Sesuai judulnya, “Coffee & Cigarettes” sengaja dibuat hitam putih.

Sutradara: Jim Jarmusch
Durasi: 96 menit
Drama, Musical & Performing Arts, Art House & International, Comedy
Pemain: Steve Buscemi, Bill Muray, Cate Blanchett, Roberto Begnini, Iggy Pop, Tom Waits dsb.
Bahasa: Inggris

Kopi dan Rokok, katanya berjodoh Anak Trax. Katanya membuat obrolan semakin lekat, terutama dengan kopi yang hitam pekat. Kebetulan gue tidak merokok, jadi tidak pernah membuktikan kebenarannya. Tetapi dengan menonton film ini, tanpa perlu ikut mengopi dan merokok, gue bisa menikmati kedekatannya. Keintiman obrolannya, dengan berbagai bahasan dan topik yang menarik. Beragam dan absurd.

Coffee and Cigarettes adalah film tahun 2003 yang sengaja dibuat hitam-putih. Senada dengan warna kopinya dan batang rokoknya. Film panjang ini berawal dari tahun 1986 ketika sutradaranya, Jim Jarmusch memproduksi film berdurasi enam menit diperankan oleh Stephen Wright dan Roberto Benigni berjudul sama, yaitu Coffee and Cigarettes. Kemudian Jim Jarmusch membuatnya menjadi film panjang yang terdiri dari kumpulan 11 film pendek bertema sama, atau omnibus.

Jim Jarmusch sendiri dikenal sebagai sutradara film independen dengan karakter minimalis. Salah satu hal yang menarik dari film ini adalah keterlibatan aktor dan aktris hebat seperti Steve Buscemi, Bill Muray, Cate Blanchett, Roberto Begnini, hipsters terkenal seperti Ms. Renee French dari New York, hingga musisi handal seperti Iggy Pop, Tom Waits, The White Stripes, GZA dan RZA.

Alur percakapannya sulit ditebak Anak Trax, dari adegan ke adegan kekuatannya adalah di proses perbincangan antar pemain. Mungkin tidak semua topik bahasannya menarik sesuai selera Anak Trax.

Jadi lagi-lagi seperti jodoh, kalau seleranya cocok berarti Anak Trax berjodoh dengan film ini,  tetapi kalau Anak Trax malah jadi bosan, tenang saja, banyak cara lain untuk menjadi terhibur dan sehat. Seperti misalnya menonton film yang berjudul “Vegetable and Yoga”, kalau memang film itu ternyata ada. (Nastasha Abigail)