Anak Trax masih bingung memilih destinasi untuk berpetualang bersama teman akhir tahun ini? Kalau memang iya, kami punya rekomendasi tempat berpetualang yang seru nih, yaitu di Pulau Rinca.

Masih sedikit asing ya? Pulau Rinca ini terletak Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur dan masuk kawasan Taman Nasional Komodo. Jadi kalau liburan ke sini, kamu bakal sering melihat hewan komodo.

Dan perlu kamu ketahui, Pulau Rinca merupakan habitat komodo. Bahkan jumlahnya lebih banyak dibandingkan dengan Pulau Komodo lho!

Dengan luas sekitar 19.000 hektar, jumlah komodo di Pulau Rinca mencapai 2.318 ekor, sedangkan Pulau Komodo hanya 2.126 ekor.

Radio Anak Muda_Komodo

Hati-hati banyak komodo yang berkeliaran! | ead72

Walau namanya Pulau Rinca, bukan berarti wisata yang diberikan adalah wisata pantai. Nope! Sama sekali tidak, bahkan sangat berbahaya kalau kamu sembarangan berenang di perairannya, karena adanya komodo. Menantang ‘kan!

Pertama kali masuk ke Pulau Rinca, kamu akan disambut oleh 2 patung komodo besar setinggi 3 meter yang merupakan gerbang atau titik awal melakukan trekking di Pulau Rinca.

Ada beberapa jenis trekking yang bisa kamu pilih, yaitu trek pendek, sedang, dan juga trek panjang. Masing-masing trek sepanjang 2 sampai 8 kilometer, dan bisa menghabiskan waktu selama 1 sampai 2 jam.

Buat kamu yang hobi berpetualang, disarankan memilih trek panjang karena di sini kamu bisa menjumpai komodo dengan berbagai ukuran dan pastinya lebih besar.

Di sana juga masih banyak hewan liar yang bebas berkeliaran. Tidak hanya komodo, kamu juga bisa menjumpai rusa, kerbau, sampai babi. Walaupun liar, tetapi hewan-hewan ini tetap dilindungi sehingga berbagai bentuk perburuan dilarang di sini.

Tapi kamu tidak usah takut, karena setiap trekking kamu akan ditemani seorang ranger yang akan menjaga kita dari serangan hewan-hewan buas.

Radio Anak Muda_Pulau Rinca

Siap trekking, Anak Trax?? | bandanar

Selain menegangkan, pemandangan Pulau Rinca juga sangat mempesona lho! Terbentang luas perbukitan padang savana, membuat kamu seperti sedang berpetualang di Afrika. Lokasi yang cocok buat selfie, atau memotret pesona alamnya untuk kamu upload di Instagram, Facebook, dan Twitter. Atau pamer ke teman dengan video Snapchat.

Selama perjalanan, kamu akan melewati medan bebatuan, mulai dari tanjakan dan turunan. Pohon-pohon hanya bisa kamu lihat di dekat sumber mata air, yang biasanya jadi tempat berkumpulnya komodo.

Pesona Pulau Rinca bisa kamu nikmati dari puncak bukit. Warna biru membentang luas, menyatu dan membentuk gradasi yang sangat mempesona antara laut dan langit. Ditambah dengan pemandangan perbukitan dan pohon-pohon hijau yang mengelilingi Pulau Rinca.

Sungguh wisata alam yang sempurna, memacu adrenalin sekaligus memanjakan mata dengan pesona yang dipancarkan Pulau Rinca.

Yuk, atur petualangan akhir tahun kamu sekarang, Anak Trax!

Dan untuk tahu Pesona Indonesia lainnya, yuk follow social media mereka :

Facebook: Indonesia.Travel
Instagram: @indtravel
Twitter: @indtravel
YouTube: Indonesia.Travel
Google +: Indonesia.Travel

[teks Sekar Retno Ayu | foto aleskolodej, ead72, & bandanar]


Anak Trax mau trip ke Pulau Komodo gratis bareng Trax Troopers? Yuk, ikutan Pesona Indonesia song cover contest! Mau tau gimana caranya, kamu bisa lihat di sini!