Mau siaran? Kenalan sama alat-alatnya dulu yuk! 

Katanya kalau jadi penyiar, harus jago ngomong dan punya suara yang bagus. Kata siapa? Sekarang Anak Trax gak perlu harus jago ngomong dan punya suara bagus, tapi cukup dengan kemauan yang tinggi dan percaya diri juga bisa kok, dan yang paling penting harus tau dan ngerti alat-alat yang akan dioperasikan di ruang siaran. Nah, seperti apa aja sih alat yang ada di ruang siaran? Kita intip ruang siaran Trax FM yuk!

1. Microphone & Headphone

IMG 3219

Alat yang satu ini terbilang sangat penting. Kenapa, karena output radio adalah audio, jadi kalo gak ada mic, gak akan ada penyiar, nah kalo gak ada penyiar, semua informasi gak akan sampai ke Anak Trax yang lagi mendengarkan siaran radionya. Ada beberapa macam istilah microphone, ada yang mono dan stereo, berkaki dua dan empat, basic dan wireless, microphone classic dan modern, microphone untuk rekaman hingga microphone yang sering dipake tukang bakpau keliling.

Microphone punya ‘teman’, namanya headphone. Fungsi headphone ini untuk memonitor suara dan lagu yang diputar atau yang sedang mengudara. Suara yang dikeluarkan headphone biasanya sama seperti apa yang didengarkan Anak Trax yang lagi dengerin radio tersebut. Fungsi headphones yang lainnya juga untuk mengantisipasi brooming jika kita menggunakan speaker kontrol yang biasa. Karena disaat sedang on air, otomatis suara akan keluar juga dari speaker, dan itu masuk ke dalam microphone yang sedang menyala.

2. Audio Mixer

IMG 3222

Alat ini mengatur kendali suara yang akan dikeluarkan ke udara. Seorang penyiar harus mempunyai keahlian me-mix lagu dengan mixer yang disebut dengan mixing. Namun karena perubahan jaman yang cukup pesat, sekarang sudah ada mixer consul yang bisa memproses lagu-lagu yang akan diputar.

3. Software

IMG 3221

Beberapa radio di seluruh dunia mempunyai software jagoannya masing-masing. Salah satu software yang terkenal adalah MATRIX dan RCS. Fungsinya untuk mengatur semua data (lagu, script, insert, jingle, beds, dll) untuk diolah menjadi sebuah informasi yang akan didengarkan oleh Anak Trax. 

4. Komputer

IMG 3230

Selain tempat pengoperasian software, ada komputer yang terkoneksi dengan internet. Komputer ini biasanya dipakai untuk keperluan social media. Jadi, penyiar biasanya berinteraksi dengan Anak Trax melalui social media yang dimiliki Trax FM seperti twitter (@TraxFMJKT) dan fan page Facebook (1014TRAXFM)

5. Telepon Hybrid

IMG 3233

Hybrid adalah sebuah alat yang mengkonversi sambungan telepon biasa ke mixer siaran. Dengan ini, Trax Trooper bisa berkomunikasi langsung dengan Anak Trax. Biasanya hybrid diaktifkan sebelum fader mixer digeser keatas, hal ini mengantisipasi adanya bunyi yang tidak diinginkan terdengar oleh Anak Trax.

6. STL (Studio Transmitter Link)

IMG 3282

Ini juga penting Anak Trax, namanya STL. Alat ini berguna untuk memancarkan program siaran dari studio ke pemancar dengan lokasi yg berbeda. Sebelahnya ada juga CD player. Ini dipergunakan kalo tiba-tiba komputer nge-hang dan tidak bisa memutarkan lagu dari komputer.

7. Webcam

IMG 3229

Mungkin baru sedikit radio yang masi menggunakan web cam. Trax FM salah satu yang memakai web cam. Jadi, sekarang gak cuma dengerin suara Trax Trooper doang, tapi Anak Trax juga bisa melihat langsungTrax Trooper melalui web cam. Ini bisa diakses melalui streaming kita di www.traxonsky.com lho!

Selain itu, masih banyak hal-hal yang penting lainnya. Misalnya seperti pemancar FM, antena, dan lain-lain.

 

Nah satu lagi yang paling penting dari ini semua adalah…. 

Colokan. Yaiyalah kalo gak ada colokan, semua alat-alat tadi gak akan berfungsi.

IMG 3236

Itulah tadi beberapa hal yang ada di ruang siaran. Mudah-mudahan bisa menambah ilmu Anak Trax ya. So, udah siap jadi penyiar?