| | | |

Inilah Jurusan Kuliah Para Presiden Indonesia

Tahu enggak sih Anak Trax, kalau orang nomor satu Indonesia yang pernah menjabat jadi Presiden bukan lulusan Ilmu Politik yang identik sama urusan kenegaraan. Lalu apa jurusan yang dipilihnya? Yuk simak jurusan para presiden Indonesia Berikut ini.

Soekarno

Inilah Jurusan Kuliah Para Presiden IndonesiaPresiden pertama sekaligus bapak ploklamator Indonesa, Soekarno ternyata mengambil jurusan kuliah Waterbowkunde atau tata bangunan air lho Anak Trax. Presiden Soekarno dinyatakan lulus pada 25 Mei 1926 dan wisuda pada 3 Juli 1926 di Institut Teknologi Bandung alias ITB.

Soeharto

Inilah Jurusan Kuliah Para Presiden IndonesiaSeperti yang kita ketahui bahwa presiden kedua Indonesia itu adalah lulusan Militer dan pada saat kuliah beliau memilih jadi anggota Koninklijk Netherlands Indisce Leger (KNIL) yang merupakan tantara kerajaan Belanda pada tahun 1942.

Abdurrahman Wahid

Inilah Jurusan Kuliah Para Presiden IndonesiaAbdurrahman Wahid atau yang lebih dikenal dengan sebutan Gus Dur kuliah di Universitas Al Azhar di Kairo MesirĀ  dan memilih jurusan Studi Islam. Pendidikan presiden ketiga itu merupakan hasil beasiswa dari Kementerian Agama lho Anak Trax.

B.J.Habibie

Inilah Jurusan Kuliah Para Presiden IndonesiaPresiden keempat ini memilih jurusan Teknik Mesin di Fakultas Teknik ITB. Lalu B.J. Habibie melanjutkan pendidikannya di Teknik Jurusan Penerbangan dengan memilih spesialisasi Konstruksi terbang di RWTH Aachen, Jerman Barat.

Megawati Soekarnoputri

Inilah Jurusan Kuliah Para Presiden IndonesiaFakultas Pertanian Universitas Padjajaran, Bandung menjadi jurusan yang dipilih oleh presiden kelima sekaligus presiden perempuan pertama di Indonesia. Selanjutnya Ibu Megawati melanjutkan pendidikannya di Universitas Indonesia dengan mengambil jurusan Psikologi.

Susilo Bambang Yudhoyono

Inilah Jurusan Kuliah Para Presiden IndonesiaPresiden keenam yang akrab dipanggil Pak SBY merupakan lulusan militer dan menempuh pendidikannya di Akademi Angakatan Bersenjata RI atau Akabri pada tahun 1973. Kemudian melanjutkan studinya di American Language Course di Texas, Amerika Serikat.

Joko Widodo

Inilah Jurusan Kuliah Para Presiden IndonesiaPresiden ketujuh yang masih menjabat sampai sekarang, Joko Widodo mengambil jurusan Kehutanan, Fakultas Kehutanan, Universitas Gajah Mada (UGM) di Yogyakarta tahun 1965. Presiden Joko Widodo juga lulus pada tahun 1985.

Itu dia jurusan kuliah para presiden Indonesia, ada yang sama kaya elo enggak Anak Trax?

 

Penulis: Fadia Syah Putranto

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *