Site icon TRAX

“The 2nd Law” by MUSE

TraxFM music The2ndLaw

MUSE goes dubstep, rock, funk, and doo-wop

The 2nd Law” adalah album keenam dari band rock asal Inggris, MUSE. Judul dari album ini, “The 2nd Law“, diambil dari Hukum Kedua Termodinamika yang menyatakan bahwa selama tidak ada energi baru yang masuk atau keluar dari suatu sistem termodinamika yang terisolasi, total entropi di dalamnya akan cenderung meningkat seiring bertambahnya waktu, mendekati nilai maksimumnya. Energi yang tertinggal akan jadi tidak berguna sampai pada akhirnya yang tersisa adalah energi terbuang tersebut.

Wah, kalau yang belum pernah menyentuh Fisika pasti berat banget nih buat mengerti maksudnya. Yang jelas MUSE mengadaptasi metafora tersebut ke dalam album “The 2nd Law” ini sebagai suatu usaha untuk membuka ‘sistem’ yang dimaksud dan memompa energi baru melalui genre-genre musik yang nggak terduga mulai dari dubstep ke funk dan doo-wop. Nuansa Queen masih tetep ada, tapi album ini lebih terasa sebagai gabungan dari Prince, Michael Jackson, dan Skrillex secara bersamaan. 

Nggak hanya bentuk ekspresi musik aja yang diangkat dari The 2nd Law of Thermodynamic tersebut, liriknya pun mengambil hukum tersebut. Misalnya dalam track ke-13, “The 2nd Law: Isolated System“, sepenggal lirik yang akan lo dengar adalah “In an isolated system, entropy can only increase.” Hmm, nerd detected. Walaupun begitu, album berisi 13 track ini nggak akan mengecewakan lo, Anak Trax.

Recommended Tracks: “Survival“, “Madness“, “Panic Station“, “Supremacy“.

Exit mobile version