Site icon TRAX

Ternyata Pencipta Gameboy Adalah Seorang Janitor

pixelovore.wordpress.com

Bukan hanya pencipta Gameboy tapi juga D-Pad

Anak Trax pernah mendengar nama Gunpei Yokoi? Sebagian dari kita harusnya berterima kasih kepadanya, karena penemuannya, masa kecil kita jadi lebih bahagia. Yup! Gunpei Yokoi adalah pencipta Gameboy. Ada cerita menarik tentang Gunpei, sebelum ia menciptakan konsol klasik ini, ia adalah seorang janitor atau petugas kebersihan dan juga maintanance man Nintendo. Di waktu senggang, ia sering membetulkan mesin-mesin yang sudah rusak atau tidak tepakai dan mencoba untuk menghidupkannya kembali agar ia bisa memainkannya. Di saat kita pada saat itu sedang asyiknya bermain solitaire di komputer, Gunpei terus berinovasi dan bereksperimen terhadap “mainannya” tersebut agar dapat menciptakan suatu konsol game yang dapat dimainkan.

Suatu hari di tahun 1966, presiden dari Nintendo, Hiroshi Yamauchi, tidak sengaja melewati gudang tempat Gunpei sering “mengotak-atik” mainannya. Presiden Nintendo tersebut sangat tertarik dengan penemuan Gunpei dan langsung meminta ia untuk segera mendesain mainannya dan memproduksi lebih banyak karena pada saat itu akan menjelang natal.

Setelah penemuannya tersebut, Gunpei langsung dipromosikan sebagai salah satu designer/game maker untuk Nintendo. Sebut saja Donkey Kong dan juga Mario Bros adalah buah dari hasil pemikiran ia dan timnya. Dia juga yang memperkenalkan Luigi (saudara Mario bros) ke mata dunia. Sebagai tambahan, selain sebagai pencipta Gameboy, Gunpei Yokoi juga menciptakan D-pad. D-pad adalah teknologi controller yang digunakan hampir di semua konsol handheld dan controller video game.

Sumber : en.wikipedia.org

Exit mobile version