TraxFM news KsCornerWamil

K’s Corner: Wajib Militer Di Korea

Banyak artis Kor-Sel berusaha mencurangi kegiatan wajib militer

Kasus pelanggaran disiplin wajib militer yang dilakukan oleh aktor sekaligus penyanyi, Rain, memang sedang jadi isu hangat di Korea. Rain dituduh melakukan kegiatan pribadi di luar dinas wajib militer dan terbukti tidak memakai topi militer selama berada di luar lokasi wajib militer. 

Menanggapi isu ini, Trax Trooper Sitta dalam program K’s Corner sempet menjelaskan kepada Anak Trax soal kegiatan wajib militer ini di Korea. Sebenernya wajib militer di Korea Selatan ini punya durasi yang paling panjang di dunia. Hal ini dikarenakan hubungan antara Korea Utara dan Korea Selatan yang masih buruk, bisa dibilang untuk anitisipasi perang yang mungkin terjadi antara kedua belah pihak.

Kewajiban mengikuti kegiatan militer ini pun memungkinkan nggak diikuti semua orang, Anak Trax. Setiap yang mendaftar akan mengikuti berbagai macam tes, misalnya tes kesehatan. Kalau gagal dengan tes ini, seseorang boleh nggak mengikuti wajib militer. Dari tes ini juga biasanya akan ditentukan seseorang masuk ke kategori militer apa. Ada 4 kategori, kategori 1-3 bisa dibilang jenis kegiatan militer yang aktif, sedangkan kategori keempat sifatnya pelayanan sipil.

TraxFM news KsCornerWamil2

Sedangkan bagi para artis sendiri, mengikuti wajib militer ini adalah hal yang paling mereka takutkan, karena selain mereka akan terpaksa harus melakukan kegiatan berat, mereka harus melepaskan kepopuleran mereka. Bisa dibayangkan kalau ini dialami oleh mereka yang sedang berada di puncak kepopuleran mereka. Karena ada beberapa contoh nyata artis yang setelah keluar dari wamil justru makin merosot namanya.

Whatever the reason is, sebagai warga resmi negara Korea Selatan, wajib militer, sesuai sebutannya, adalah keharusan. Jangan lupa juga buat dengerin terus K’s Corner buat tau berita-berita terbaru tentang budaya Korea, setiap hari Sabtu jam 2-4 sore bareng Trax Trooper Sitta.

Sumber Gambar: allkpop

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *