Site icon TRAX

TRAXPEDIA : Membunyikan Sendi Yang Pegal Itu Gak Baik

TRAXPEDIA-Cara-Mengobati-Pegal-Linu

TRAXPEDIA-Cara-Mengobati-Pegal-Linu

TRAXPEDIA kali ini membahas tentang kebiasaan membunyikan anggota tubuh sampai “kretek-kretek” yang ternyata bahaya lho Anak Trax!

Biasanya apa yang Anak Trax lakukan kalau sendi-sendi lagi pegal? Pasti kebanyakan akan jawab, coba membunyikannya supaya gak pegal lagi. Leher, jari sampe pinggang adalah bagian tubuh yang sering dibunyikan (sampai berbunyi ‘kretek-kretek’). Tapi Anak Trax tahu gak ternyata TRAXPEDIA, kegiatan ini bisa meningkatkan resiko stroke! Terutama Tulang Sendi Pinggang. Waduh? Kok bisa???

Menurut salah satu sumber TRAXPEDIA di kaskus, ada yang meniliti hal ini yaitu Brian Cassaza, M.D, dari Universitas California, Amerika. katanya, bila salah urat syaraf terjepit di antara tulang ekor leher, maka efeknya bisa bemacam-macam, tergantung dari jaringan saraf itu menuju ke mana. Tapi, pada umumnya, akan mengakibatkan organ tubuh seperti kaki dan tangan sulit dikomando oleh otak.

Orang yang mengalami hal tersebut, biasanya berjalan seperti robot, karena, otak gagal memberi instruksi kepada organ-organ tubuh untuk melakukan apa yang diinginkan.

TRAXPEDIA – Jari Pegal

Sama halnya dengan membunyikan tulang leher, gerakan membunyikan buku-buku atau sendi di jari juga merupakan kebiasaan yang salah karena menyalahi aturan persendian normalnya dan dapat menghancurkan tulang-tulang rawan di dalamnya. Jika kebiasaan ini dilakukan terus menerus maka dapat menimbulkan penyakit sendi yang kronis di kemudian hari.

Para ilmuwan biomedis juga sudah mempelajari apa yang sebenarnya terjadi ketika manusia menekuk tulang sendi jari dengan menggunakan mikrofon yang sensitif. Di dalam ruang sendi antara tulang-tulang terdapat cairan dan ikatan sendi (ligamen) di setiap sisi ruang sendi yang menyatukan tulang.

Nah, pas Anak Trax menarik jari, hal ini membuat ruang sendi semakin besar. Akibatnya, tekanan dalam ruang sendi makin menurun. Ketika tekanan menurun, muncul gelembung (paling sering karbon dioksida), hanya dalam satu per ribuan detik. Gas inilah yang menimbulkan bunyi letupan yang merupakan suara pertama.

TRAXPEDIA – tulang

Gelembung itu mengisi 15% ruang sendi yang sekarang menjadi lebih besar. Karena ruang sendi mendadak diisi oleh gelembung, cairannya tiba-tiba mendorong ikatan sendi dan mendorongnya ke posisi semula. Pada saat ligamen “didorong kembali” muncul lagi bunyi kedua.

Energi yang hilang dalam sendi sangat rendah, hanya sekitar 7% dari yang diperlukan untuk merusak tulang. Tetapi, bila terlalu sering melakukannya, bisa dihitung sendiri dan hasilnya tentu sangat berbahaya.

Sebuah penelitian melibatkan 300 orang yang telah membunyikan buku jarinya selama 35 tahun. Memang, hasilnya tidak ada kasus artritis pada tangan mereka. Namun, efek lainnya adalah mereka memiliki sendi yang membesar, tangan mereka menjadi lebih lemah, berkurang seperempat dari kekuatan tangan yang seharusanya.

 

Jadi, apa yang harus dilakukan kalau lagi pegal-pegal?

Alternatif yang patut dicoba buat menghilangkan pegal tanpa membunyikan tulang dan persendian antara lain:

1. Coba untuk mandi dengan air hangat. Kalo Anak Trax punya shower, coba arahkan bagian yang pegal dengan tekanan shower tersebut.

2. Kalau Anak Trax lagi malas mandi, gunakan lap yang sudah dibasahi dengan air hangat. Saat lapnya sudah mulai dingin, hangatkan lagi. Jangan sampai dalam keadaan dingin ya.

3. Menurut Dr. Cassaza, cara lain untuk menyembuhkan leher yang pegal adalah dengan bersandar di tembok. Tempelkan bahu di leher, lemaskan bahu dan sandarkan ke belakang, lalu tekan punggung bagian bawah ke tembok.

4. Gerakan leher perlahan, 4 atau 5 kali. Putarlah kepala ke kanan atau kekiri dengan perlahan dan hati2.

5. Jika menggunakan AC saat tidur, pastikan suhu yg dikeluarkan tidak dalam keadaan serendah mungkin. Sebab jika terlalu dingin, otomatis Anak Trax akan menarik selimut, dan posisi tidurpun merengkuk. Hal ini akan membuat leher kembali pegal esok harinya.

6. Jika nonton menonton tv, kerjain tugas dengan komputer, terutama nulis selama berjam-jam , atau membaca buku sambil tiduran, pastikan kepala tidak menekuk ke depan, kebelakang atau kesamping. Posisi kepala tetap lurus.

Mudah-mudahan bisa membantu ya Anak Trax 🙂

Sumber: kaskus.co.id

Ayo VOTE MORNINGZONE di Yahoo OMG Award setiap hari!! >> http://id.omg.yahoo.com/omg-awards/favorite-radio-show/

Exit mobile version