sang gebetan yang telah membuatnya jatuh cinta sehingga bisa dijadikan ide dalam menulis lagu ini.

11
new
Mawar de Jongh – Pernah Salah
Views 12 | TWP 11 | LWP 0
Album
Producer
Director
Cast

Description

Semua orang pernah melakukan kesalahan dalam sebuah hubungan. Kesalahan besar maupun kecil, hal itu meninggalkan jejak berupa penyesalan. Mawar de Jongh pun menceritakan tentang itu lewat single terbarunya, “Pernah Salah”.

“Pernah Salah” diciptakan oleh Alam Urbach. Lagu dengan balutan strings, piano, dan gitar yang easy listening dan powerful ini bercerita tentang penyesalan seseorang setelah hubungannya dulu dengan sang kekasih berakhir. Kini, di saat keduanya sudah dewasa dan ego tak lagi merajai banyak hal, sosok tersebut sadar bahwa dia masih mencintai sang mantan kekasih dan telah membuat keputusan yang salah.

“Proses rekamannya sudah cukup lama dan banyak tantangannya. Kesulitannya, ada banyak bagian yang nadanya tinggi di mana aku harus melakukan belting (high chest voice). Namun, karena bantuan tim yang hadir ketika rekaman, semua berjalan lancar. Harapannya, semoga Mawaries (sebutan untuk fans Mawar) dan teman-teman lainnya senang dengan kehadiran “Pernah Salah”. Juga, semoga kalian semua bisa relate dengan lagu yang liriknya, suasananya, dan aransemennya spesial ini,” ucap Mawar de Jongh.

Simhala Avadana yang akrab disapa Mhala selaku A&R Trinity Optima Production menyebutkan bahwa “Pernah Salah” adalah lagu yang enak untuk didengarkan, tapi tidak semua orang bisa menyanyikannya. Saat mendengar “Pernah Salah” untuk pertama kalinya, Mhala langsung merasa lagu tersebut cocok untuk Mawar de Jongh. Dia ingin men-challenge pelantun “Sedang Sayang Sayangnya” tersebut untuk menyanyikan lagu yang tingkat kesulitannya lumayan dan berbeda dari single-single-nya sebelumnya.

“Saat rekaman, ternyata apa yang dilakukan dan diberikan Mawar de Jongh melampaui ekspektasi saya. Dia berhasil seratus persen. Prosesnya seru karena di beberapa bagian refrain, saya minta dia explore kemampuan belting-nya. Karena Mawar de Jongh juga seorang aktris, dia bisa memposisikan dirinya berada di posisi sosok yang menyesal itu. Dia full of surprises dan mau belajar. Jadi, banyak kejutan darinya di lagu “Pernah Salah”,” kata Simhala Avadana.

12
new
Raisa Feat. Sam Kim – Someday
Views 10 | TWP 12 | LWP 0
Album
Producer
Director
Cast

Description

Masih dalam rangkaian single menuju album keempatnya It’s Personal, Raisa hari ini merilis Someday.  Raisa bekerja sama dengan musisi asal Korea Selatan Sam Kim,  musisi dan arranger Jukjae.

 Sam Kim dikenal sebagai musisi muda yang lagunya kerap digunakan pada Korean Drama (K-Drama) hit, seperti lagu Who Are You untuk serial Guardian: The Lonely and Great God dan Love Me Like That untuk serial Nevertheless.

 Semua bermula dari keinginan Raisa memiliki kolaborator lintas negara Asia. Pertemuan Raisa dan Sam Kim dimulai dari Instagram, saling bertukar referensi musik sampai akhirnya memutuskan untuk workshop daring. Proses pengerjaan lagu dimulai awal tahun 2021. Kondisi keduanya yang terpisah jarak yaitu Jakarta-Seoul, kondisi pandemik dan jadwal masing-masing, membuat proses penggarapan baru intense dimulai pertengahan tahun.

 “Saya dan Raisa rutin komunikasi lewat telponan, chat, atau video call, saat merencanakan lagu. Rekaman dilakukan secara real-time, walaupun kami berbeda lokasi tapi kami bisa diskusi dan merekam langsung. Hasilnya sangat memuaskan dan saya ingin berterima kasih ke Raisa atas suara indahnya di lagu ini,” Ungkap Sam Kim, penyanyi kelahiran 19 Februari 1998.

 “Bekerja bersama Sam Kim sangat menyenangkan. Nggak menyangka obrolan casual  kami berujung menjadi kolaborasi. Kami memiliki visi yang sama, semoga lagu ini bisa mengantarkan kami berdua bertemu para pendengar baru di Indonesia dan Korea,” bilang Raisa.

 Someday bercerita tentang pasangan yang memiliki ego tinggi sehingga tidak dapat menyampaikan isi hati mereka masing-masing dengan baik. Untuk lagunya sendiri Jukjae sebagai produser menarik beberapa referensi slow R&B. Mood lagu yang manis namun juga mellow ini memiliki nuansa soundtrack drama korea. Jukjae adalah sosok yang ikut membantu Sam Kim di album Sun and Moon (2018).

 “Berangkat dari ide Raisa, kami yang memulai komunikasi project dengan Antena sebagai label dan agency Sam Kim. Ini bukan kali pertama JUNI bekerjasama dengan agency Korea Selatan, sebelumnya JUNI menjadi inisiator membawa band Hyukoh konser di Jakarta. Melanjutkan kiprah tersebut, kali ini kami memimpin project lintas negara dengan mengajak Sam Kim,” ungkap Adryanto Pratono sebagai CEO dari JUNI Records.

 Someday adalah terobosan untuk JUNI dan Raisa di tahun ini. Ia melihat lagu ini sebagai jembatan untuk menghubungkan fans Raisa dan juga fans soundtrack serial Korea Sam Kim.

 “Ini kesempatan kami di JUNI bekerjasama dengan musisi generasi Korean Wave masa kini. Saya, Raisa dan kami di JUNI berharap ini adalah awalan untuk kolaborasi lain di kemudian hari. Kami selalu memimpikan bekerjasama dengan lebih banyak kolaborator dari industri dunia,” tutup Adryanto Pratono.

13
new
Aminda – Bahagia Tanpa Jeda
Views 1 | TWP 13 | LWP 0
Album
Producer
Director
Cast

Description

Nama Amindana Chinika; atau lebih dikenal dengan Aminda sudah mulai dikenal di antara pecinta musik Indonesia. Sebut saja Dua Centang Biru (November 2020) dan Tiada Cinta Selain Kamu (Juli 2021) adalah dua lagu yang menempatkan Aminda sebagai penyanyi wanita berbakat pendatang baru di Indonesia.

Setelah kesuksesan Tiada Cinta Selain Kamu hasil kolaborasi dengan Virgoun, kini Aminda kembali hadir dengan karya kolaborasi keduanya dengan orang yang sama, berjudul Bahagia Tanpa Jeda.

Dalam proses penciptaan lagu Bahagia Tanpa Jeda, Virgoun mengungkapkan bahwa inspirasi lagu ini berangkat dari rasa syukur kepada Tuhan YME atas semua yang sudah diberikan-Nya. Disamarkan sedemikian rupa dan dikemas menjadi lagu cinta yang bisa dimaknai jauh lebih luas dari intensi awalnya.

Berbicara tentang keunikan lainnya, Music Video (MV) Bahagia Tanpa Jeda ini menyimpan kelanjutan cerita dari karya kolaborasi sebelumnya yang Tiada Cinta Selain Kamu. Di MV sebelumnya, cerita menggantung saat Bryan Domani menyatakan rasa pada Jessica Mila; meninggalkan pertanyaan yang hanya bisa terjawab di MV-nya kali ini: Apakah Mila akan membalas rasa tersebut, atau tidak?

14
new
Dipha Barus feat. Afgan & Esther Geraldine – Keep It Hush
Views 2 | TWP 14 | LWP 0
Album
Producer
Director
Cast

Description

Produser musik Dipha Barus merilis single terbarunya yang berjudul Keep It Hush pada 26 November 2021 lalu. Di lagu teranyarnya ini, dia menggandeng penyanyi Afgan dan Esther Geraldine untuk mengisi suara.

Ada beberapa alasan yang membuat Dipha Barus menggandeng Afgan dalam single terbarunya ini, salah satunya karena pria yang sempat dikabarkan dekat dengan Rossa itu merupakan penyanyi favoritnya di Tanah Air.

“Afgan itu salah satu penyanyi favorit gue, karena maksudnya dia adalah kayak ada kompresor di dalam tenggorokannya. Gue nggak perlu ngedit lagunya jadinya,” kata Dipha Barus sambil tertawa saat konferensi pers secara virtual, beberapa waktu lalu.

Selanjutnya, Dipha Barus mengungkapkan bahwa dirinya memang sudah lama memiliki keinginan untuk berkolaborasi dengan pelantun Jodoh Pasti Bertemu itu. Beruntung, akhirnya apa yang diinginkan bisa diwujudkan di Keep It Hush. “Dan gue sungguh-sungguh ingin kolaborasi dengan Afgan,” ucap Dipha Barus.

Sementara untuk Esther Geraldine, yang diketahui sebagai penyanyi pendatang baru, Dipha Barus melihat ada potensi yang bagus dari Esther sendiri.

Keep It Hush bercerita tentang sindiran atau sebagai bentuk pengingat orang-orang dalam menggunakan media sosial secara berlebih atau oversharing. Apalagi Dipha melihat banyak orang yang sudah kecanduan akan media sosial saat ini.

Selain Afgan dan Esther, Dipha juga melibatkan nama-nama seperti Stephanie Poetry, Monica Karina, Matter Mos, dan Kamga dalam proses penulisan lagu.

15
new
Mahalini – Sisa Rasa
Views 21 | TWP 15 | LWP 0
Album
Producer
Director
Cast

Description

Mahalini dan lagu galau seperti sudah jadi dua hal tak terpisahkan. Baru-baru ini ia merilis lagu berjudul Sisa Rasa yang liriknya ia tulis sendiri.

Mencurahkan perasaan terdalam, lagu ini pun sampai di hati para pendengar.

16
new
Kaleb J, Belanegara Abe & Abraham Edo – Tak Mau Sendiri
Views 17 | TWP 16 | LWP 0
Album
Producer
Director
Cast

Description

Dengan jumlah pendengar bulanan di Spotify mencapai hampir 3 juta dan total streaming dari kedua lagunya ‘It’s Only Me’ dan ‘Now I Know’ mencapai lebih dari 20 juta streaming, penyanyi asal Indonesia Kaleb J memantapkan langkahnya ke dunia musik dengan genre R&B.

Sejak pertama kali kemunculannya, Kaleb memang sangat jatuh cinta dengan genre musik R&B‘Aku seperti merasa menemukan diriku di genre R&B,” ungkapnya. Melanjutkan kesuksesan dua lagu yang telah dirilisnya dahulu, kini Kaleb J merilis single terbaru yang diberi judul ‘Tak Mau Sendiri’.

Masih digarap di bawah label Passion VibeKaleb J berusaha menghadirkan kerinduan seseorang yang sudah lama sendiri dan menantikan seseorang untuk dijadikan pasangan. Hal ini ternyata merupakan cerita pribadi dari Kaleb Jyang mengaku merasa sulit untuk berkenalan dengan seseorang yang dia ingin jadikan pasangan.

17
new
Feby Putri Feat. Fiersa Besari – Runtuh
Views 13 | TWP 17 | LWP 0
Album
Producer
Director
Cast

Description

Lagu “Runtuh” merupakan sebuah lagu yang dinyanyikan oleh Feby Putri dan Fiersa Besari yang lagi viral di TikTok.

Para pengguna TikTok mengungkapkan bahwa lagu ini seperti lagu healing untuk siapapun yang sedang merasa lelah dan bersiap untuk menerima dirinya sendiri.

Lagu ini dirilis pada 1 Oktober 2021 lalu yang sekarang memiliki lebih dari 751 juta penonton.

18
new
Iwan Fals – Selamat
Views 3 | TWP 18 | LWP 0
Album
Producer
Director
Cast

Description

Tanggal 3 September 2021 lalu, Iwan Fals genap berusia 60 tahun. Bertepatan dengan hari ulang tahunnya, musisi bernama lengkap Virgiawan Liestanto itu melepas single bertajuk “Selamat”.

Untuk pertama kalinya dalam karier panjang yang dijalani Iwan Fals, ia merilis sebuah album tepat di hari ulang tahunnya. Rilisnya lagu tersebut sekaligus menuntaskan rindu banyak orang terhadap karya-karyanya.

19
new
Yang Terdalam – NOAH (NEW ENTRY)
Views 1 | TWP 19 | LWP 0
Album
Producer
Director
Cast

Description

Di penghujung tahun 2021 lalu, NOAH akhirnya merilis album Second Chance “Taman Langit” di seluruh platform musik digital serta merilis format fisik dalam bentuk CD. Album Second Chance “Taman Langit” merupakan rangkaian pertama dari 4 album yang akan dirilis hingga Februari 2022.

Dalam waktu yang sama, NOAH me-remake salah satu video klipnya berjudul “Yang Terdalam”. Video klip ini dirilis oleh Peterpan tahun 2003 silam.

Klip ini adalah remake, dibuat ulang di lokasi yang sama (Jakarta) dengan jalan cerita yang sama persis dengan video klip pendahulunya. Diperankan oleh Iqbaal Ramadhan, Difki Khalif dan Rheno Poetiray. Mereka berperan layaknya seperti para personil saat membintangi video klip ‘Yang Terdalam’ terdahulu.

Lagu ini sejatinya memiliki makna yang mendalam, tiap bait menyiratkan makna tentang perasaan setia dari seseorang yang merasa kehilangan sosok yang ia cintai.

Dari makna lirik tersebut dapat kita tersirat makna keadaan seseorang yang senantiasa masih teringat kasih cintanya yang selama ini ia jalani bersama pasangannya, namun kini semua hanyalah tinggal kenangan.

20
new
Masa-Masa – Erwin Gutawa & Ardhito Pramono (NEW ENTRY)
Views 2 | TWP 20 | LWP 0
Album
Producer
Director
Cast

Description

Setelah berkolaborasi dengan Yura Yunita dalam pembuatan kembali lagu lawas ‘Tak Ku Duga’, kali ini Erwin Gutawa berduet bersama Ardhito Pramono untuk menginterpretasi ulang lagu ‘Masa-masa’ yang dinyanyikan January Christy pada 1987.

Melalui kanal Youtube Erwin Gutawa Productions, ayah penyanyi Gita Gutawa itu membuat kembali lagu ini karena dianggap relevan dengan situasi saat ini. ” Liriknya memiliki pesan optimis dan diharapkan dapat mewakili suasana batin masyarakat luas,” tulisnya.

Selain mewakili suasana batin banyak orang, lagu ini juga dibuat kembali untuk mengenang memori di masa lalu lewat karta musik terbaru dengan aransemen masa kini.

Periode 20 – 26 Januari 2022

Chart 20:20 Indonesia

1
new
Yura Yunita – Tutur Batin
Views 10 | TWP 1 | LWP 0
Album
Producer
Director
Cast

Description

Yura Yunita baru saja meluncurkan album terbarunya, berjudul ‘Tutur Batin’.

Album penuh ketiga Yura Yunita ini berisikan 11 lagu yang mewakili kejujurannya sebagai perempuan yang kerap dituntut untuk memenuhi standar kecantikan dan kesempurnaan fisik di kehidupan sosial.

Melalui album ini, Yura mengungkapkan rasa kegundahan yang selama ini telah ia pendam, hingga akhirnya dirinya mampu memeluk rasa insecurities yang selama ini Ia alami dengan cara berdamai dengan kekurangan yang ia miliki.

2
new
ECLAT & KALEB J – Berakhir Sama
Views 7 | TWP 2 | LWP 0
Album
Producer
Director
Cast

Description

Single “Berakhir Sama” merupakan lagu terbaru Eclat, yang rilis pada 15 Oktober 2021 lalu. Lagu ini merupakan kolaborasinya dengan Kaleb J.

Lagu “Berakhir Sama” menceritakan keinginan seseorang yang jatuh cinta dengan harapan indah hingga akhir. Nyatanya tak seperti yang diharapkan.

3
new
D’MASIV (feat. Fariz RM) – Kau Yang Tak Pernah Tahu
Views 5 | TWP 3 | LWP 0
Album
Producer
Director
Cast

Description

Setelah merilis lagu “Waktu Yang Menjawab” bulan Juli lalu, D’MASIV kembali dengan materi terbarunya yang berjudul “Kau Yang Tak Pernah Tahu” pada 12 November 2021. Tak sendirian, D’MASIV menggaet living legend pelantun “Sakura” yaitu Fariz RM sebagai kolaboratornya.

Menurut Rian, “Lagu ini memang dipersiapkan untuk album ke-7 D’MASIV yang akan rilis di Februari 2022. Ini adalah single yang diciptakan karena kita melihat musik sekarang kembali pada era 80-an menuju awal 90-an. Sebenarnya musik dengan vibes seperti ini memang sering kita dengerin di era itu seperti musik dari New Kids on The Block, Tears for Fears, Michael Jackson, Boys II Men dan Babyface.
Jadi secara lirik di lagu ini gue mencoba untuk bernostalgia, dulu gue pernah mengalami namanya memendam perasaan bertahun tahun sampai takut untuk mengungkapkan. Disaat gue ungkapin, orang ini malah menjauh.
4
new
Audrey Tapiheru ft. Popsickle – Dime
Views 4 | TWP 4 | LWP 0
Album
Producer
Director
Cast

Description

Salah satu personil GAC, Audrey Tapiheru, kembali muncul dengan membawakan single terbarunya yang akan dirilis bulan September 2021 lalu.

Melalui akun Instagramnya, Audrey mengumumkan Extended Play (EP)-nya yang berjudul “LoveLock”, berisi 3 lagu di dalamnya.

Penyanyi yang hobi baca buku ini, mengeluarkan single yang berjudul Dime pada tanggal 22 September lalu.

Selain itu, ada single lainnya yang berjudul Menanti-nanti yang dirilis pada tanggal 5 Oktober dan Constantly You yang rilis pada tanggal 20 Oktober 2021.

5
new
Idgitaf – Takut
Views 14 | TWP 5 | LWP 0
Album
Producer
Director
Cast

Description

Lagu “Takut” yang dinyanyikan dan diciptakan idgitaf saat ini viral di sosial media TikTok. Lagu yang berisi ketakutakan ketika kita sudah dewasa ini sering bermunculan di sosial media.

6
new
Segara X Adera – Hingga Kau Tersenyum
Views 8 | TWP 6 | LWP 0
Album
Producer
Director
Cast

Description

“Seperti lagu-lagu sebelumnya, Lagu ini kami kerjakan bersama Opung (Irwan Simanjuntak). Seluruh proses produksi kita lakukan di studio beliau. Aransemen musik seluruhnya dikerjakan oleh beliau dan aransemen vokal kita kerjakan bersama.” ucap Segara & Adera.

Harapan dan pesan yang ingin disampaikan Segara dan Adera dalam lagu ini. “Kita tahu bahwa pandemi merupakan cobaan yang sulit bagi kita semua. Namun seperti pesan yang coba saya sampaikan, setiap masalah pasti punya jawaban. Semoga saja lagu ini dapat menemani teman-teman semua dalam pencarian jawaban tersebut.”

7
new
Cantika Abigail – Ace of Hearts
Views 6 | TWP 7 | LWP 0
Album
Producer
Director
Cast

Description

Menuju akhir tahun 2021 ini, akhirnya Cantika Abigail merilis solo EP perdananya. EP yang diberi judul “Ode To Blue” ini berisikan 5 lagu, 2 lagu diantaranya adalah “Start Over” dan “SIGN” Ft. Rayi Putra yang telah dirilis sebagai single. Sedangkan 3 lagu lainnya adalah lagu baru yang dikerjakan Cantika bersama music producer Kenny Gabriel, seorang musical genius yang sangat handal dalam menggarap lagu-lagu bergenre R&B yang menjadi jati diri Cantika.

“Ode To Blue” adalah sebuah langkah eksplorasi yang berani dari seorang Cantika, merangkum kumpulan perasaan dan perspektif yang selalu ada tapi belum pernah diberikan tempat selama ini. Ode adalah kumpulan kata atau puisi yang dipersembahkan untuk semesta di luar diri. Sedangkan Blue menggambarkan air, laut yang telah banyak menginspirasi Cantika baik sebagai seorang seniman maupun sebagai seorang wanita dalam memahami berbagai emosi.
Lewat EP ini, Cantika juga berharap bisa menjadi suara untuk perempuan merasakan dan mengungkapkan kebutuhan cinta dalam hubungan, adalah valid untuk berdiri diatas kaki sendiri dan di lain waktu juga berhak untuk mengutarakan pendapat dengan apa yang dirasakan oleh masing-masing. Dari segi musik dan vokal juga banyak hal baru yang di eksplorasi oleh Cantika, terpaparnya dia dengan musik afro beat selama tinggal di Bali yang begitu kental terdengar pada lagu “Your Loss”, dan cara bernyanyi seperti berbisik yang sangat halus dia lakukan pada lagu “TLC”.
8
new
Faruz – I Do Care
Views 4 | TWP 8 | LWP 0
Album
Producer
Director
Cast

Description

FARUZ adalah seorang musisi asal Jakarta kelahiran 16 maret, 25 tahun lalu. Memulai karier pada tahun 2013 sebagai penyanyi, ia akhirnya merilis single yang berjudul “I DO CARE.

Lagu “I DO CARE” di buat dan di tulis sendiri oleh FARUZ. Terinspirasi dari kisah teman- temannya, lagu ini bercerita tentang suatu hubungan yang tidak bisa berjalan sesuai harapan karena jika terus bersama, ada hal yang harus dikorbankan. Namun di sisi lain, perasaan yang tidak bisa dikondisikan kadang mendatangkan kesedihan. Dan solusi terbaik agar tetap bisa menghadapi hari-hari adalah dengan bersembunyi di balik rasa bahagia.

Dalam rilisan pertamanya ini, Faruz bekerja sama dengan Katiga Music sebagai perusahaan label rekaman, diproduseri oleh Abdik Destriana dan di bantu oleh Norman Ahya dalam proses aransemen lagu, serta Chandra dari Jejak Digital Records dalam proses Mixing dan Mastering.

9
new
Fatin – Dalam Teduh
Views 3 | TWP 9 | LWP 0
Album
Producer
Director
Cast

Description

Juara ajang pencarian bakat X Factor Indonesia musim pertama kembali merilis single anyar pada akhir September 2021 lalu. Fatin Shidqia memperkenalkan lagu “Dalam Teduh,” yang ditulis Nadia Fatira bersamanya.

Lagu bertempo sedang ini berisi pengakuan jatuh cinta dan permohonan kepada seseorang agar tak mengingkari isi hatinya. Dengan vokal yang lembut dan aransemen minimalis, “Dalam Teduh” terasa syahdu.

Lagu ini menandai produktivitas Fatin yang ajek merilis single baru tiap tahun. Tahun lalu misalnya, ia melepas lagu “Pelangi dan Hujan” yang cukup disambut hangat oleh pecinta musik Indonesia.

10
new
Aisha Retno – W.H.U.T (Wanna Hold U Tight)
Views 2 | TWP 10 | LWP 0
Album
Producer
Director
Cast

Description

Diketahui, lagu W.H.U.T saat ini berada di peringkat tiga dalam RIMCharts, pemeringkatan resmi lagu-lagu lokal Malaysia dan peringkat 13 dalam Top 50 Indonesia di layanan streaming musik Spotify.

Sebelum merilis lagu W.H.U.T secara resmi, Aisha terlebih dahulu menyanyikan sepenggal lirik dari lagu tersebut di akun TikToknya. Dalam video yang diunggahnya, dia mengatakan bahwa W.H.U.T merupakan lagu yang ditulisnya setahun yang lalu.

Lagu yang ditulisnya itu terinspirasi dari gebetannya. Jadi lagu tersebut bisa dibilang sebagai ungkapan rasa kasmaran dirinya terhadap si gebetan.

Setelah lagu tersebut dirilis secara resmi di berbagai platform digital. Aisha melalui kanal YouTube-nya, berterima kasih kepada sang gebetan yang telah membuatnya jatuh cinta sehingga bisa dijadikan ide dalam menulis lagu ini.

11
new
Mawar de Jongh – Pernah Salah
Views 12 | TWP 11 | LWP 0
Album
Producer
Director
Cast

Description

Semua orang pernah melakukan kesalahan dalam sebuah hubungan. Kesalahan besar maupun kecil, hal itu meninggalkan jejak berupa penyesalan. Mawar de Jongh pun menceritakan tentang itu lewat single terbarunya, “Pernah Salah”.

“Pernah Salah” diciptakan oleh Alam Urbach. Lagu dengan balutan strings, piano, dan gitar yang easy listening dan powerful ini bercerita tentang penyesalan seseorang setelah hubungannya dulu dengan sang kekasih berakhir. Kini, di saat keduanya sudah dewasa dan ego tak lagi merajai banyak hal, sosok tersebut sadar bahwa dia masih mencintai sang mantan kekasih dan telah membuat keputusan yang salah.

“Proses rekamannya sudah cukup lama dan banyak tantangannya. Kesulitannya, ada banyak bagian yang nadanya tinggi di mana aku harus melakukan belting (high chest voice). Namun, karena bantuan tim yang hadir ketika rekaman, semua berjalan lancar. Harapannya, semoga Mawaries (sebutan untuk fans Mawar) dan teman-teman lainnya senang dengan kehadiran “Pernah Salah”. Juga, semoga kalian semua bisa relate dengan lagu yang liriknya, suasananya, dan aransemennya spesial ini,” ucap Mawar de Jongh.

Simhala Avadana yang akrab disapa Mhala selaku A&R Trinity Optima Production menyebutkan bahwa “Pernah Salah” adalah lagu yang enak untuk didengarkan, tapi tidak semua orang bisa menyanyikannya. Saat mendengar “Pernah Salah” untuk pertama kalinya, Mhala langsung merasa lagu tersebut cocok untuk Mawar de Jongh. Dia ingin men-challenge pelantun “Sedang Sayang Sayangnya” tersebut untuk menyanyikan lagu yang tingkat kesulitannya lumayan dan berbeda dari single-single-nya sebelumnya.

“Saat rekaman, ternyata apa yang dilakukan dan diberikan Mawar de Jongh melampaui ekspektasi saya. Dia berhasil seratus persen. Prosesnya seru karena di beberapa bagian refrain, saya minta dia explore kemampuan belting-nya. Karena Mawar de Jongh juga seorang aktris, dia bisa memposisikan dirinya berada di posisi sosok yang menyesal itu. Dia full of surprises dan mau belajar. Jadi, banyak kejutan darinya di lagu “Pernah Salah”,” kata Simhala Avadana.

12
new
Raisa Feat. Sam Kim – Someday
Views 10 | TWP 12 | LWP 0
Album
Producer
Director
Cast

Description

Masih dalam rangkaian single menuju album keempatnya It’s Personal, Raisa hari ini merilis Someday.  Raisa bekerja sama dengan musisi asal Korea Selatan Sam Kim,  musisi dan arranger Jukjae.

 Sam Kim dikenal sebagai musisi muda yang lagunya kerap digunakan pada Korean Drama (K-Drama) hit, seperti lagu Who Are You untuk serial Guardian: The Lonely and Great God dan Love Me Like That untuk serial Nevertheless.

 Semua bermula dari keinginan Raisa memiliki kolaborator lintas negara Asia. Pertemuan Raisa dan Sam Kim dimulai dari Instagram, saling bertukar referensi musik sampai akhirnya memutuskan untuk workshop daring. Proses pengerjaan lagu dimulai awal tahun 2021. Kondisi keduanya yang terpisah jarak yaitu Jakarta-Seoul, kondisi pandemik dan jadwal masing-masing, membuat proses penggarapan baru intense dimulai pertengahan tahun.

 “Saya dan Raisa rutin komunikasi lewat telponan, chat, atau video call, saat merencanakan lagu. Rekaman dilakukan secara real-time, walaupun kami berbeda lokasi tapi kami bisa diskusi dan merekam langsung. Hasilnya sangat memuaskan dan saya ingin berterima kasih ke Raisa atas suara indahnya di lagu ini,” Ungkap Sam Kim, penyanyi kelahiran 19 Februari 1998.

 “Bekerja bersama Sam Kim sangat menyenangkan. Nggak menyangka obrolan casual  kami berujung menjadi kolaborasi. Kami memiliki visi yang sama, semoga lagu ini bisa mengantarkan kami berdua bertemu para pendengar baru di Indonesia dan Korea,” bilang Raisa.

 Someday bercerita tentang pasangan yang memiliki ego tinggi sehingga tidak dapat menyampaikan isi hati mereka masing-masing dengan baik. Untuk lagunya sendiri Jukjae sebagai produser menarik beberapa referensi slow R&B. Mood lagu yang manis namun juga mellow ini memiliki nuansa soundtrack drama korea. Jukjae adalah sosok yang ikut membantu Sam Kim di album Sun and Moon (2018).

 “Berangkat dari ide Raisa, kami yang memulai komunikasi project dengan Antena sebagai label dan agency Sam Kim. Ini bukan kali pertama JUNI bekerjasama dengan agency Korea Selatan, sebelumnya JUNI menjadi inisiator membawa band Hyukoh konser di Jakarta. Melanjutkan kiprah tersebut, kali ini kami memimpin project lintas negara dengan mengajak Sam Kim,” ungkap Adryanto Pratono sebagai CEO dari JUNI Records.

 Someday adalah terobosan untuk JUNI dan Raisa di tahun ini. Ia melihat lagu ini sebagai jembatan untuk menghubungkan fans Raisa dan juga fans soundtrack serial Korea Sam Kim.

 “Ini kesempatan kami di JUNI bekerjasama dengan musisi generasi Korean Wave masa kini. Saya, Raisa dan kami di JUNI berharap ini adalah awalan untuk kolaborasi lain di kemudian hari. Kami selalu memimpikan bekerjasama dengan lebih banyak kolaborator dari industri dunia,” tutup Adryanto Pratono.

13
new
Aminda – Bahagia Tanpa Jeda
Views 1 | TWP 13 | LWP 0
Album
Producer
Director
Cast

Description

Nama Amindana Chinika; atau lebih dikenal dengan Aminda sudah mulai dikenal di antara pecinta musik Indonesia. Sebut saja Dua Centang Biru (November 2020) dan Tiada Cinta Selain Kamu (Juli 2021) adalah dua lagu yang menempatkan Aminda sebagai penyanyi wanita berbakat pendatang baru di Indonesia.

Setelah kesuksesan Tiada Cinta Selain Kamu hasil kolaborasi dengan Virgoun, kini Aminda kembali hadir dengan karya kolaborasi keduanya dengan orang yang sama, berjudul Bahagia Tanpa Jeda.

Dalam proses penciptaan lagu Bahagia Tanpa Jeda, Virgoun mengungkapkan bahwa inspirasi lagu ini berangkat dari rasa syukur kepada Tuhan YME atas semua yang sudah diberikan-Nya. Disamarkan sedemikian rupa dan dikemas menjadi lagu cinta yang bisa dimaknai jauh lebih luas dari intensi awalnya.

Berbicara tentang keunikan lainnya, Music Video (MV) Bahagia Tanpa Jeda ini menyimpan kelanjutan cerita dari karya kolaborasi sebelumnya yang Tiada Cinta Selain Kamu. Di MV sebelumnya, cerita menggantung saat Bryan Domani menyatakan rasa pada Jessica Mila; meninggalkan pertanyaan yang hanya bisa terjawab di MV-nya kali ini: Apakah Mila akan membalas rasa tersebut, atau tidak?

14
new
Dipha Barus feat. Afgan & Esther Geraldine – Keep It Hush
Views 2 | TWP 14 | LWP 0
Album
Producer
Director
Cast

Description

Produser musik Dipha Barus merilis single terbarunya yang berjudul Keep It Hush pada 26 November 2021 lalu. Di lagu teranyarnya ini, dia menggandeng penyanyi Afgan dan Esther Geraldine untuk mengisi suara.

Ada beberapa alasan yang membuat Dipha Barus menggandeng Afgan dalam single terbarunya ini, salah satunya karena pria yang sempat dikabarkan dekat dengan Rossa itu merupakan penyanyi favoritnya di Tanah Air.

“Afgan itu salah satu penyanyi favorit gue, karena maksudnya dia adalah kayak ada kompresor di dalam tenggorokannya. Gue nggak perlu ngedit lagunya jadinya,” kata Dipha Barus sambil tertawa saat konferensi pers secara virtual, beberapa waktu lalu.

Selanjutnya, Dipha Barus mengungkapkan bahwa dirinya memang sudah lama memiliki keinginan untuk berkolaborasi dengan pelantun Jodoh Pasti Bertemu itu. Beruntung, akhirnya apa yang diinginkan bisa diwujudkan di Keep It Hush. “Dan gue sungguh-sungguh ingin kolaborasi dengan Afgan,” ucap Dipha Barus.

Sementara untuk Esther Geraldine, yang diketahui sebagai penyanyi pendatang baru, Dipha Barus melihat ada potensi yang bagus dari Esther sendiri.

Keep It Hush bercerita tentang sindiran atau sebagai bentuk pengingat orang-orang dalam menggunakan media sosial secara berlebih atau oversharing. Apalagi Dipha melihat banyak orang yang sudah kecanduan akan media sosial saat ini.

Selain Afgan dan Esther, Dipha juga melibatkan nama-nama seperti Stephanie Poetry, Monica Karina, Matter Mos, dan Kamga dalam proses penulisan lagu.

15
new
Mahalini – Sisa Rasa
Views 21 | TWP 15 | LWP 0
Album
Producer
Director
Cast

Description

Mahalini dan lagu galau seperti sudah jadi dua hal tak terpisahkan. Baru-baru ini ia merilis lagu berjudul Sisa Rasa yang liriknya ia tulis sendiri.

Mencurahkan perasaan terdalam, lagu ini pun sampai di hati para pendengar.

16
new
Kaleb J, Belanegara Abe & Abraham Edo – Tak Mau Sendiri
Views 17 | TWP 16 | LWP 0
Album
Producer
Director
Cast

Description

Dengan jumlah pendengar bulanan di Spotify mencapai hampir 3 juta dan total streaming dari kedua lagunya ‘It’s Only Me’ dan ‘Now I Know’ mencapai lebih dari 20 juta streaming, penyanyi asal Indonesia Kaleb J memantapkan langkahnya ke dunia musik dengan genre R&B.

Sejak pertama kali kemunculannya, Kaleb memang sangat jatuh cinta dengan genre musik R&B‘Aku seperti merasa menemukan diriku di genre R&B,” ungkapnya. Melanjutkan kesuksesan dua lagu yang telah dirilisnya dahulu, kini Kaleb J merilis single terbaru yang diberi judul ‘Tak Mau Sendiri’.

Masih digarap di bawah label Passion VibeKaleb J berusaha menghadirkan kerinduan seseorang yang sudah lama sendiri dan menantikan seseorang untuk dijadikan pasangan. Hal ini ternyata merupakan cerita pribadi dari Kaleb Jyang mengaku merasa sulit untuk berkenalan dengan seseorang yang dia ingin jadikan pasangan.

17
new
Feby Putri Feat. Fiersa Besari – Runtuh
Views 13 | TWP 17 | LWP 0
Album
Producer
Director
Cast

Description

Lagu “Runtuh” merupakan sebuah lagu yang dinyanyikan oleh Feby Putri dan Fiersa Besari yang lagi viral di TikTok.

Para pengguna TikTok mengungkapkan bahwa lagu ini seperti lagu healing untuk siapapun yang sedang merasa lelah dan bersiap untuk menerima dirinya sendiri.

Lagu ini dirilis pada 1 Oktober 2021 lalu yang sekarang memiliki lebih dari 751 juta penonton.

18
new
Iwan Fals – Selamat
Views 3 | TWP 18 | LWP 0
Album
Producer
Director
Cast

Description

Tanggal 3 September 2021 lalu, Iwan Fals genap berusia 60 tahun. Bertepatan dengan hari ulang tahunnya, musisi bernama lengkap Virgiawan Liestanto itu melepas single bertajuk “Selamat”.

Untuk pertama kalinya dalam karier panjang yang dijalani Iwan Fals, ia merilis sebuah album tepat di hari ulang tahunnya. Rilisnya lagu tersebut sekaligus menuntaskan rindu banyak orang terhadap karya-karyanya.

19
new
Yang Terdalam – NOAH (NEW ENTRY)
Views 1 | TWP 19 | LWP 0
Album
Producer
Director
Cast

Description

Di penghujung tahun 2021 lalu, NOAH akhirnya merilis album Second Chance “Taman Langit” di seluruh platform musik digital serta merilis format fisik dalam bentuk CD. Album Second Chance “Taman Langit” merupakan rangkaian pertama dari 4 album yang akan dirilis hingga Februari 2022.

Dalam waktu yang sama, NOAH me-remake salah satu video klipnya berjudul “Yang Terdalam”. Video klip ini dirilis oleh Peterpan tahun 2003 silam.

Klip ini adalah remake, dibuat ulang di lokasi yang sama (Jakarta) dengan jalan cerita yang sama persis dengan video klip pendahulunya. Diperankan oleh Iqbaal Ramadhan, Difki Khalif dan Rheno Poetiray. Mereka berperan layaknya seperti para personil saat membintangi video klip ‘Yang Terdalam’ terdahulu.

Lagu ini sejatinya memiliki makna yang mendalam, tiap bait menyiratkan makna tentang perasaan setia dari seseorang yang merasa kehilangan sosok yang ia cintai.

Dari makna lirik tersebut dapat kita tersirat makna keadaan seseorang yang senantiasa masih teringat kasih cintanya yang selama ini ia jalani bersama pasangannya, namun kini semua hanyalah tinggal kenangan.

20
new
Masa-Masa – Erwin Gutawa & Ardhito Pramono (NEW ENTRY)
Views 2 | TWP 20 | LWP 0
Album
Producer
Director
Cast

Description

Setelah berkolaborasi dengan Yura Yunita dalam pembuatan kembali lagu lawas ‘Tak Ku Duga’, kali ini Erwin Gutawa berduet bersama Ardhito Pramono untuk menginterpretasi ulang lagu ‘Masa-masa’ yang dinyanyikan January Christy pada 1987.

Melalui kanal Youtube Erwin Gutawa Productions, ayah penyanyi Gita Gutawa itu membuat kembali lagu ini karena dianggap relevan dengan situasi saat ini. ” Liriknya memiliki pesan optimis dan diharapkan dapat mewakili suasana batin masyarakat luas,” tulisnya.

Selain mewakili suasana batin banyak orang, lagu ini juga dibuat kembali untuk mengenang memori di masa lalu lewat karta musik terbaru dengan aransemen masa kini.