Kalau biasanya kita lihat sekolah ngasih hadiah berupa piagam atau piala untuk seorang siswa yang berprestasi akademik, namun berbeda halnya dengan para pelajar di provinsi Yunnan, Cina. Hadiah unik diberi kepada beberapa pelajar di provinsi Yunnan, berupa seekor anak babi.

Terjadi di Sekolah Dasar Xiangyang, wilayah Yiliang, provinsi Yunnan, Cina yang beri hadiah anak babi untuk pelajar berprestasi. Bukan tanpa sebab anak babi dijadikan sebagai reward terhadap pencapaian akademis para pelajar disana.

Hal tersebut untuk memotivasi para siswa buat belajar serta menghidupkan kembali ekonomi lokal di wilayah mereka. Sebanyak 20 murid berprestasi di Sekolah Dasar Xiangyang mendapatkan 20 anak babi dari hasil sponsor Dana Kesejahteraan Umum Shanghai Xiangwu.

Pelajar Berprestasi di China Diberi Hadiah Anak Babi

Apresiasi ini diabadikan dalam bentuk video melalui Douyin, platform media sosial Cina. Para murid tersebut tampak mengenakan hiasan bunga merah sebagai simbol kehormatan, dan menerima hadiah anak babi yang beratnya mencapai 5-10 kilogram.

Diungkap sama guru di Sekolah Dasar Xiangyang, Hou Changliang, bahwa hadiah babi ini sangat membantu untuk menghidupkan ekonomi lokal di wilayah Yiliang. Hou Changliang bilang anak babi ini akan berharga di masa depan bagi para siswa berprestasi tersebut.

Pelajar Berprestasi di China Diberi Hadiah Anak Babi

Meski mereka tidak melihat manfaat langsung dari keberadaan anak babi ini, mereka akan mendapatkan lebih banyak keuntungan dari anak babi ini di masa depan,” kata Hou dalam video yang beredar.

Diketahui, wilayah Yiliang termasuk salah satu wilayah paling miskin di Cina. Di tahun 2019, pendapatan tahunan penduduk setempat mencapai 27.291 yuan (Rp61 juta) per orang.

 

Penulis: Rifqi Fadhillah