Kalau Lo ngelihat kekerasan seksual di sekolah atau kampus ada baiknya langsung ngelapor ke Kemendikbud. Ada caranya lho ternyata buat ngelapor ke Kemendikbud. Simak yuk Anak Trax biar gak ada lagi yang namanya kekerasan seksual di lingkungan sekolah atau kampus.

Kekerasan seksual di kampus dalam beberapa tahun terakhir semakin marak. Hal ini pun sangat meresahkan bagi para siswa atau mahasiswa yang berada di Instansi pendidikan.

Begini Cara Ngelapor ke Kemendikbud Apabila Ngeliat Kekerasan Seksual di Kampus!

Sekolah atau kampus yang seharusnnya menjadi tempat nyaman untuk belajar justru dijadikan tempat untuk berbuat yang gak senonoh. Langkah pencegahan terhadap kekerasan seksual di kampus pun telah dibuat oleh Kemendikbud, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) dengan menertibkan Permendikbud Ristek 20 tahun 2021.

Buat Lo Anak Trax bisa berkontribusi untuk melaporkan tindakan kekerasan seksual di lingkungan kampus. Berikut ini dilansir dari akun Instagram Direktorat Jenderal Vokasi Kemendikbud Ristek, Selasa (16/11/2021), dalam Permendikbud Ristek 30 dituturkan bagaiman cara melapor ke Kemendikbud.

Begini Cara Ngelapor ke Kemendikbud Apabila Ngeliat Kekerasan Seksual di Kampus!

Anak Trax bisa menghubungi Kemendikbud Ristek melalui beberapa kanal Unit Layanan Terpadu (ULT) seperti:

  1. Mengunjungi Portal Lapor di http://kemdikbud.lapor.go.id/
  2. Mengirim surel ke pengaduan@kemdikbud.go.id.
  3. Mengontak Pusat Panggilan di nomor 177.
  4. Datang langsung ke kantor Kemendikbud Ristek di Gedung C, Lantai Dasar, Jenderal Sudirman, Senayan – Jakarta.

Begini Cara Ngelapor ke Kemendikbud Apabila Ngeliat Kekerasan Seksual di Kampus!

Diungkap oleh Mendikbud Ristek, Nadiem Makarim bahwa Permendikbud 30 ini akan jadi payung hukum dalam melakukan penanganan terhadap laporan kekerasan seksual. Layanan yang diberikan untuk para korban pun diterapkan seperti apa yang telah dilakukan oleh Universitas termaju di dunia seperti pemulihan, pendampingan korban, requirement untuk universitas memberikan rumah aman dan privasi korban.

“Kami tidak membuat aturan sendiri. Tapi Kemendikbud PPKS ini melihat dari seluruh best practice di dunia. Kami gunakan best world class standar untuk kekerasan seksual yang diterapkan di universitas termaju di dunia,” ucap Nadiem dalam Podcast Deddy Corbuzier, Selasa (16/11/2021).

Baca Juga : Ini Rekomendasi 5 Jurusan Kuliah Untuk Lo Yang Introvert

Jangan takut ya Anak Trax buat ngelapor kejadian kekerasan seksual apabila terjadi di sekolah atau kampus Lo! Jadiin sekolah atau kampus Lo jadi tempat yang nyaman buat belajar dan ngejar prestasi.

 

Penulis : Rifqi Fadhillah