Mengenal Revenge Bedtime Procrastination dan Cara Mengatasinya
| | |

Mengenal Revenge Bedtime Procrastination dan Cara Mengatasinya

Anak Trax, pernah enggak sih elo mendengar istilah revenge bedtime procrastination yang biasanya digunakan buat orang-orang begadang?

Melansir dari situs web Very Well Mind, fenomena psikologis revenge bedtime procrastination banyak ditemuin sama orag sibuk yang suka bekerja, belajar atau ngelakuin hal yang disuka lebih dari batas wajar. Mereka biasanya enggak nyaman beraktivitas di siang dan sore hari, kemudian bales dendam ngelakuin hal yang disuka di malam hari.

Mengenal Revenge Bedtime Procrastination dan Cara Mengatasinya

Ciri-ciri revenge bedtime procrastination seringkali berawal dari scrolling media sosial sebelum waktu tidur. Durasi yang awalnya hanya 10-15 menit kemudian menjadi berjam-jam karena keasyikan. Hal tersebut yang buat waktu tidur tertunda.

Selain itu, revenge bedtime procrastination sering juga ditandai dengan enggak adanya alasan kuat buat begadang setiap malam. Misalnya, bergadang dilakuin cuma buat nonton film, padahal kegiatan tersebut bisa dilakukan saat weekend. Pederita sering enggak peduli sama konsekuensi negative kurang tidur.

Mengenal Revenge Bedtime Procrastination dan Cara Mengatasinya

Cara paling efektif mengatasi revenge bedtime procrastination adalah dengan menciptakan kebiasaan tidur yang baik dan teratur seperti punya waktu tidur dan bangun tidur yang teratur. Selain itu bisa juga dengan enggak main handphone atau perangkat elektronik lainnya setengah jam sebelum tidur.

Baca Juga: Girls’ Generation Bakal Rilis Album “Forever 1” Bulan Depan

Hal lain untuk mengatasi revenge bedtime procrastination adalah dengan membuat suasana kamar tidur senyaman mungkin. Kamar yang bersih dan rapi bisa membuat elo ebih tenang dan pengen cepet tidur. Sebelum tidur bisa ngelakui relaksasi seperti meditasi atau membaca doa terlebih dahulu.

Anak Trax ada yang tanpa mengalami revenge bedtime procrastination  enggak nih?

 

Penulis: Fadia Syah Putranto

Similar Posts

One Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *