Site icon TRAX

Pernah Ngalamin Sakit Hati? Nih Fakta yang Terjadi Sama Tubuh Lo Disaat Itu

Pernah Ngalamin Sakit Hati? Nih Fakta yang Terjadi Sama Tubuh Lo Disaat Itu

Hmm, buat Lo yang lagi baca ini pasti udah pernah ngalamin rasanya sakit hati, perih kan?

Rasanya itu biasanya bertahan berhari-hari, berbulan-bulan, bahkan sampai tahunan untuk pulih Anak Trax. Kadang bisa ngeganggu psikis dan fisik Lo bukan? (udah jawab iya aja~).

Dilansir dari halodoc, efek fisiologis dari patah hati bisa berdampak buruk untuk tubuh Lo. Pikiran itu organ yang kuat dan efek patah hati merupakan emosi yang sangat kuat juga. Ini bisa menimbulkan perubahan di tubuh dan pikiran Lo.

Ada studi yang menunjukkan kalau otak Lo sebenernya mencatat rasa sakit emosional dan fisik dari patah hati. Bisa dibilang rasanya itu kayak gini “Gue merasa hati Gue abis dicabut”, “Rasanya kayak disayat”, “Perih rasanya” dan sebagainya.

Cinta itu bisa ngebuat lo “ketagihan” karena ada hormon yang dilepasin otak ketika Lo bener-bener terikat sama seorang. Khususnya hormon dopamin dan oksitosin yang membuat Lo merasa baik dan ingin mengulangi perilaku dan hormon itu akan dilepaska ke tingkat yang lebih tinggi ketika sedang jatuh cinta.

Nah, ketika patah hati terjadi, kadar hormon tadi itu turun dan diganti sama hormon stress cortisol. Kalau hormon ini teralu banyak dalam satu periode waktu tertentu biasanya nimbulin kecemasan, jerawat, perubahan bentuk tubuh, segala gejala mental dan fisik yang tidak menyenangkan yang terkait sama sakit hati itu.

Cara nyembuhinnya juga bermacam-macam Anak Trax. Memang semuanya perlu waktu dan Lo ga perlu terburu-buru kok. Saat Lo sakit hati, kadang mudah buat untuk menarik diri dari kehidupan atau berhenti melakukan hal yang Lo sukai. Gapapa kok ngerasain sedih, tapi jangan berlarut-larut ya, Lo pasti bisa ngelewatin hal ini!

Tips kecil, Lo bisa mengabiskan waktu sama orang-orang yang Lo percaya kayak keluarga atau sahabat, bisa juga curhat sama peliharaan Lo, makan-minum yang Lo suka, olahraga, dengerin musik, pergi ke tenaga profesional, atau apapun yang bisa membantu Lo memperbaiki suasana hati seperti dahulu kala.

Baca Juga : Untuk Kali Pertama “Slam Dunk” Bakal Tampil Di Layar Kaca, Tayang Tahun 2022!

Emang ya Anak Trax, sakit hati itu ga enak. But it’s okay, jadiin itu pengalaman dimana kita bisa ambil semua pelajaran yang udah kita alami dan semoga aja rasa itu ga akan balik lagi ya.

 

Penulis: Aurel Larasati

Exit mobile version