Panduan merawat jeans yang baik dan benar

Panduan merawat jeans yang baik dan benar

669
0
Radio Anak Muda_Jeans

Jeans kerap menjadi pilihan pria dalam bergaya karena sifatnya yang praktis, mudah dipadu padankan dengan beragam pakaian di berbagai suasana. Selain itu, jeans digemari juga karena sifatnya materialnya yang kuat dan tahan lama.

Meskipun begitu, jeans tetap perlu dijaga kualitasnya melalui perawatan yang tepat guna membuatnya lebih awet, dan bahkan menjadikan warna dan bentuknya kian bagus.

Namun, seringkali kita dilanda dilema mengenai cara merawat jeans yang benar, yakni bingung antara sering mencucinya atau justru membiarkan tidak dicuci selama berbulan-bulan.

Mengutip dari laman Esquire Inggris, berikut adalah sederet cara terbaik untuk merawat jeans agar tahan lama dan semakin keren dikenakan.

1. Perhatikan label petunjuk pencucian
Baca dengan seksama prosedur pencucian yang disarankan, yakni seperti suhu air, cara mencuci (apakah boleh disikat atau tidak), cara menjemur yang baik, hingga petunjuk penyetrikaan. Prosedur pencucian ini dibuat dengan tujuan untuk mempertahankan kualitas terbaik jeans agar usia pakainya lebih panjang.

2. Pastikan tidak ada benda tertinggal di dalam kantong
Terkadang kita lupa pernah menaruh benda-benda kecil di kantong jeans, seperti uang kertas, koin logam, pulpen, dan sebagainya. Jika tidak mengeceknya dengan teliti, bisa-bisa serpihan atau ‘ganjalan’ benda-benda tersebut merusak material jeans.

3. Cermati cara mencuci yang dipilih
Jeans dapat dicuci menggunakan mesin cuci, dengan tangan, atau dry clean. Jika menggunakan mesin cuci, atu mode pencuciannya di opsi ‘delicate’ guna menghindari gesekan yang berlebih saat dicuci.

Selain itu, pastikan jeans yang dicuci dengan mesin cuci tidak lebih dari lima potong dan tidak dicampur dengan material selain denim. Perhatikan pula massa jeans yang dicuci, semakin berat massanya, maka beban kerja mesin cuci semakin berat.

4. Mengutamakan cuci bagian dalam jeans
Jika mencuci dengan tangan, sangat disarankan untuk hanya menyikat di bagian dalam agar warna jeans tidak mudah pudar. Serat kain yang lebih berongga membuat noda jeans mudah dibersihkan dari dalam dibandingkan material kain pada umumnya.

5. Perhatikan cara menjemur
Jangan menjemur jeans di bawah sinar matahari langsung karena berpotensi merusak warna dan kualitas materialnya. Selain itu, sangat disarankan menjemur jeans dengan cara menggantungnya pada hanger dan diangin-anginkan di tempat sejuk. Setelah kering, jeans disimpan dengan cara digantung, bukan dilipat, agar teksturnya lebih rapi dan nyaman ketika dikenakan.

TEKS: HAPPY FERDIAN
FOTO: DOK. ESQUIRE

Source: Esquire

Buat kamu yang pengin dengerin musik berkualitas, streaming aja di sini atau download aplikasinya di iOS dan Google Play Store!

Baca juga:
Cerita Rinni Wulandari tentang single terbarunya
Tunjukkan sayang, Drake kenakan kaos kaki Rihanna
Brooklyn Beckham dan Chloe Moretz balikan?

LEAVE A REPLY