Site icon TRAX

Selamat Hari Tanpa Tembakau Sedunia, Anak Trax!

Radio Anak Muda_smoking

Don't smoking! | pinterest.com

Hallo Anak Trax! Tau nggak sih kalo hari ini adalah Hari Tanpa Tembakau Sedunia??

Hari Tanpa Tembakau Sedunia ini pertama kali diperkenalkan oleh WHO pada 31 Mei 1989 untuk meningkatkan kesadaran masyarakat supaya mengurangi, bahkan berhenti merokok.

Hayoooo, masih pada ngerokok nggak hari ini?

Setiap tahun, WHO memiliki tema untuk mendukung kampanye anti rokok. Nah, tahun ini, temanya adalah Bersiaplah untuk Kemasan Polos. Di mana, akan dibatasi dan dilarang penggunaan logo, warna, gambar merk, atau informasi promosi pada kemasan, sehingga dalam kemasan hanya terlihat nama merk dan produk dalam font dan warna yang standart. Maksudnya sih, supaya kemasan rokok jadi nggak menarik.

Ini contoh kemasan polos yang sudah diterapkan di Australia | bigpicture.co.uk

Ternyata, hal ini udah diterapkan nih sama Australia sejak 2012. Bahkan, sejumlah negara seperti Irlandia, Inggris, dan Perancis sudah mulai mempertimbangkan untuk mengimplementasikan penggunaan kemasan rokok polos.

Tau nggak sih Anak Trax, Indonesia menjadi negara ketiga dengan jumlah perokok aktif terbanyak setelah Cina dan India, dengan total sebesar 61,4 juta perokok di Indonesia. Di mana 70 persen perokok aktif Indonesia adalah remaja berusia 16-26 tahun.

Maka dari itu, lebih dari 200.000 orang meninggal setiap tahun akibat penyakit yang berhubungan dengan rokok. Ihhh serem kaan! Hayooo, Anak Trax siapa aja yang ngeroko?

Ayo, Anak Trax! Mulai kurangi dan berhenti ngerokok, yaa! Selain uangnya bisa ditabung untuk beli yang lain, kamu juga bisa merawat kesehatan diri sendiri dan orang di sekitar kita. Nggak ada ruginya, kaan Anak Trax?

Selamat Hari Tanpa Tembakau Sedunia, Anak Trax! Kita nonton dulu yuk, video dari WHO di bawah ini!

[teks Sekar Retno Ayu | foto Pinterest & bigpicture.co.uk]

Exit mobile version