| | | |

Dosen di Filipina Paksa Mahasiswa Pakai Topi Anti Nyontek Pas Ujian

Berbagai cara dilakuin oleh pengajar untuk nyegah kecurangan para siswa atau pun mahasiswa buat mencontek saat ujian. Salah satunya ada dosen di Filipina yang meminta Mahasiswa memakai topi anti-nyontek ketika lagi ujian.

Sebuah inovasi dibuat oleh dosen Mary Joy Mandane Ortiz di Bicol University College of Engineering, Filipina. Dosen tersebut memaksa mahasiswanya buat ngegunain topi yang ngebuat mata mereka gak bisa liat jawaban dari orang lain.

Uniknya, topi anti-nyontek ini bakal ngeluarin suara yang sangat bising kalau kepala pemakainya menoleh ke depan dan belakang atau lagi berupaya melihat jawabannya temannya. Topi anti menyontek ini banyak ragamnya seperti helm sepeda motor, kotak telur yang dimodifikasi, dan lain-lain.

Ide sang dosen ini muncul karena  terinspirasi dari para siswa di Thailand pada 2013. Ketika itu para siswa melakukan tes dengan mengenakan penutup telinga, yang cukup efektif untuk mencegah siswanya dalam mencontek.

Topi anti-nyontek ini pun viral karena diunggah ke berbagai media sosial. Banyak sekolah dan kampus di Filipina yang juga membuat topi anti-nyonteknya mereka sendiri.

Baca Juga: Kolaborasi Stereoflow Bareng Pemerintah DKI Hasilkan Mural Bertajuk “Gelora Ragam”

Gak nyangka, Professor Mandane Ortiz bilang jika ide topi anti-nyontek ini membuat mahasiswanya gak menyontek. Selain itu, terjadi peningkatan terhadap hasil ujian karena para mahasiswa belajar lebih keras.

 

Penulis: Rifqi Fadhillah

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *