ALDY: “Kalau orang bisa merajut berarti dia bisa ‘merajut’ jalan hidupnya sendiri.”

Siapa bilang merajut cuma bisa dilakukan kaum perempuan? Pagi ini ALDY dan DERY di Morning Zone berusaha mematahkan persepsi tersebut. Bersama dengan Komunitas The Men Who Knit, ALDY dan DERY melakukan kegiatan yang selalu diasumsikan dikerjakan oleh perempuan, yaitu merajut! Hal ini cukup sederhana buat dilakukan lho, tapi gimana caranya? Nah, ERRI dan WIKU dari The Men Who Knit dateng ke TraxFM buat jelasin semuanya.

Komunitas ini sendiri bermula dari sebuah workshop di Tobucil (Toko Buku Kecil) yang mereka ikuti, abis itu mereka ketemu temen-temen yang juga suka merajut dan terbentuklah Komunitas The Man Who Knit. Mereka juga menemukan fakta bahwa dulu pun para tentara juga belajar merajut untuk diri mereka sendiri. Jadi kalau dalam keadaan yang nggak memungkinkan mereka untuk pulang, mereka tetap punya baju yang menghangatkan. Selain itu nggak cuma ada nilai manfaat dalam bentuk fisik, merajut juga membantu melatih kesabaran, konsistensi, ketekunan, dan ketelitian. 

TMWK 2Dalam kegiatan merajut ini ada juga peralatan yang dibutuhkan lho, misalnya jarum rajut dengan berbagai ukuran,
atau hakpen, tapi pakai jari tangan aja juga udah cukup. Inilah yang dicoba ALDY DERY dan nama tekniknya yubiyami. Kalau dengan menggunakan jarum rajut, teknik-tekniknya beda lagi. Ada dua tehnik dasar, yang pertama namanya Tusuk Atas, yang kedua namanya Tusuk Bawah. Ini untuk membedakan dua sisi dari hasil rajutan nantinya. Tapi sebelum mulai merajut, lo perlu mengikuti Manifesto The Men Who Knit, Anak Trax. Ada 12 pasal dalam manifesto merajut yang bisa kalian liat disini. Kalau udah mengikuti pasal-pasal tersebut, sesuai dengan yang diucapkan ERRI dan WIKU, lo udah resmi jadi The Men Who Knit!

Nah, Anak Trax (terutama yang cowo) udah siap buat merajut di depan umum dan menarik perhatian para perempuan? Follow akun twitternya @DMenHuNit aja biar dapet ilmu merajut yang lebih lengkap lagi atau di www.themenwhoknit.blogspot.com.