Site icon TRAX

Viral Gara-Gara Dua Lipa, Ternyata Pastel Tersebar Di Beberapa Negara

Viral Gara-Gara Dua Lipa, Ternyata Pastel Tersebar Di Beberapa Negara

Siapa yang gak tau pastel. Jajanan Indonesia yang satu ini viral di media sosial gara-gara unggahan dari Dua Lipa yang memfoto makanan yang mirip banget sama pastel. Namun begitu, tau gak sih lo bahwa ternyata pastel gak cuma ada di Indonesia, tapi beberapa negara juga punya ‘pastel’ dengan versi yang beda-beda.

Kalau dilihat-lihat sih emang mirip banget dari unggahan Dua Lipa yang tengah nikmatin makanan yang seklias mirip jajanan Indonesia. Bentuknya yang melengkung seperti bulan sabit, serta bagian pinggirannya yang bergelombang membuat banyak netizen Indonesia yakin betul kalau unggahan dari Dua Lipa itu adalah pastel.

Dalam sejarahnya sendiri, pastel dari Indonesia diadaptasi dari empanada yang berasal dari Spanyol dan Portugal. Kalau di Indonesia, pastel biasanya diisi sama wortel, kentang, bihun. Tapi sekarang udah banyak macemnya dari bentukan pastel itu sendiri.

Berikut ini macam-macam varian pastel dari beberapa negara.

Empanada

Kalau misalkan lo jalan-jalan ke kawasan Amerika Latin, Eropa, dan Filipina pasti bakal nemuin makanan yang mirip dengan pastel. Namun, kalau ini namanya Empanada, yang biasanya diisi dengan daging, sayur mayur, serta keju.

Pasteis de carne

Jajanan yang mirip pastel berikutnya adalah Pasteis de carne. Pasteis de carne adalah makanan ringan dari Brazil yang biasanya jadi hidangan pembuka. Pasteis de carne punya isian berupa daging giling yang dimasak bersama aneka bumbu, seperti bawang-bawangan dan paprika.

Masih dari kawasan Brazil. Kali ini sajian pastel mengusung rasa gurih dan lebih padat isi dibandingkan dengan sebelumnya. Kerap kali dijadikan sebagai makanan pembuka, hidangan bernama pasteis de carne ini mempunyai bentuk yang cukup beragam, mulai dari kotak sampai setengah lingkaran.

Berbeda dari rekannya pastel de queijo, khusus untuk pasteis de carne ini terdapat isian berupa daging giling yang dimasak bersama aneka bumbu, seperti bawang-bawangan dan paprika. Selain itu, penggunaan kulit juga lebih sering memakai kulit pastri yang sudah jadi.

Puff Borek

Puff borek atau puff boregi adalah makanan ringan dari Turki. Terbuat dari kulit puff, puff borek diisi oleh keju dan aneka ragam daging, seperti daging sapi cincang atau ayam.

Baca Juga : Cheetos, Lays & Doritos Pamit Bulan Agustus Ini, Puas-Puasin Dari Sekarang!

Kalau ngeliat makanan begini bawaannya jadi laper, Anak Trax. Selain pastel, kira-kira apa lagi ya jajanan Indonesia yang sering lo beli?

 

Penulis : Rifqi Fadhillah

Exit mobile version