Kabar baik nih untuk para musisi yang sering ngupload lagu-lagu mereka ke platform streaming, Soundcloud. Nantinya, musisi bakal terima bayaran streaming setiap lagu yang diputar oleh para subscribers-nya di Soundcloud.

Kebijakan baru aja diumumin Soundcloud terkait pembayaran royalti yang diberi kepada musisi. Berbeda sama platform pesainyanya seperti Spotify dan Apple Music, kebijakan pembayaran royalti dari Soundcloud ini akan nyesuain dari setiap pelanggan hanya kepada artis yang mereka streaming saat ini.

Musisi Terima Bayaran Streaming Di Soundcloud

Sebelumnya, beberapa musisi ngekritik kebijakan pembagian royalti dari Spotify dan Apple Music, yang hanya nguntungin buat artis papan atas. Besaran royalti lebih memihak kepada musisi kalangan atas yang paling sering diputar lagunya. Sementara untuk musisi yang masih merintis, besaran uang yang dihasilin jauh di bawah itu.

Kepala Eksekutif SoundCloud, Michael Weissman, nyampein kalau kebijakan baru dari Soundcloud nantinya bakal ngejawab kritikan dari para musisi dari ekonomi streaming sebelumnya.

“Banyak orang di industri menginginkan ini selama bertahun-tahun. Kami sangat senang menjadi orang yang membawa ini ke pasar untuk mendukung artis independen dengan lebih baik,” kata Michael Weissman, Kepala Eksekutif SoundCloud.

“Artis sekarang lebih siap untuk mengembangkan karir mereka dengan menjalin hubungan yang lebih dalam dengan penggemar mereka yang paling berdedikasi. Penggemar secara langsung dapat mempengaruhi penghasilan artis favorit mereka,” ucapnya.

Nantinya, kebijakan dari Soundcloud ini mulai diterapin pada 1 April mendatang.

Baca Juga : Film Soul Raih Piala Golden Globe 2021 Sebagai Animasi Terbaik

Udah pada siap beralih ke Soundcloud nih Anak Trax ? Apa masih nyaman sama platform streaming sebelumnya?