Kenalan Sama Tari Pendet Bali yang Sukses Memukau Dunia
| | | |

Kenalan Sama Tari Pendet Bali yang Sukses Memukau Dunia

Indonesia memang sudah dikenal denga ragam suku dan budayanya Anak Trax,  jadi enggak heran warisan budaya khususnya tari daerah punya potensi untuk mengharumkan nusantara di kancah internasional.

Baru-baru ini, tari pendet berhasil memukau dunia saat dipilih menjadi tarian sambutan untuk rombongan KTT G20 di Bandara I Gusti Ngurah Rai, salah satunya adalah Presiden Amerika Serikat, Joe Biden. Nah buat elo yang penasaran sama tarian satu ini, yuk kenalan lebih juah dengan Tari Pendet dari Bali!

Kenalan Sama Tari Pendet Bali yang Sukses Memukau Dunia

Tari pendet merupakan tari tradisional Bali yang awalnya dipentaskan dalam upacara keagamaan di Bali. Tari pendet punya makna yaitu sebagai ucapan rasa syukur sekaligus penghormatan masyarakat Bali dalam menyambut para dewata yang turun dari kayangan.

Tari pendet juga dikenal sebagai tari bhatara atau bhatari, utusan Brahman sebagai pelindung umat manusia dalam tradisi Hindu. Biasanya Tari satu ini dipentaskan di halaman pura, menghadap tempat Bhatara dan Bhatari diistanakan, seperti dikutip dari laman Warisan Budaya Kemdikbud.

Kenalan Sama Tari Pendet Bali yang Sukses Memukau Dunia

Di masa kini, tari pendet sering dipentaskan sebagai tarian penyambut tamu. Gerakan khas tari pendet adalah ekspresi penari perempuan berpakaian adat yang tersenyum dengan lirikan mata tajam. Penari tari pendet bawa properti bokor sloko dengan hiasan janur di pinggirnya.

Sementara itu, musik yang mengiringi tari pendet ialah permainan gamelan angklung, gamelang gong, atau gamelan lainnya. Ada juga komposisi tabuhan dalam tari pendet yaitu pengawit berirama lambat, pengentrag irama cepat, pengentrag irama cepat dan keras, dan pengadeg irama pelan.

Selain tari pendet, Balu juga masih punya tarian khas daerah lainnya seperti tari kecak, puspanjali, tari barong, tari legong, dan masih banyak lagi.

Baca Juga: Netflix Siap Hadirkan Game VR Starnger Things

Mimin pengen tau nih, tarian daerah mana paling elo suka Anak Trax?

 

Penulis: Fadia Syah Putranto

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *