SuperJunior

“Sexy, Free, and Single” by Super Junior

Album terakhir Super Junior sebelum Lee Teuk memasuki masa wajib militer.

Apa Anak Trax termasuk yang kemakan isu bahwa album “Sexy, Free, and Single” ini akan menjadi album terakhir Super Junior karena Lee Teuk, sang leader, akan segera pergi untuk wajib militer? Think straighly, guys, karena nggak ada pengumuman resmi apapun seputar hal tersebut dari pihak SM Ent. Masa hiatus? Mungkin aja. Tapi nggak mungkin mereka akan berhenti bermusik begitu aja.

Dan sebagai ELF setia pasti kalian akan terus mendukung mereka bukan. Sama seperti kalian pasti menyadari ada pola yang sama yang kembali dihadirkan SM Ent. dalam musik di album ini. Ada pola yang membuat kita merasa nggak terpukau dengan lead single-nya yang berjudul “Sexy, Free, and Single“. Seakan-akan secara keseluruhan musik tersebut predictable. Berbeda dengan ketika kita pertama kali mendengar lagu “Sorry, Sorry“, yang terdengar beda dari lagu-lagu Super Junior di awal karir mereka. Lead single kali ini terdengar seperti SM Ent. ingin mengulang kesuksesan yang sama seperti dalam “Sorry, Sorry“, “Bonamana“, dan “Mr. Simple“, tapi sayangnya semua itu terasa seperti sudah terstandarisasi dan kurang menunjukkan sebuah album yang berani, kurang “Super Junior“. Bahkan single “Sexy, Free, and Single” bisa aja diberikan ke f(x) atau SHINee karena musik mereka yang trance-like cocok dengan single tersebut. 

Anyway, bagi beberapa orang “Sexy, Free, and Single” tentu tetep menjadi lagu yang annoyingly good, yang entah kenapa akan stuck di kepala kita setelah mendengarkan beberapa kali. Dengan urutan vocal yang sama yaitu diawali oleh Siwon, Donghae, lalu KyuHyun sama seperti single-single mereka umumnya, kehadiran vocal Kangin yang khas dan udah lama nggak kita dengar jelas memberikan kesan yang berbeda. Lagu lainnya yang menarik adalah “From U“, dimana lagu ini disebut-sebut sebagai suatu bentuk ucapan terima kasih dari Super Junior kepada para ELF yang sudah setia selama ini. Lagu RnB-ballad ini benar-benar menunjukkan kemampuan vokal Kyuhyun, Ryeowook, dan Yesung dan membuat single ini begitu mencolok dibanding track yang lain. Sedangkan “Now” memiliki gaya pop-rock yang khas yang pernah mereka bawakan dulu, walaupun bukan yang terbaik tapi lagu ini jelas ear-catchy dan menarik untuk didengar. “Gulliver” juga menampilkan musik upbeat yang unik dan “Rockstar” terdengar seperti versi komikal dari LMFAO – “Party Rock Anthem“. 

Walaupun begitu, 5 buah lagu ballad dalam sebuah album berisi 10 track lagu dari sebuah band yang lebih terkenal dengan musik upbeat-nya daripada ballad-nya, album “Sexy, Free, and Single” ini jelas kurang menonjol dibanding album Super Junior sebelumnya. Tapi untuk Anak Trax yang ELF sejati, it’s not bad, worth to complete your collection

SM Entertainment nampaknya mulai menunjukkan pattern musik yang sama sehingga album “Sexy, Free, and Single” ini terasa predictable bahkan saat sebelum dirilis.

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *