Site icon TRAX

Lady Gaga: “You Were Born This Way, Indonesia!”

Gaga

Termasuk yang kecewa dengan batalnya konser Lady Gaga di Jakarta? Emang udah seharusnya sih, apalagi kalau Anak Trax adalah Little Monster sejati. Dan mungkin tulisan tentang konser Lady Gaga di Singapore ini bakal semakin bikin lo kecewa karena udah ngelewatin show kelas dunia papan atas saat ini.

Singapore termasuk salah satu negara yang disuguhi sebanyak 3 kali pertunjukan Lady Gaga. Dimulai dari tanggal 28, 29, dan 31 Mei, Singapore Indoor Stadium dipadetin sama para fans yang nggak cuma anak muda aja, tapi juga orang dewasa yang mungkin seumur Om dan Tante kalian hadir disana. Sedikit gambaran aja, Singapore Indoor Stadium ini kurang lebih sebesar Istora Senayan. Jadi bisa dibayangin sendiri suasananya dengan panggung di set 3/4 dan terisi penuh dari mulai area festival sampai tribun. Walaupun konsernya baru dimulai satu jam dari waktu yang dijadwalkan, tapi beneran nggak kerasa karena AC ruangan yang tetep terasa dingin dan penontonnya yang teratur banget. Hmm, beda banget lah pokoknya sama ketika nungguin konser-konser ngaret di Jakarta.

Tepat jam 20.30 lampu dimatiin, semua penonton teriak, dan begitu lampu nyala, udah keliatan satu set stage berbentuk sebuah castle/istana. Lagu pertama langsung dimulai, diawalin dengan dancer dan nggak lama Lady Gaga keluar naik kuda! Seterusnya penonton dibikin bengong dengan teatrikal luar biasa yang Gaga tampilin.

Di beberapa lagu kerasa banget nuansa “Pecah” yang dirasain penonton. Pertama pas intro lagu “Born This Way”, lagu hits pertama yang dia bawain diantara lagu-lagu sebelumnya yang mungkin cuma Little Monster aja yang tau judul-judulnya.

Satu setingan yang lagi-lagi bikin bengong adalah setelah ending lagu Bad Romance, dimana Lady Gaga dan para dancer mengambil pose “freeze”. Setelah sekitar satu menit kemudian, baru dia mulai bicara dan mengucap beberapa line berikut:

“I’m not an alien…

I’m not a man…

I’m not woman…

I’m not a human…

I’m LADY GAGA!! (sambil teriak dan kemudian diikutin teriakan penonton*)

I’m you…

I’m your hopes…

I’m your dreams…

I’m your insecurity…

Your potential…

Your gratitude…

I’m everything you love about yourself…

I’m YOU…”

Sambil selanjutnya disambung dengan intro lagu Judas.

Gak cuma pengaturan playlist bisa bikin orang bengong, kaget, jejingkrakan, atau kagum, dia juga bisa banget bangun kedekatan sendiri pas berinteraksi sama fans-nya. Dua orang fans-nya sepertinya sukses dia bikin nangis terharu, yang pertama di saat Lady Gaga merhatiin penonton dari screen gede di samping panggung, dia tertarik sama seorang fans cewe remaja di barisan depan yang kebetulan ketangkep kamera, terus dia sempetin buat jalan ke pinggir panggung dan nyari cewe itu buat dia sapa langsung. Satu lagi pas mungkin kebetulan juga Lady Gaga liat ada fans yang lagi ulang tahun, fans-nya itu bawa poster yang tulisannya “It’s my birthday, Gaga“, langsung dia sempetin saat itu juga secara spontan nyanyiin lagu ‘Happy Birthday’.

Satu lagi interaksi yang pastinya paling seru buat penonton Indonesia disana adalah pas Gaga ngeliat ada satu fans yang mungkin emang dari Indobesia bawa poster yang tulisannya “love from Indonesia”. Dari situ dia sedikit bahas tentang Indonesia. Dia kasih pendapat yang kurang lebih isinya nyatain kalau semua orang itu berhak punya hak yang sama dalam semua hal, termasuk buat bersenang-senang. Saat itu juga dia minta semua yang ada di Singapore Indoor Stadium buat bilang “YOU WERE BORN THIS WAY, INDONESIA!”. Sampai beberapa kali kalimat itu dia dan semua orang teriakin disana sambil disambut applause yang panjang, dia minta juga buat semua penonton dari Indonesia yang hadir disana buat nyampain salam ke Little Monster Indonesia. Seru!

Kalau soal baju, hampir di setiap ganti lagu Lady Gaga pasti ganti baju. Mulai dari baju yang elegan, baju perang dengan topeng besi, sampai “baju daging”-nya pun dia pakai juga disana. Konser pun diakhiri dengan “The Edge of Glory” dan “Marry The Night” sebagai encore. Nggak terasa 2 jam konser berjalan. Bahkan sampai akhir pertunjukkan, Lady Gaga nggak lupa untuk menyampaikan pesan positif buat para fans disana, tentang mengejar impian dan jangan sampai ada orang lain yang bisa menghalangi kita ngeraih impian itu. The Born This Way Ball Tour Concert ini memang sayang sekali kita lewatkan, Anak Trax, apalagi untuk para Little Monsters. Karena selain lagu-lagu atau pesan positif dari Lady Gaga, konsep konsernya yang teatrikal dan spektakuler jelas akan menjadi satu momen yang nggak akan pernah kita lupakan.

Exit mobile version