Kepada Anak Trax penggemar berat Sigur Ros—band asal Eslandia

Sebelumnya, pada tanggal 23 November 2013 yang lalu, Sigur Ros sempat tampil langsung di Fort Canning, Singapura. Mungkin ada di antara Anak Trax yang sempat turut menikmati konsernya? Gue bersyukur menjadi salah satunya.

Suasana konsernya cukup intim. Penonton menikmati penampilan SIgur Ros di alam terbuka, sebagian menonton sambil berdiri, sebagiannya lagi sambil duduk-duduk di rumput. Pada lagu terakhir di penampilan mereka, tiba-tiba hujan deras turun. Semua penonton kebasahan namun tampak bahagia menari-nari di bawah hujan. Persis setelah penampilan mereka di lagu terakhir, hujan pun sekejap berhenti dan langit berubah warna menjadi merah. Sangat magis.

Berdasarkan cerita dan pengalaman orang-orang yang pernah menonton konser Sigur Ros di berbagai negara, kebanyakan dari mereka juga terbius menyaksikan penampilan Sigur Ros yang menggetarkan hati dan mengantarkan sensasi.

Salah satunya terekam dalam film dokumenter berjudul INNI karya sutradara bernama Vincent Morisset (yang juga merupakan sutradara dari film konser Arcade Fire: Miroir Noir). Penampilan Sigur Ros di Alexandra Palace, London pada bulan November 2008 difilmkan dan dikemas oleh Vincent Morisset dalam durasi 75 menit.

Film INNI—bahasa Islandia harafiah yang berarti “dalam”, menceritakan secara dalam, betapa kerasnya usaha Sigur Ros berjuang untuk menghasilkan musik yang mereka inginkan. INNI merupakan album live Sigur Ros yang pertama dan/atau film dokumenter live Sigur Ros yang kedua (menyusul karya sebelumnya pada tahun 2007 berjudul Heima).

sigur-ros-inni

Vincent Morisset merekam konser band tersebut dalam sinematografi hitam-putih bernuansa mimpi yang mencerminkan nada-nada surealis ciri khas Sigur Ros. Profil eksentrik ini merupakan contoh sempurna akan seberapa efektifnya upaya memperlihatkan daripada sekedar menjelaskan. Kesan masing-masing penonton akan berbeda sehingga akhirnya menciptakan pemahaman emosional yang sangat personal. Film konser yang baik harus mampu ‘mengawinkan’ visual dan suara hingga terasa selaras dan harmonis.

Film INNI beberapa kali terpilih untuk pemutaran di berbagai festival film dunia. Di antaranya adalah Official Selection at Reykjavik International Film Festival (RIFF) 2011, Official Selection at Venice Film Festival 2012, dan Official Selection at Titanic Filmfestizal 2012.

Bagi Anak Trax yang ingin turut ‘masuk’ ke ‘dalam’ musik Sigur Ros, bisa menikmati karya dokumenter “INNI” dalam agenda rangkaian pemutaran Festival Film Eropa: Europe On Screen 2013, pada hari Minggu 12 Mei 2013 di GoetheHaus, Menteng, Jakarta.

Apabila Anak Trax tertarik menonton penampilan mereka secara langsung pada tanggal 10 Mei 2013 di Istora Senayan, Jakarta. Anak Trax bisa mendapatkan tiket konser mereka di https://www.sigur-ros.co.uk/tour/2013/20130510-jakarta/ 

Atau bahkan kalau Anak Trax hanya sekedar ingin menikmati Sigur Ros secara audio untuk memanjakan telinga, lo hanya perlu merikues saja via @traxfmjkt 101,4 TRAX FM. Trax Troopers akan dengan senang hati memutarkannya.

*Bonus untuk Anak Trax yang ingin mengunduh dua lagu dari film dokumenter konser “INNI” dalam format MP3 silahkan klik > http://www.sigur-ros.co.uk/band/disco/inni/

-Nastasha Abigail.