Ngaku deh, pasti lo pernah kan nyobain nonton Drakor? Emang ngga bisa dipungkiri, kalo nonton serial rasanya nagih! Nah tapi ada juga ternyata yang nanya mimin “Kak, aku masih pemula nih! Aku belom tau mau nonton film apa…”

Nah, kalo lo baru pertama kali dan pengen nyobain sensasi nagihnya nonton drama korea-tapi-bingung-mau-mulai-dari-mana, Mimin sama Mutiaracmi (link ke profil mutia) mau ngaasih lo rekomendasi drama korea Untuk Pemula ala Mutiarachmi! Let’s Start

  • Reply 1988

Drama yang satu ini nggak perlu diraguin lagi kualitas keseruannya. Drakor ini emang sering banget nongkrong di top dramanya Netflix. Film ini dibintangi oleh Lee Hyeri, Park Bo Gum, Go Kyung Pyo, Ryu Jun Yeol, serta Lee Dong Hwi.

Kalau lo pernah melihat judul Reply 1994 dan Reply 1997, drama Reply 1988 adalah sekuelnya. Walaupun keliatannya jadul, tapi banyak loh yang jadi penikmat drakor ini, begitu juga dengan Mutiarachmi yang mengaku sempat nangis gara-gara adegan telur.

  • Signal

Drama yang satu ini sebenernya mau nyeritain sebuah pekerjaan yang cuma ada di Korea. Namanya profiler. Mungkin kalo lo udah nonton trailernya, lo ngiranya ini sama kayak Detektif. Tapi BEDA!!! Nah film ini tuh mau ceritain si profiler yang lagi nyari pembunuh lewat  walkie talkie yang berasal dari masa lalu, dan serunya, walkie talkienya nyambung ke walkie talkie di masa lalu juga.

Drama Signal ini dibintangi Lee Je Hoon, Kim Hye Soo dan Cho Jin Woong. Walaupun alur ceritanya agak sedikit ngebingungin, tapi Signal bisa bikin kesan misterius yang bikin ketagihan.

  • Tunnel

Masih mengenai pembunuhan, tapi kalo Signal lebih menceritakan dari sudut pandang profiler, di Tunnel ini lebih menceritakan dari sudut pandang polisi.

Drama korea yang saat ini ada versi Indonesianya ini, ternyata terinspirasi dari kisah nyata pembunuhan berantai di Hwaseong, yang tahun lalu sempat heboh di pemberitaan karena pembunuhnya baru saja tertangkap setelah berpuluh-puluh tahun berlalu.

  • Kingdom

Kalo lo pernah denger nama Joo Ji Hoon, Bae Donna, Ryu Seung Ryong, Kim Sang Ho, Heo Joon Ho, mimin pastiin lo suka sama drakor ini. Drama Kingdom bercerita tentang wabah zombie yang menyerang Dinasti Joseon.

Drama ini juga jadi drama pertama dari Korea yang jadi original Netflix nih Anak Trax! Cocok buat lo yang bosen sama drama yang menye-menye dan pengen tontonan yang lebih menantang.

  • My Mister

Ini nih,yang jadi favoritnya Mutia (link ke profile) karena yang meranin dramanya IU, salah satu solois Korea Selatan yang juga jadi pemeran utama di drama My Mister.

Dibintangi oleh Lee Sun Kyun, IU dan Lee Ji Ah. My Mister bercerita tentang perjalanan hidup antara dua orang yang sangat berbeda. Lucunya lagi, kisah cinta di drama ini unik banget, karena perbedaan usia cinta diantara si cowo dan si cewe jauuuuuuuhhhh. Si cewe usianya 20 tahun, dan si cowok ada di usia kurang lebih 40 tahun. Jeng jeeennnggg, kira-kira akan seperti apa ya?

  • Moon Lovers : Scarlet Heart Ryeo

“ini, nih bagus banget!” kata Mutia (link ke profile) sambil histeris nunjuk posternya di internet. Serial televisi asal Korea Selatan ini diangkat dari novel Tiongkok ‘Bu Bu Jing Xin’, tentang Dinasti Goryeo.

Kalo lo adalah tipe yang suka drama berkaitan dengan kerajaan, so pasti suka sama drama yang dibintangi oleh Lee Joon Gi, Lee Ji Eun, dan Kang Ha Neul.

  • Familiar Wife

Kalo lo suka sama cerita realistis, mungkin judul ini bisa masuk ke bucket list lo. Karena ceritanya berdasarkan kehidupan sehari-hari pasangan muda setelah menikah.

Drakor ini dibintangi Ji Sung dan Han Ji Min, drama ini termasuk kategori melankolis dan alur yang lambat. Pas nih ditonton sama lo yang mau nikah! Mau nggak? Kalo nggak mau kasih ke mimin aja pasangannya! LOH!

Dari beberapa rekomendasi dari Mutiarachmi, kira-kira mana duluan yang mau lo tonton Anak Trax?