Site icon TRAX

Perayaan unik Hari Raya Natal di dunia

Radio Anak Muda_Natal

Setiap hari raya pasti tidak luput dari perayaan, baik ibadah ataupun pesta. Di berbagai belahan dunia, setiap tanggal 25 Desember dirayakan hari Natal untuk umat Kristiani.

Negara yang berbeda, memiliki tradisi yang berbeda juga. Jika perayaannya mungkin hanya berdoa, berkumpul bersama keluarga, menghias pohon natal, dan makan bersama, pasti sudah biasa.

Berbeda dengan negara-negara di bawah ini. Penasaran? Yuk kita lihat!

1. Jepang

Perayaan di Jepang tergolong unik, jika biasanya kita memasak, berkumpul dan makan bersama keluarga, maka berbeda dengan Jepang.

Jepang terkenal dengan tradisi menyantap kue stroberi pada saat malam natal, toko-toko kue yang menjual kue stroberi akan ramai dikunjungi banyak orang.

Kue stroberi itu akan mereka santap dan memberikannya untuk sanak keluarga nantinya.

Tak hanya itu, ternyata ada tradisi unik lainnya di Jepang, yaitu makan ayam KFC (Kentucky Fried Chicken).

Jika biasanya orang Amerika identik dengan makan kalkun, maka tidak di Jepang. Berawal dari orang asing yang tidak menemukan kalkun di Jepang, ia malah membeli ayam KFC sebagai gantinya.

Tahun 1974, KFC mulai mempromosikan slogan,Kurisumasu ni wa kentakkii!” (Kentucky for Christmas).

Slogan itupun segera tersebar bersamaan dengan iklan di TV, yang membuat akhirnya banyak orang Jepang yang mengkonsumsi ayam di hari Natal.

Selanjutnya —> Republik Ceko

2. Republik Ceko

Ada tradisi unik dari negara satu ini, yaitu melempar sepatu.

Bukan tanpa alasan, tradisi ini dipercaya untuk menentukan peruntungan dalam menentukan pernikahan. Biasanya tradisi ini dilakukan oleh perempuan yang masih single.

Mereka akan membelakangi pintu rumah dan membuang salah satu sepatu ke belakang. Jika ujung sepatu mendarat mengarah pada pintu, maka diramalkan perempuan itu akan menikah dalam waktu dekat.

Namun, ada tradisi lain untuk menentukan pernikahan di saat Natal, para perempuan ceko merendam batang pohon ceri pada tanggal 4 Desember.

Jika berbunga pada malam Natal, berarti mereka akan menikah tahun depan.

Selanjutnya —> Ukraina

3. Ukraina

Natal di Ukraina tergolong unik, warga di Ukraina terbiasa menghias pohon natal dengan ornamen jaring laba-laba.

Warga Ukraina meyakini sebuah cerita rakyat yang mengisahkan seorang perempuan miskin yang tidak punya uang untuk menghias pohon Natal.

Keesokan harinya, ia melihat sinar matahari yang menyinari sarang laba-laba di pohon miliknya, yang membuatnya terlihat indah dan berubah warna menjadi perak keemasan.

Ada hal unik lain dari negara ini, yaitu jika seluruh dunia merayakan Natal pada 25 Desember, berbeda dengan Ukraina.

Mereka merayakan Natal pada 7 Januari. Kok bisa? Hal ini disebabkan karena penanggalan kalender Julian yang biasa digunakan oleh Gereja Ortodok.

Selanjutnya —> India

4. India

Kalau kita biasa melihat pohon Natal menggunakan pohon cemara, maka lain di India. Bukan pohon cemara, mereka menggunakan pohon pisang.

Di India menemukan pohon cemara tergolong sulit, untuk mengakalinya, maka digunakanlah pohon pisang.

Sama seperti menghias pohon cemara untuk Natal, pohon pisang ini juga dihiasi hiasan-hiasan natal. Selain pohon pisang, mereka juga terkadang menggunakan pohon mangga sebagai gantinya.

Selanjutnya —> Finlandia

5. Finlandia

Perayaan Natal pergi ke sauna? Itulah yang dilakukan oleh warga Finlandia.

Pada malam Natal, banyak warga Finlandia yang mandi di sauna. Seringnya kebiasaan ini, membuat banyak warga Finlandia yang memiliki sauna sendiri di rumahnya.

Karena mereka meyakini bahwa sauna merupakan tempat bersemayamnya peri pelindung.

Selain berendam di sauna, mereka juga mengunjungi kuburan anggota keluarga pada malam Natal dan menyalakan lilin di sana.

Selain itu, mereka juga menyiapkan makanan dan tidur di lantai supaya orang-orang yang sudah meninggal dapat ikut makan enak dan tidur nyenyak saat dikunjungi keluarga yang masih hidup.

Wah! Unik banget yaa tradisi di masing-masing negara! Seperti apapun caranya, kita harus merayakannya dengan penuh suka cita. Selamat hari Natal!

Jangan sampai ketinggalan info-info menarik lainnya seputar dunia film, musik, dan entertainment! Makanya, streaming aja Trax FM di sini!

[teks Hardianti Budhi, Anak Trax dari BSI | foto berbagai sumber]

Baca juga:
Nyentrik! Rihanna kenakan ikat pinggang super besar!
Cara rencanakan perjalanan melalui Instagram
Om Telolet Om: apa & mengapa fenomena ini begitu viral

Exit mobile version