Indonesia menjadi negara selanjutnya yang dikunjungi kapal Fujimaru.

Anak Trax, hari Jumat, 30 November 2012 lalu Tim Skuldesak yang terdiri dari Produser Hanum dan dua Trax Ambassador, yaitu Cindy dari SMA Santa Ursula Jakarta dan Dhanan dari SMA Al-Izhar Pondok Labu melakukan Ekspedisi Trax Ambassador nih. Mereka berkesempatan mengunjungi kapal Fujimaru yang berisi 330 pemuda dari ASEAN dan Jepang yang sedang mengikuti Program Pertukaran Budaya “Ship For Southeast Asian Youth Program” atau disingkat sebagai SSEAYP.

Rangkaian programnya sendiri adalah perjalanan 52 hari menggunakan kapal yang keren banget bernama Fujimaru dari Jepang. Diawali dengan pendaftaran melalui suku dinas pemuda daerah di masing-masing negara, lalu tersaringlah 20 pemuda-pemudi yang akan melakukan kunjungan ke beberapa negara ASEAN dan Jepang. Mereka semua sudah bertemu para kepala negara yang dikunjungi, mempelajari budaya negara-negara tersebut, berinteraksi dengan pemuda setempat, dan tinggal bersama keluarga angkat.

TraxFM news SSEAYP1

Setibanya di salah satu negara tujuan program mereka, Indonesia, kapal Fujimaru merapat di Pelabuhan Tanjung Priuk, Jakarta Utara. Disini mereka sudah menghabiskan 3 hari menjalani program budaya seperti kunjungan ke museum-museum, mendalami kebudayaan Jakarta, dan tinggal bersama orang tua angkat tentunya.

Tim Skuldesak berhasil mewawancarai perwakilan dari Indonesia bernama Ferry, dari Thailand bernama Boom, dan dari Jepang bernama Yuta. Kedatangan Boom ke Indonesia ini sendiri ternyata pertama kalinya lho. Menurut dia makanan di Indonesia itu spicy, tapi dia suka soto mie dan sate ayam. Sayang, dia kecewa dengan keadaan macetnya yang parah banget. Sedangkan Yuta, sebagai fasilitator acara ini, ternyata udah pernah dateng ke Indonesia sebelumnya. Menurut dia, Indonesia, terutama Jakarta, nggak beda jauh kok dengan Jepang. Baginya, dibandingkan kedatangannya yang pertama ke Jakarta, saat ini dia menyadari pembangunan di Jakarta itu amazing.

TraxFM news SSEAYP2

Gimana Anak Trax? Seru kan? Selain kita bisa kenal sama teman baru dari berbagai negara, banyak banget pelajaran yang bisa diambil dari program ini seperti kamandirian, kedisiplinan, dan belajar menghargai perbedaan. Lo juga punya kesempatan untuk ikut serta kok, tinggal kunjungin aja website-nya untuk informasi lebih lanjut.