Site icon TRAX

United Nations Careers : Ajak Warga Indonesia Untuk Bergabung

un

Working for UN? This is your chance!

 

Anak Trax pernah punya cita-cita untuk kerja di luar negeri? Menjadi salah satu anggota organisasi internasional, atau mewakili Indonesia di PBB? Mungkin ini adalah impian sebagian masyarakat Indonesia, untuk menjadi wakil dari bangsanya sendiri.

Pada tahun 2012, Sekretariat PBB mengundang warga negara dari sejumlah negara tertentu (khususnya yang berasal dari negara anggota PBB) untuk bekerja di Sekretariat PBB tersebut. Pada tahun 2013 ini, warga negara Indonesia sekali lagi diundang dalam program Young Professional Program (YPP).

Berkaitan dengan informasi tersebut, Trax FM ikut menyampaikan informasi ini kepada Anak Trax, agar semakin banyak masyarakat Indonesia pencari kerja yang mengetahui dan semakin banyak yang ikut memanfaatkan kesempatan ini untuk melamar, khususnya para mahasiswa yang baru lulus.  Karena, di dalam seleksi YPP, pelamar tidak diharuskan memiliki pengalaman kerja (padahal kalau melamar dengan jalur biasa, PBB biasanya meminta pengalaman kerja minimal 5 tahun). 

Lowongan kerja yang terbuka pada tahun 2013 ini adalah di bidang: administrasi, keuangan, informasi publik, hukum, dan statistik.  

Persyaratan yang harus dipenuhi pelamar:

Lamaran melalui online tersebut akan diseleksi oleh kantor PBB (seleksi tahap 1). Pelamar yang lolos seleksi ini, harus mengikuti ujian tertulis (seleksi tahap 2).  Ujian tertulis akan diadakan di Jakarta hanya kalau terdapat sekurangnya 15 WNI yang lolos dari tahap seleksi administrasi.  WNI dapat pula memilih mengikuti ujian tertulis di negara lain (dengan biaya sendiri).  Apabila kurang dari 15 orang yang lolos seleksi administrasi, maka peserta yang lolos akan dipersilahkan mengikuti ujian tertulis di negara lain yang terdekat (dengan biaya sendiri).

Anak Trax yang tertarik bisa mendaftar melalui pendaftaran online yang mulai dibuka tanggal 3 Juni 2013 sampai dengan 1 Agustus 2013 untuk lowongan di bidang Administrasi, Keuangan, dan Informasi Publik. Sedangkan untuk lowongan di bidang Hukum dan Statistik, pendaftaran online dibuka mulai tanggal 8 Juli 2013 sampai dengan 5 September 2013.  Ujian tertulis rencananya akan dilaksanakan pada tanggal 3 Desember 2013 serentak di seluruh dunia agar tidak terjadi kebocoran soal ujian.

Sebagai informasi, berdasarkan pengalaman staff dari Kementerian Luar Negeri tahun lalu (2012), melalui lamaran secara online, telah terjaring 407 WNI di seluruh dunia. Dari jumlah tersebut, kurang lebih 100-an orang WNI memilih mengikuti ujian tertulis di Jakarta. Oleh karena itu, Kementerian Luar Negeri bekerja sama dengan PBB, telah mengadakan ujian tertulis di gedung Carakaloka (milik Kementerian Luar Negeri), di Jl. Sisingamangaraja, Jakarta Selatan. Ujian tertulis ini dilakukan serentak di seluruh dunia. Di Jakarta, ujian dilaksanakan mulai jam 5 sore sampai 9 malam.  Peserta yang lolos ujian tertulis, diundang untuk mengikuti proses seleksi selanjutnya (tahap 3) berupa wawancara, yang dilaksanakan di Bangkok. Biaya perjalanan dan akomodasi ditanggung PBB.

Have a passion to work in an international organization, go for it!

Exit mobile version