Site icon TRAX

Panduan liburan di Malang, sesuaikan dengan minatmu

Radio Anak Muda_Malang

Balai kota | malangkota.go.id

Menjelajahi Malang rasanya nggak cukup hanya dengan waktu tiga hari atau seminggu. Ada banyak tempat yang bisa kamu kunjungi di seluruh Malang Raya, mulai dari Kota Malang, Kabupaten Malang sampai Kota Batu.

Biar nggak bingung mau ke mana saja, coba lihat minat dan tujuan liburan dulu. Baru cocokkan dengan berbagai pilihan yang bisa didatangi di Malang.

Suka naik Gunung

Ada beberapa pilihan yang bisa diambil buat para pecinta alam, mulai dari trip ke Bromo untuk melihat sunset. Atau naik Gunung Semeru yang punya pemandangan luar biasa. Kamu bisa juga naik ke Gunung Arjuno atau Panderman yang juga menyajikan pemandangan tak kalah eloknya.

Semua gunung ini akan terlihat jelas dari pesawat Sriwijaya sebelum kamu mendarat di Bandara Abdul Rahman Saleh. Dengan jalur penerbangan yang dikelilingi pegunungan, pesawat Sriwijaya akan memutar terlebih dahulu dan pemandangan indah terhampar luas di bawah kakimu.

Suka ke Pantai

Malang punya puluhan pantai cantik yang sekarang aksesnya sudah sangat mudah dengan jalur lintas selatan yang menghubungkan Pantai Balekambang sampai Sendang Biru. Di sepanjang rute ini kamu akan menemukan puluhan pantai indah yang punya keistimewaan masing-masing. Jika merapat lebih ke Timur, kamu akan menemukan pantai Banyu Anjlok di kawasan Dampit. Atau jika merapat ke Barat, akan menemukan Pantai Ngliyep dan beberapa lokasi indah lainnya.

Museum angkut | student.unud.ac.id

Trip bareng keluarga

Membawa orangtua dan anak-anak? Kota Batu adalah pilihan terbaik untuk memanjakan mereka. Mulai dari wisata air terjun seperti Coban Rais, Coban Talun, Coban Rondo dan pemandian sumber air panas Cangar. Hingga ke tempat-tempat wisata keluarga seperti Selecta, Jatim Park, Museum Angkut dan Batu Night Spectacular.

Di Batu kamu juga bisa menjajal serunya bermain paralayang. Malam harinya bisa jalan-jalan ke alin-alun yang penuh dengan aneka makanan lezat khas Malang serta ketan legenda yang sudah jadi tujuan kuliner legendaris di Batu.

Agak naik sedikit ke kawasan Pujon, kamu bisa menemukan pemandian Dewi Sri dan juga koperasi susu murni. Lanjut agak sedikit jauh, ada Bendungan Selorejo yang indah dan punya kuliner khas, lalapan wader. Super lezat!

Santai di tengah kota Malang

Kalau kamu datang di akhir pekan, cobalah naik bus tingkat dari Balaikota Malang. Tiketnya gratis, tapi hanya beroperasi dari jam 7 pagi sampai 12 siang.

Dari Balaikota, jalan sedikit kamu akan menemukan Museum Inggil yang menyimpan berbagai barang peninggalan sejarah Kota Malang. Dan tak jauh dari situ, kamu bisa santai menikmati taman Trunojoyo atau main-main di alun-alun Tugu.

Selain jalan-jalan, jangan lupa mencicip kuliner Malang yang terkenal lezat. Cobalah bakso bakar khas Malang yang nikmat, atau orem-orem yang tak akan kamu temukan di kota lain. Malang juga punya rawon, rujak, pangsit mie dan banyak kuliner lain yang harus kamu cicip.

Candi Singosari | id.wikipedia.org

Wisata Candi

Malang punya banyak candi peninggalan kerajaan di masa lalu. Salah satunya adalah Candi Singosari yang sampai sekarang masih berdiri megah, lengkap dengan pemandian Kendedes yang dulu jadi tempat mandi para puteri raja.

Selain itu juga ada Candi Badut yang masih terawat dengan apik di kawasan Tidar. Juga Candi Jago dan Candi Kidal yang berdiri megah di kawasan Tumpang. Semua memiliki sejarah yang menarik dan membuka wawasan sejarah Malang.

Sekarang tahu kan, kenapa liburan di Malang nggak bisa sehari saja? Siapkan tiket pesawat Sriwijaya di tangan dan tentukan tujuan wisatamu secara pasti sebelum berangkat ke Malang. (Sumber)

[teks Sekar Retno Ayu | foto malangkota.go.id,  student.unud.ac.id, & id.wikipedia.org]

Jangan kelewatan berita-berita terkini lainnya seputar dunia film, musik, dan entertainment! Streaming terus Trax FM di sini!

Baca juga:
Comeback, APink rayakan 6th anniversary!
Rise Against lepas single terbaru “The Violence”
Kim Kardashian dan Kylie Jenner lansir kosmetik terbaru

Exit mobile version