Site icon TRAX

Smartphone Kamu Kebasahan? Tenang!!

traxfm iphone wet

Tips untuk smartphone yang kebasahan


Hal ini pasti pernah terjadi pada setiap orang  : Smartphone yang paling kita cintai kebasahan karena jatuh ke toilet, wastafel, kolam renang ataupun basah karena hujan. Dan kepanikan terjadi disaat smartphone tersebut mati dan tidak bisa menyala kembali. Meniupnya, menggunakan hair-dryer sampai menguburnya ke dalam nasi pun dilakukan. Tapi apakah cara-cara tersebut bisa benar-benar membuat gadget kita kembali normal? Berikut beberapa tips yang diambil dari berbagai sumber yang harus dilakukan jika smartphone-mu basah :

1. Don’t panic and do not SHAKE

Sebagian dari kita mungkin panik dan histeris ketika hal ini terjadi. Tetap tenang dan segera matikan dan jauhkan smartphone-mu dari tempat basah tersebut. Semakin lama terkena air, semakin sulit untuk dibetulkan. Kita juga sering langsung menggoyang-goyangkan smartphone berharap air akan keluar. Ternyata melakukan hal tersebut malah membuat kompenen yang tadinya kering jadi ikutan basah.

2.. Lepas casing dan baterai

Hal ini untuk menghindari smartphone menjadi tambah basah karena casing biasanya bagian yang paling basah. Kita juga harus melepas Baterai untuk smartphone yang menggunakan baterai terpisah, cara ini adalah tindakan paling penting. Secepatnya memutuskan aliran listrik agar tidak terjadi arus pendek atau konsleting

3. No Hairdryer

Hal yang paling sering dilakukan ketika smartphone kita basah adalah menggunakan dengan hairdryer atau lebih parahnya memasukan dalam oven. Ternyata panas yang diciptakan hairdryer bisa merusak komponen-kompenen yang ada di dalam smartphone. Lebih baik kita menggunakan handuk kering dan juga pompa angin hingga smartphone benar-benar kering. Hati-hati disaat mengelap dan menggunakan pompa angin, jangan sampai air masuk ke bagian lebih dalam dan vital.

4. Benamkan Smartphone dalam beras

Untuk beberapa kasus cara ini sangat efektif membuat smartphone kering dan nyala kembali. Kuburlah gadget dalam tumpukan beras yang bersifat menyerap lembab, diamkan selama 1- 2 hari. Tapi cara ini bukan berarti 100% efektif. Sisa-sisa butir beras bisa masuk ke dalam smartphone dan menjadi kotor. Bungkuslah smartphone dengan tissue terlebih dahulu sebelum dikubur dalam beras

5. Alkohol

Cara ini mungkin membuat kita menaikan dahi, bagaimana mungkin smartphone yang sudah basah dibuat semakin basah dengan cairan lain. Hal ini memungkinkan karena alkohol bersifat menghilangkan sisa-sisa kotoran maupun garam yang menempel pada komponen dan juga alkohol akan menguap seluruhnya jadi tidak akan merusak apapun. Alkohol yang digunakan juga bukan alhohol yang biasa terdapat di bar ataupun di club. Alkohol yang digunakan paling tidak kita harus menggunakan yang kadar alkoholnya 95%.

The last but not least, usahakan smartphone dalam keadaan flat dan horzontal, hal ini mencegah sisa-sia air didalam smartphone tidak menyebar ke komponen lain.

Exit mobile version