Anak Trax, siapa sih yang nggak tau sama Pak Raden? Baru-baru ini Indonesia ditinggalkan oleh sosok bapak berkumis tebal, yang dekat dengan boneka karakter ciptaannya, Si Unyil.

Sosok Pak Raden dalam serial Si Unyil memang indentik sebagai seorang pemarah, namun tahukah, kalau beliau malah menjadi tokoh yang sangat peduli dengan dunia anak, lho.

Untuk mengenang dan mengapresiasi apa yang sudah dilakukannya untuk dunia hiburan anak Indonesia, yuk simak 9 fakta menarik Pak Raden berikut ini:

• Nama asli Pak Raden
Pak Raden terlahir dengan nama asli Suyadi. Beliau lahir di Puger, Jember pada 28 November 1932.

• Pencetus si Unyil
Pak Raden merupakan pencipta tokoh boneka lucu pada acara Si Unyil, yang pertama kali tayang 5 April 1981 di TVRI. Dalam acara Pak Raden dikenal sebagai tokoh yang sering marah, dengan ciri khas kumis tebal, dan memakai blangkon, serta pakaian khas Jawa.

• Mahasiswa lulusan ITB dan Perancis
Pak Raden menyelesaikan studi di fakultas seni rupa ITB Bandung pada tahun 1952-1960, dan meneruskan belajar animasi di Perancis pada tahun 1961-1963.

Pak Raden memberi materi menggambar kepada generasi muda

Pak Raden memberi materi menggambar kepada generasi muda

• Ilustrator yang hebat
Sejak masih menjadi mahasiswa, Pak Raden sudah menghasilkan sejumlah karya berupa buku cerita anak bergambar dan film animasi pendek yang digambar dan ditulisnya sendiri.

• Pelukis dengan puluhan karya
Sebagai seorang pelukis, Pak Raden sudah menghasilkan puluhan karya bertema anak-anak dan dunia wayang bergaya figuratif-naratif.

• Sebenarnya nggak mempunyai kumis
Mungkin lo bertanya-tanya mengenai kumis Pak Raden asli atau palsu? Ternyata, kumis Pak Raden bukan asli. Meski palsu, tapi kumis ini malah selalu menemaninya saat tampil di publik. Berkat kumis tersebut juga Pak Raden tampak terlihat awet muda.

• Mendapatkan penghargaan Ganesha
Pak Raden pernah diberi penghargaan Ganesha Widya, karena jasa dan prestasinya yang menonjol di bidang industri kreatif klaster animasi dan tokoh animator tingkat Nasional.

Ciri khas mimik Pak Raden ketika marah akan selalu dirindukan

Ciri khas mimik Pak Raden ketika bercerita akan selalu dirindukan

• Jago empat bahasa asing
Selain jago menggambar dan menulis berita, Pak Raden juga jago dalam berbahasa asing. Pak Raden mampu berkomunikasi dengan empat bahasa asing, diantaranya Inggris, Belanda, Perancis dan Italia.

• Pecinta kucing
Siapa sangka dibalik tampang galak Pak Raden, ternyata beliau adalah penyayang binatang, khususnya kucing. Kucing yang ada dirumah Pak Raden sangat banyak, dan merupakan kucing mampir yang selalu menemani Pak Raden.

Setelah mengetahui fakta-fakta unik Pak Raden, pasti Anak Trax bangga ‘kan memiliki tokoh legendaris seperti Beliau? Selamat jalan Pak Raden… [teks Royan Sulistiawan Anak Trax universitas indonusa Esa Unggul | foto berbagai sumber]