The WAR IS ON! Sony Beats Microsoft at E3

PS 4 VS XBOX One

Pameran E3 2013 akhirnya seleasai anak trax yang diadain di Los Angeles, dengan berbagai macam game baru yang akan keluar di sisa bulan tahun 2013 ini. Sebut saja Metal Gear solid 5 : The Phantom Pain,  GTA V,  FIFA 14, PES 2014, HALO 4,  Forza Motorsport 5, Assassin’s Creed IV, Gran Turismo 4, Drive Club, The Last Of Us, Beyond : Two Souls, The Legend Of Zelda : Wind waker, Final fantasy XV, Kingdom Hearts 3, dan masih banyak lagi.

xbox

Dengan banyaknya game baru yang keluar berarti dirilis juga console next gen, seperti Anak Trax tahu, Februari dan Maret lalu, Sony dan Microsoft sama sama membuat press conference dan memperlihatkan project mereka untuk tahun ini. Microsoft dengan bangga mengeluarkan semua info tentang next gen console mereka yaitu Xbox One, dan dikasih tahu juga kelebihan-kelebihan yang dimiliki Xbox one itu sendiri.

Sedangkan Sony yang lebih dahulu melakukan press conference hanya mengeluarkan sedikit info dari next gen console mereka yaitu PS 4. Sony hanya memberi tahu soal Dual Shock 4 mereka yaitu controller mereka untuk PS4 yang tidak jauh beda dengan Dual Shock 3 untuk PS3, yang berbeda dari Dual Shock 4 ini adalah adanya touch pad, share button dan tombol opsi di controller-nya, juga ada jack untuk headphone di controller itu sendiri. Dan juga dirilisnya beberapa game yang ada di PS4 tanpa adanya sesuatu yang sangat “wah” dibandingkan dengan press conference-nya Microsoft yang sangat luar biasa.

Dengan adanya E3 minggu lalu di Los Angeles, Sony dan Microsoft sangat berniat untuk unjuk gigi di E3. Buat Anak Trax yang tidak tau E3 itu apa, E3 adalah Electronic Entertainment Expo, yang setiap tahun diadakan di The Lost Angeles Convention Center dan sudah di adakan sejak 1995. Di ajang inilah Sony, Microsoft, Sony, Sega, Atari, Panasonic pernah memperkenalkan console buatan mereka. 

Pada gelaran E3 tahun ini, banyak sekali terjadi kejutan yang diluar dugaan bisa membuat orang kaget. Banyak yang mengira kalau Microsoft dengan Xbox One akan melibas habis Sony dengan PS4 nya, tapi ternyata kenyataannya berbanding terbalik.

Microsoft Press Conference

 

Microsoft yang mendapatkan jadwal lebih dulu di bagian Press Conferencenya, di awal mereka merilis Xbox 360 dengan design baru, dan mereka juga sangat yakin dengan deretan line up judul game yang luar biasa hits yang dipresentasikan seperti : 

Metal Gear Solid V : The Phantom Pain

Halo for Xbox One 

 Dead Rising 

 Forza Motorsport 5 

Dan masih banyak lagi judul judul yang sangat luar biasa saat Press Conference Microsoft, tapi headline dari setiap orang yang hadir di press con itu bukanlah hebatnya Microsoft yang meyakinkan para developer game untuk merelease game mereka untuk Xbox One, melainkan yang jadi talk of the town saat itu adalah HARGA DARI XBOX ONE juga dari kebebasan para gamer untuk memakai game milik mereka yang mungkin akan dipinjamkan ke temannya, dan yang paling menjadi pertanyaan adalah, kenapa harus selalu online untuk Xbox one? Kenapa harus ada online check-in di setiap game? Maybe Microsoft would answer that question later ya.. But here’s the clip from Microsoft Press Conference,

Dan pada saat pengumuman harga dari Xbox ONE, hanya sedikit orang orang yang hadir di press con itu yang tepuk tangan. Berbanding terbalik saat Sony merilis harga dari PS 4. (Akan dibahas setelah ini ya) Xbox One di rilis dengan harga $499 ya kalau dirupiahin sekitar 5 juta kali. Satu hal yang menarik dari Press Conference Microsoft kali ini adalah dengan dimaksimalkannya fitur Kinect, karena inilah kelebihan dari Xbox yang tidak dimiliki oleh Playstation, sudah pernah nonton Paranormal Activity 4? Disana mereka memakai kecanggihan dari Xbox untuk mendetek sensor yang bergerak dalam mendeteksi hantu yang ada di film tersebut. So dengan kecanggihan dari Xbox One dan Kinect, bukan tidak mungkin kita yang akan menggerakan karakter yang ada di game dengan tidak menggunakan controller yang ada. Dan untuk kinect sendiri Xbox sudah menyiapkan judul game terbaru mereka yaitu Kinect Sports Rivals

Press Conference yang berjalan selama 2 jam ini, akhirnya menimbulkan banyak pertanyaan bagi para gamers diseluruh dunia, what whill SONY do with this Microsoft awesome presentation?

 

SONY Press Conference

 

Mungkin inilah press conference yang paling dinanti nanti oleh para gamer diseluruh dunia. Sebuah press con yang akan membuktikan apakah SONY sudah benar benar habis oleh kehebatan Microsoft? Sebagian orang mengira kalau PS4 bukanlah benar benar tandingan XBOX ONE, dikarenakan kesuksesan dari Xbox 360 yang menjadi console terlaris diseluruh dunia,dan PS3 ada di bawah Nintento Wii. Pada press conference kali ini, Sony benar benar mengutamakan slogan mereka yaitu “ LONG LIVE GAMER” karena PS4 di buat berdasarkan kemauan pada gamer, dari dan untuk gamer. Sama seperti Microsoft yang merilis beberapa game untuk Xbox Onenya, PS4 juga merilis beberapa game HITS! Yang akan ada di PS4, seperti :

 

Final Fantasy XV 

 Watch Dog 

 Beyond: two souls 

 Assassin’s Creed IV 

 Gran Turismo 6 

 Infamous : Second Son 

 Destiny 

 Kindom Hearts III 

Dan masih banyak game yang di presentasikan seperti  BATMAN : ARKHAM ORIGIN, Drive club, Killzone:Shadow Fall, The Order: 1886, Mad Max, and may games coming this year for PS3 and PS4.

Juga dengan tidak digunakannya system Online check in untuk para penggunanya, sony benar benar mengutamakan kenikmatan bermain dari Blue Ray disc based Game. Dimana system ini adalah yang di gunakan pada console console terdahulunya. Saat President and CEO of Sony Computer Entertainment of America Jack Tretton merilis kalau PS4 tidak melarang usernya untuk memakai “Used games” orang orang yang hadir di ruangan press con serentak tepuk tangan langsung, and here is the clip :

 

Dan inilah cara kita untuk share game di PS4

Itu adalah sebuah video yang dibuat oleh SONY yang menampilkan 2 petinggi SONY COMPUTER ENTERTAINMENT. Video yang sebenarnya seperti menyinggung Microsoft atas keputusannya dalam menggunakan sistem Online di Xbox One. 

Setelah mempresentasikan semuanya, saatnya untuk SONY merilis harga dari PS4. Sebelum dirilis, banyak yang mengira kalau PS4 akan keluar dengan harga yang mahal seperti $500- $600, tapi ternyata prediksi orang itu semuanya salah. Sony merilis PS4 dengan harga yang sangat murah untuk ukuran Next Gen Console, hanya $399 lebih murah $100 dibandingkan dengan Xbox One, sebuah cara yang luar biasa untuk mengcounter pergerakan Radikal Microsoft di Console sebelumnya yaitu xbox 360. Serentak setelah memberi tahu harga dari PS4, gamers yang ada di ruang press con lagi-lagi tepuk tangan. Mau tau gimana serunya press conference dari SONY di E3 2013? Ini dia highlights dari press conference Sony.

traxfm games xbox 

Ngerti? Gak terlalu paham juga kalau disuruh jelasin sih, tapi dengan dirilisnya Xbox One dan PS4, maka dimulai juga usaha kita untuk menabung sampai dua console itu masuk ke Jakarta. Apapun pilihan dalam membeli Next Gen Console itu terserah Anak Trax, until we meet again Be Cool,Be Good, and Be Better, See ya!

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *