Merayakan 17 tahun, Trax FM kedatangan banyak musisi seharian penuh. Morning zone bareng Surya dan Molan, makin semangat karena pagi-pagi akan ditemenin sama grup musik ska tahun 90an, Tipe-X, dan grup musik HiVi!.

Tamu spesial pertama kita adalah Tipe-X. Siapa yang kangen sama penampilan live band ska ini, angkat tangannya!

Terbentuk sejak tahun 1995, Tipe-X masih survive di industri musik Indonesia dengan personel yang lengkap. Bahkan, sampai sekarang pun fanbase mereka masih aktif lho! Keren yaaa! Gimana caranya yaa mempertahankan eksistensi mereka selama ini?

Sebenernya paling gampang kalau lihat band masih bertahan, kata Tipe-X, kalau suatu band masih bertahan, bisa dilihat dari banyaknya jadwal manggung mereka, seperti Tipe-X ini.

Woohoo! Pagi di #17TahunTraxFM dibikin seru sama @tipexofficial! Jadi inget jaman dulu ga siiiih!

A post shared by 101.4 Trax FM Jakarta (@traxfmjkt) on

Mereka pun dari dulu tetap konsisten bermusik di jalur ska, sedangkan tau sendiri dong, jaman sekarang perkembangan musik cepat sekali dan musik EDM lagi hits-hits-nya, tapi gimana mereka dapat bertahan yaa?

Itu yang susah sebenernya karena anak-anak jaman sekarang seleranya udah beda. Itu juga yang bikin kita kesulitan cari tema lagu. Makanya, sekarang kita kalau bikin lagu barengan sama anak-anak jaman sekarang jadi tau bagaimana selera mereka,” kata Tipe-X kasih bocoran.

Jangan salah Anak Trax, walaupun berbagai jenis musik sempet hits, tapi penikmat musik ska masih banyak lho! Dan bukan hanya penggemar Tipe-X yang jaman dulu, tapi penggemar mereka pun beregenerasi.

Mereka pun sempet cerita, pada tahun 2012 saat merilis album ketujuh mereka, saat di salah satu pertunjukkan, mereka kaget karena yang dateng adalah penggemar-penggemar mereka yang masih duduk di bangku SMP dan SMA. Wiiihhh! Keren yaaa, Anak Trax!

Sebelum cerita lebih seru lagi, Tipe-X akan menampilkan single terbaru mereka yang berjudul “Cerita Tahun Lalu”. Penasaran? Yuk lihat penampilan mereka di bawah ini!

Selain single baru, Tipe-X juga baru merilis sebuah buku lho! Buku ini berjudul Tipe-X: 1999, Ketika Pecundang Jadi Pemenang. Buku ini meneceritakan tentang aib mereka masing-masing yang mungkin belum pernah didengar dan diberitakan di media manapun.

Kamu nggak tau kan kalau ternyata salah satu personel mereka ada yang pernah mencoba bunuh diri? Atau Anto ternyata pernah kesel sama Tresno? Makanya, baca aja buku ini kalau mau tau tentang mereka.

Ngomongin album, rencana album kedelapan mereka ini sebenarnya masih on progress. Baru ada 1 single yang berjudul “Cerita Tahun Lalu”, maka dari itu, mereka belum tau kalau ditanya kapan rilisnya. Mereka pun sebenarnya tidak mengejar penjualan fisik.

Di era yang serba digital ini, Tipe-X pun mengakui penjualan album mereka menjadi berkurang, cara menyiasatinya adalah dengan melakukan sesuatu di luar ranah digital, seperti merilis buku, berbisnis, manggung, atau bahkan siapa tau mereka akan main ftv.

Nggak cuma Trax FM yang ulang tahun lho, ternyata Tipe-X juga akan berulang tahun pada September nanti. Hayooo tebak siapa yang tau umurnya tahun ini?

Sebelum pamit, Tipe-X akan membawakan satu lagu penutup. Yuk lihat!

Mau lihat ucapan dari Tipe-X untuk Trax FM? Yuk lihat di bawah ini!

Amin amiiin!! Thank you doanya untuk #17TahunTraxFM @tipexofficial!

A post shared by 101.4 Trax FM Jakarta (@traxfmjkt) on

Thank you for coming, Tipe-X! Sukses selalu untuk karirnya, ditunggu album barunya yaa!

[teks Sekar Retno Ayu | foto Instagram @traxfmjkt]

Jangan kelewatan berita-berita terkini lainnya seputar dunia film, musik, dan entertainmentStreaming terus Trax FM di sini!

Baca juga:
Comeback, Blackpink langsung kuasai Ks chart
Rizky Febian “Cukup Tau” jadi jawara di chart Jamu minggu ini!
Andy Serkis pimpin para kera dalam War for the Planet of the Apes