Whoops! Ini 6 alasan kenapa kamu masih suka labil!

Whoops! Ini 6 alasan kenapa kamu masih suka labil!

1059
Radio Anak Muda_Labil

Masih suka plin-plan dan susah buat membuat keputusan? Tandanya kamu masih pada labil!

Mau tau kenapa kamu masih suka labil? Yuk lihat alasannya di bawah ini!

1. Kebanyakan mikir!
Kalau kamu selalu menganalisis dan membayangkan semua kemungkinan buruk yang akan terjadi, kamu harus STOP! Kebanyakan mikir atau overthinking cuma bikin kamu tambah stress, Anak Trax!

Coba ubah pola pikir kamu jadi lebih positif, pasti kamu jadi lebih mudah untuk mengambil keputusan.

2. Bergantung pada keputusan orang lain
Kalau kamu masih suka mengandalkan orang lain untuk mengambil keputusan, tandanya kamu terlalu bergantung sama orang lain yang membuat kamu jadi kebiasaan.

Hal ini membuat kamu jadi nggak biasa mengambil keputusan sendiri, coba deh mulai biasain membuat keputusan sendiri, walaupun awalnya sulit, lama kelamaan kamu akan terbiasa.

3. Terlalu mikirin pendapat orang lain
Takut dibilang jelek atau di-judge sama orang lain? Stop deh mikirin opini orang lain! Ini cuma buat kamu makin susah mengambil keputusan sendiri karena kamu jadi terlalu parno. Buang jauh-jauh hal ini, pasti kamu akan jadi orang yang lebih positif dan bisa menentukan pilihan kamu sendiri.

4. Takut mengecewakan orang lain
Kalau yang satu ini, kamu udah kelewat simpatik makanya kamu nggak mau orang lain merasa nggak nyaman sama keputusan yang akan kamu ambil.

But, you can’t please everyone! Kamu nggak bisa membiarkan orang lain mempengaruhi keputusan yang akan kamu buat setiap hari. Noted!

5. Trauma membuat keputusan sendiri
Hal ini biasanya disebabkan karena kamu pernah membuat keputusan yang berujung gagal, makanya kamu jadi nggak berani untuk membuat keputusan lagi.

You can’t do that anymore! Jangan biarkan masa lalu mempengaruhi hidup kamu selamanya, karena ini hanya membuat kamu nggak maju dan akan menyesalinya seumur hidup!

6. Takut mau menyakiti perasaan orang lain
Sama seperti alasan nomer 4, kamu lebih mengutamakan perasaan orang lain dibandingin perasaan kamu sendiri. Terkadang kamu memang butuh seperti itu untuk hal-hal tertentu, tapi kamu tetap harus fokus pada apa yang bisa membuat kamu bahagia.

Gimana dong caranya supaya kamu nggak labil lagi? Yuk lihat tips berikut:

1. Inget, kamu bukan malaikat, jadi nggak bisa menyenangkan semua orang!
2. Kamu boleh mempertimbangkan pro dan kontra dengan realistis. Namun, ada juga waktu di mana kamu harus mempercayai insting.
3. Kalau masih susah, kamu bisa minta nasihat dari orang lain. Jangan berkata, “Apa yang harus aku lakukan?”, tapi coba tanyakan opini mereka supaya kamu bisa melihat dari perspektif yang berbeda dan menentukan pilihan sendiri.
4. Kalau kamu salah membuat keputusan, belajar dari kesalahan tersebut, jangan trauma dan jangan menyerah!
5. Sadar dan yakinlah kalau pada akhirnya hidup kamu cuma diri kamu sendiri yang bisa pegang kendali!

Semoga tips ini bermanfaat! Jangan labil-labil yaa, Anak Trax!

[Editor Sekar Retno Ayu / sumber Cosmopiltan Indonesia | foto newsweek.com]

Buat kamu yang mau dengerin musik berkualitas, streaming aja di sini atau download aplikasinya di iOS dan Google Play Store!

Baca juga:
Rami Malek akan perankan sosok Freddie Mercury
3 hal yang perlu kamu ketahui sebelum nonton film IT!
5 lagu baru ‘feel-good vibes’ dari Maliq & D’Essentials!