Anak Trax, dah nonton film Aruna dan Lidahnya? Film yang diangkat dari novel karya Laksmi Pamuntjak ini sedang tayang di bioskop Indonesia. Di sepanjang film, kamu akan disuguhkan berbagai makanan yang menggoda selera, dan tentunya bisa bikin kamu lapar setelah nonton.

Belum lagi berbagai tempat syuting yang rasanya bagus banget untuk dikunjungi, salah satunya Kota Singkawang, Kalimantan Barat. Lalu wisata kuliner apa saja yang bisa kamu coba di Singkawang? Dan bagaimana akses untuk menjelajahi Singkawang?

Kota Singkawang sendiri terletak sekitar 145 kilometer sebelah utara Pontianak, ibu kota Kalimantan Barat. Singkawang dikelilingi Pegununungan Pasi, Poteng, dan Singkawang. Kalau kamu ingin menjelajahi kuliner di sana, kamu dapat naik pesawat ke Bandara Internasional Supadio, Pontianak. Kemudian lanjut perjalanan darat ke Singkawang yang kurang lebih memakan waktu 3 jam. Cek dulu harga tiket termurahnya di sini.

Bicara kuliner di Singkawang, di film Aruna dan Lidahnya, ada adegan Aruna (Diperankan Dian Satrowardoyo) dan teman-temannya memegang capit kepiting dengan daging montok. Ia menyantapnya dengan mie berukuran kecil. Aruna menggambarkan Mie Kepiting Singkawang itu sebagai sebuah surga.

Apa itu aja wisata kulinernya? Tidak Anak Trax. Ada lagi kuliner Singkawang yang bisa dicicipi, yaitu Choi Pan. Ini kue gurih khas Kalimantan Barat yang dapat buat perut kamu kenyang. Kulit Choi Pan terbuat dari tepung beras. Pilihan isinya bengkoang, talas, atau kucai. Lalu dikukus dan disiram dengan minyak bawang putih goreng.

Kalau kamu suka sekali mie, di Singkawang juga ada makanan selain Mie Kepiting. Namanya Mie Loncat Singkawang. Namanya agak unik ya! Ini dikarenakan pembuat mie melontarkan mie tinggi-tinggi, kemudian menangkapnya dengan saringan.

Kata salah satu pedagang mie loncat, aksi melempar mie itu bukan hanya bagian dari aktraksi untuk pelanggan, tapi karena tekstur mienya sangat lengket. “Setelah dilempar mie akan pecah atau terpisah satu demi satu helainya,” ujar Herry Liu, satu pedangang Mie Loncat sebagaimana dilansir Kompas.com.

Nggak usah bingung mikirin penginapan. Sejumlah hotel yang sesuai kantong anak muda seperti kamu banyak ditemui di sana. Tinggal pilih dan lihat aja di website atau aplikasi Wego. Jadi kamu nggak perlu repot lagi cari satu per satu harga termurah untuk hotel di berbagai situs booking. Cukup pake jari kamu aja, dan kamu bisa dapat harga terbaik untuk hotel di Pontianak dari semua situs travel dalam satu klik! Ada versi desktop, Android dan iOS kok! « Sumber foto: @davyandry