Beberapa tahun belakangan ini pengguna smart phone di Indonesia atau di dunia menigkat drastis. Tapi Anak Trax udah tau belum dibalik semua kacanggihan dan kemudahan yang ditawarkan, smart phone punya efek buruk juga loh.

Bikin ketagihan

Smart phone bikin penggunanya ketagihan. Pasti Anak Trax pernah ngerasain ketagihan.Studi Rutgers University pada 2006 nyimpulin, smart phone memicu kenaikan penggunaan internet yang cukup signifikan, yang dampaknya buruk bagi kesehatan mental.

Mengganggu tidur

Smart phone menawarkan layanan internet 24 jam, yep dia bakal berdering klo ada email dan message yang masuk. Penelitian yang dilakukan Uppsala University di Swedia nambahin bahwa radiasi telepon seluler bisa gganggu aktivitas tidur, apa lagi klo smart phone di taruh di tempat tidur.

Memicu cemas

Punya smart phone emang menggibur buat sebagian orang, cuma karena smart phone bisa kirim email, chat kapan aja, bikin kacau pekerja. Kerjaan bisa dateng kapan aja, termasuk waktu hari libur.

Melemahkan otak

    Dibalik kecanggihan yang ditawarkan smart phone, kemampuan multitasking cenderung bikin seseorang kesulitan menyerap informasi karena fokusnya mudah terganggu. “Sebagai multitasker, otak mereka dibanjiri terlalu banyak informasi, akibatnya mereka tidak selektif lagi untuk memilah informasi yang penting dengan cepat,” kata Dr David W Goodman, Direktur Pusat Gangguan Psikologis di Maryland, Baltimore.

    Saran dari Dr. David W Goodman buat semua pengguna smart phone supaya gak aktifin layanan internetnya 24 jam, jangan sampai Anak Trax jadi korban dari kecanggihan smart phone