trax Titanic

Bulan Penuh Cinta, Jangan Biarkan Kapalmu Karam

10 alternatif film cinta yang membuat hati berdebar-debar gemas

Cinta, bukan kata yang picisan kalau tepat secara penggunaan. Film-film bertemakan cinta juga tidak selalu manis, karena tidak bisa dipungkiri cinta kadang-kadang pahit, atau bahkan bisa jadi biasa saja, seperti kata Efek Rumah Kaca. Tapi bagi remaja-remaja seperti kita ini, cinta adalah sebuah perkara. Ketika daya tarik yang kuat antara manusia mempengaruhi hati membuat jadi bergejolak. Seru.

Apakah itu tergolong cintaphilia, etos, agape, atau bahkan mencintai diri sendiri atau narsisisme, alangkah baiknya di bulan yang notabene penuh cinta ini kita saling berbagi.

Berikut gue ingin berbagi sepuluh film cinta yang mungkin bisa ditonton bersama keluarga, teman-teman dekat, gebetan, pacar, mantan, selingkuhan, atau diri sendiri bagi yang ‘forever alone’. Selamat membaca, lalu menonton!

 1. Wall E (2008)

Sutradara: Andrew Stanton

Penulis: Andrew Stanton

Pemain: Ben Burtt, Elissa Knight, JeffGarlin 

Kisah cinta robot yang lebih manusiawi dibandingkan manusia modern yang hidupnya malah kini semakin seperti robot.

2. Eternal Sunshine Of The Spotless Mind (2004)

Sutradara: Michel Gondry

Penulis: Charlie Kaufman, Michel Gondry

Pemain: Jim Carrey, Kate Winslet, Tom Wilkinson 

Jodoh memang tidak kemana. Bagi Anak Trax yang masih terjebak nostalgia, atau belum bisa move-on, jangan-jangan memang harus bertanya-tanya dalam hatinya. Apakah move-on memang dibutuhkan? Karena lupa itu tidak bisa dipaksakan.

3. Punch-Drunk Love (2002)

Sutradara: Paul Thomas Anderson

Penulis: Paul Thomas Anderson

Pemain: Adam Sandler, Emily Watson, Philip Seymour Hoffman 

Atau kalau diterjemahkan secara harafiah menjadi ‘Pukulan Mabuk Cinta’ yang bisa menjadi semacam jurus andalan untuk mencintai. Adegan-adegan arahan P.T Anderson dan alunan ‘scoring’ Jon Brion di film ini benar-benar kontras tapi manis seperti percintaan ideal pasangan pada umumnya.

4. Before Sunrise (1995), Before Sunset (2004)

Sutradara: Richard Linklater

Penulis: Richard Linklater,Julie Delpy

Pemain: Ethan Hawke, Julie Delpy, Vernon Dobtcheff 

Dua film yang sebetulnya cukup pantas disandingkan dalam urutan yang sama. Komunikasi adalah elemen penting dalam suatu hubungan. Dibuktikan dengan kedua film ini yang mayoritas berisi percakapan. Rencananya sekuel berikutnya akan dirilis tahun ini dengan judul: Before Midnight (2013). Mari kita nantikan bersama sebelum tiba tengah malam.

5. Under The Hawthorn Tree (2010)

Sutradara: Yimou Zhang

Penulis: Ai Mi (novel), Lichuan Yin (screenplay)

Pemain: Dongyu Zhou, Shawn Dou, Meijuan Xi 

Kisah nyata selalu punya esensi lebih. Terutama urusan cinta, ketika kita bisa belajar dari pengalamannya. Ini adalah film cinta terlarang arahan sutradara Zhang Yimou, berlatar era pemerintahan politik Mao Zedong. Peringatan: Film ini serius dan sedih.

6. Brokeback Mountain (2005)

Sutradara: Ang Lee

Penulis: Annie Proulx (short story), Larry McMurtry (screenplay)

Pemain: Jake Gyllenhaal, Heath Ledger, Michelle Williams

Perasaan itu tidak pernah salah. Perasaan itu tidak bisa dipaksakan. Perasaan itu tidak pantas dihakimi. Film ini juga merupakan kenangan terhadap almarhum Heath Ledger, karena dunia film mencintainya atas karyanya.

7. Edward Scissorshands (1990)

Sutradara: Tim Burton

Penulis: Tim Burton, Caroline Thompson

Pemain: Johnny Depp, Winona Ryder, Dianne Wiest 

Bukan seperti film cinta pada umumnya, namun film ini merepresentasikan keinginan setiap manusia, yaitu ingin dicintai. Kebutuhan akan cinta dan bagaimana perjuangan untuk mendapatkannya.

8. Love Actually (2003)

Sutradara: Richard Curtis

Penulis: Richard Curtis

Pemain: Hugh Grant, Martine McCutcheon, Liam Neeson 

Dari judulnya saja udah ada kata ‘love-love’-nya. Film ini memang adalah film cinta yang bisa menjadi favorit banyak orang. Beragam kisah cinta dalam satu film panjang membuat film ini menarik ditonton dan tidak membosankan.

9. Atonement (2007)

Sutradara: Joe Wright

Penulis: Ian McEwan (novel), Christopher Hampton (screenplay)

Pemain: Keira Knightley, James McAvoy, Brenda Blethyn 

Tidak selalu kisah cinta harus bahagia. Tidak bisa dipungkiri, garis antara cinta dan dengki itu terlalu tipis. Tapi bagaimanapun juga, cinta yang kuat akan mengalahkan segala cara. Walaupun bisa saja bertindak apatis ala kera sakti: “Walau halangan, rintangan, semakin panjang membentang, tak jadi masalah dan takkan jadi beban pikiran.” Tapi namanya beban, apalagi urusan cinta, pasti kepikiran.

10. King Kong (1933)

Sutradara: Ernest B. Schoedsack ,Merian C. Cooper

Penulis: James AshmoreCreelman, Ruth Rose

Stars: Fay Wray, Robert Armstrong, Bruce Cabot 

Film ini perwakilan perasaan cinta yang kuat tidak harus terjalin antar sesama manusia. Kali saja jodoh lo King Kong AnakTrax?

 

Semoga kesepuluh film tersebut memotivasi kita semua untuk sadar, kalau kita tidak sendiri di dunia ini. Kita pasti dicintai. Sekali lagi, Selamat hari saling mencintai satu sama lain sedunia, Anak Trax!

-Nastasha Abigail.

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *