Bermain ponsel sebelum tidur memang selalu menjadi ritual yang menyenangkan untuk Anda lakukan. Ngobrol dengan pasangan, mencari informasi, melihat video, atau bermain game menjadi kegiatan yang hampir dipastikan semua orang yang memiliki ponsel.

Namun ternyata tidak selamanya hal yang menyenangkan selalu baik untuk kesehatan. Termasuk ketika Anda bermain ponsel sebelum tidur, kondisi kamar yang gelap ternyata memiliki risiko bagi kesehatan Anda. Apa saja risikonya? Silakan simak.

Otak Lelah

Tidur merupakan kesempatan otak untuk istirahat setelah seharian Anda gunakan untuk bekerja. Namun jika Anda masih bermain ponsel sebelum tidur, waktu istirahat untuk otak tentu akan semakin berkurang. Apalagi besok Anda masih harus bekerja, percayalah Anda akan merasa lelah ketika berpikir.

Kerusakan Mata

Sama halnya dengan otak, mata juga berpotensi besar mengalami kerusakaan saat Anda bermain ponsel sebelum tidur.

Apalagi saat kondisi kamar sudah gelap, kekurangan cahaya hanya akan membuat mata Anda bekerja lebih berat karena harus menyesuaikan dengan kondisi cahaya ponsel. Cahaya biru yang berasal dari ponsel akan membuat retina mata Anda tegang.

Obesitas

Sibuk bermain ponsel dan tidur larut malam secara tidak langsung memicu rasa lapar dan keinginan untuk makan meningkat.

Hal ini bisa membuat Anda obesitas jika terus terjadi setiap malam. Makan camilan lalu tidur? Kombinasi sempurna menuju obesitas.

Gangguan Saraf

Kurang tidur karena bermain ponsel ternyata juga membuat neurotoxin meningkat. Akibatnya saraf-saraf dalam tubuh akan terganggu dan akan memberikan efek tidak enak pada tubuh Anda.

Depresi

Anda mungkin tidak menyangkan bermain ponsel sebelum tidur bisa mengakibatkan depresi. Tentu saja semua bisa terjadi karena ketika Anda kekurangan tidur karena melakukannya akan memicu gangguan pada hormon melatonin.

Hormon melatonin adalah hormon yang memengaruhi mood Anda. Saat hormon ini terganggu, tentu saja Anda kian dekat dengan depresi.

Source: Maxim Indonesia