Site icon TRAX

Sekarang ke Kebun Raya Bisa Lihat Bunga Rafflesia Arnoldi!

Sekarang ke Kebun Raya Bisa Lihat Bunga Rafflesia Arnoldi!

Anak Trax, pernah enggak sih elo ngeliat bunga Rafflesia Arnoldi secara langsung? Sekarang elo bisa liat bunga tersebut di Kebun Raya Bogor lho!

Untuk pertama kalinya, bunga Rafflesia Arnoldi tumbuh di Kebun Raya. Sebelumnya, Sir Thomas Stamford Raffles, nemuin bunga raksasa berwarna merah dengan diameter 110 cm di Desa Pulo Lebar di Kabupaten Bengkulu Selatan.

Bunga tersebut merupakan Puspa Langka Nasional berdasarkan Keputusan Presiden RI Nomor 4 Tahun 1993. Untuk pertama kalinya, bunga tersebut tumbuh mekar di luar habitat aslinya di eks situ Kebun Raya Bogor .

Setelah 16 tahun berupaya untuk menumbuhkan, muncul beberapa knop bakal bunga yang salah satunya mekar pada 12 September 2022. Bunga raksasa karismatik asal Bengkulu ini masuk dalam daftar tumbuhan dilindungi berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 4 Tahun 1999 dan IUCN


“Ini hari yang cukup istimewa karena ada Rafflesia Arnoldi yang mekar untuk pertama kalinya di Kebun Raya Bogor (KRB),” kata Periset dan Kurator Koleksi Rafflesia Kebun Raya Bogor, Sofi Mursidawati kepada wartawan di lokasi, Rabu (14/9/2022).

Baca Juga: Hore! Base Game The Sims 4 Bisa Didowloand Secara Gratis di PC

Jadi, buat lo yang gabut dan bingung buat ngisi waktu luang di weekend ini, Anak Trax bisa berkunjung ke Kebun Raya Bogor sambil ngeliat bunga Rafflesia Arnoldi. Enggak cuma bisa lihat bunga raksasa, di Kebun Raya juga banyak spot foto bagus, bisa piknik ala anak kekinian dan ada museum bersejarah lho!

 

Penulis: Fadia Syah Putranto

 

Exit mobile version