cara mengamankan data pada penggunaan Android
|

5 Cara amankan data bagi penggunaan Android

Penggunaan sistem Android semakin marak digunakan banyak orang.

Penggunaanya bukan sekadar untuk berkomunikasi atau media sosial saja, tetapi juga dimanfaatkan beberapa orang untuk kepentingan berbisnis.

Tentunya, Android yang dipakai terdapat data-data pekerjaan yang sangat penting. Ditambah, saat ini pengguna Android semakin banyak, tentunya ada saja pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab yang mengancam Android.

So, pasti ini membuat pengguna dari Android merasa terancam dengan data-data pentingnya.

Eitsss…… Jangan takut Anak Trax. Berikut cara bagaimana mengamankan data di OS Android:

1. Teliti dalam menggunakan aplikasi
Aplikasi yang dipakai harus didapat dari situs yang memang aman, karena virus yang terbawa dari aplikasi itu dapat membuat data-data pada Android hilang.

2. Penggunaan password
Ini merupakan pintu masuk utama yang mudah saat memasangnya, namun kenyataannya fungsinya sangatlah banyak. Jika gerbang utama ini ditutup, maka data pun nggak akan bisa terbuka.

3. Enskripsi ponsel
Jika enskripsi pada ponsel dinyalakan, maka ponsel secara otomatis akan terenkripsi dan data-data pun nggak akan bisa diakses orang lain. Data dapat dibuka harus dengan di deskrips. Adapun cara meng-enskripsi yaitu: Settings>Security>Encrypt Phone

4. Android device manager
Saat ponsel Android hilang, fitur ini dapat berfungsi melacak keberadaan letak ponsel berada. Caranya hanya dengan men-download aplikasi ini lalu mengaktifkannya. Jika ponsel dapat ditemukan, maka datanya pun nggak jadi hilang. Iya kan?

5. Penggunaan Two-factor authentication
Berfungsi sebagai lapis kedua, jika password ponsel dapat dibuka orang lain.

Semoga cara mengamankan data di OS Android dia atas dapat bermanfaat buat lo semua ya, Anak Trax! [teks Celvin – Universitas Bunda Mulia| foto ginva.com]

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *