Naik ke peringkat pertama, ada kolaborasi Fifth Harmony dan Ty Dolla $ign dengan “Work From Home”. Beberapa selebritis, salah satunya Fifth Harmony, melakukan tribute untuk mengenang Christina Grimmie, Youtube star sekaligus kontestan The Voice season 6, yang tewas ditembak saat tampil dalam opening show band Before You Exit pada 10 Juni 2016. Saat penampilan Fifth Harmony di WBLI Summer Jam, Wantagh, New York, grup jebolan The Voice Amerika season 2 ini, mengajak penonton untuk hening dan mendoakan Christina Grimmie serta keluarganya. Penonton pun menerangi seantero Jones Beach Theater dengan cahaya dari handphone mereka. Peristiwa kematian Grimmie meninggalkan luka yang dalam untuk banyak selebritis karena Grimmie nggak hanya memiliki suara yang merdu, tetapi juga hati yang baik. Rest In Peace, Grimmie.

Naik ke posisi kedua ada remake “Fast Car”, hasil kolaborasi Jonas Blue dan Dakota. “Fast Car” meraih the biggest selling single di UK, dengan menjual lebih dari 3 juta copy secara global. Nggak berhenti di situ, penyanyi 26 tahun asal London ini, melanjutkan kesuksesannya dengan merilis single terbaru “Perfect Strangers” dengan menggandeng pendatang baru JP Cooper. Kesuksesannya nggak lain nggak bukan karena kepintaran Jonas Blue yang dapat mentransformasi musik Pop menjadi musik dance classic, yang easy listening. Nggak heran, karyanya ini sangat disukai dan meraih penghargaan di banyak negara.

Nggak mau kalah, Alessia Cara juga naik ke posisi ketiga dengan single “Wild Things”. Penyanyi yang terkenal dengan single “Here” ini diminta langsung oleh Coldplay untuk tampil sebagai opening show dalam A Head Full of Dreams Tour di Glasgow. Nggak sendiri, Coldplay juga mengajak Lianne La Havas, penyanyi folk dan soul asal Inggris. Music video “Wild Things” telah dirilis sejak 7 Maret 2016 melalui akun Youtube resminya. Sang Sutradara, Aaron A, menghadirkan sahabat-sahabat Alessia dalam video yang sudah ditonton lebih dari 16 juta viewers.

Minggu ini, ada kolaborasi Calvin Harris dan Rihanna dengan “This Is What You Came For” serta kolaborasi Drake dengan Wizkid & Kyla dengan “One Dance” jadi pendatang baru di Trax2020.

Anak Trax mau tau siapa aja yang ada di chart Trax 2020? Yuk, kita lihat di sini!

[teks Sekar Retno Ayu | foto billboard.com]