Site icon TRAX

Musisi Dunia Ini Pernah Melakukan Copycat

“good artists borrow, great artists steal?”

Kalimat yang berbunyi “good artists borrow; great artists steal?” mungkin berlaku untuk seni dalam kover album. Menyebutnya sebagai lompatan tren atau kekurangan inspirasi yang kreatif, namun beberapa kover album benar-benar sama alias menyalin kover album yang ada sebelumnya.

Sebuah penghormatan atau ketidak sengajaan tentu tidak ada yang tahu. Apakah menjiplak tersebut merupakan bentuk sanjungan yang tulus?

Beberapa musisi dunia ternyata pernah melakukan copycats pada cover album mereka dari musisi sebelumnya lho, Anak Trax! Dilansir dari Zimbio, berikut beberapa kover album musisi dunia yang copycats, Siapa saja sih? Yuk, dicek siapa tau ada artis kesayangan kamu.

1. Elvis vs. The Clash vs. K.D. Lang

 

 

 

 

 

Wah! Ternyata kover album dengan tulisan judul album berbentuk letter L disebelah kiri ini langsung menginspirasi dua musisi dunia sekaligus, yaitu Tha Clash dan K.D. Lang. Album dari Elvis yang berjudul Elvis Presley ini dirilis pada tahun 1956. 23 tahun kemudian tepatnya pada tahun 1979 The Clash merilis album berjudul London Calling dan di tahun 2006-nya, K.D. Lang merilis album berjudul Reintarnation dengan kover yang sama.

2. Bjork vs. Britney Spears

 

 

 

 

 

 

Musisi asal Islandia bernama Bjork ternyata juga terkena copycats nih, Anak Trax. Album yang dirilis pada 1993 berjudul Debut dengan fotonya sendiri yang menjadi cover album dari Debut ternyata diikuti oleh penyanyi sexy Britney Spears. Pasalnya, foto dengan gaya menempelkan kedua telapak tangan ini menginspirasi Britney di albumnya yang berjudul Baby One More Time. Britney baru merilisnya di tahun 1999.

3. Shakin’ Stevens vs. Michael Jackson

 

 

 

 

 

Siapa sangka, ternyata hal ini pernah dilakukan oleh mendiang King of Pop, Michael Jackson. Kover album Michael Jackson di album Thriller menggambarkan pemiliki tarian Moon Walk yang setengah bangun dan menopang badannya dengan tangan kirinya dan ternyata mempunyai kemiripan dengan kover album musisi yang setahun sebelumnya juga merilis album, yaitu Shakin’ Stevens dengan Album Green Door / Don’t Turn Your Back.

4. Anna Waronker vs. Beyonce

 

 

 

 

 

Pose telanjang setengah badan dan menutupinya dengan kedua tangan rupanya menjadi pilihan Beyonce untuk menjadikannya sebagai kover album yang berjudul “I Am… Sasha Fierce”.  Diva berkulit eksotis ini merilis albumnya tersebut pada 2008. Namun, ternyata kover albumnya tersebut mirip dengan kover album Anna Waronker berjudul Anna yang dirilisnya pada tahun  2002.

5. Kanye West vs. Justin Bieber

 

 

 

 

 

 

Beliebers pasti tahu dong album berjudul Heartbreaker yang dirilis tahun 2013 milik penyanyi muda, Justin Bieber? Tentu tahu juga dong seperti apa kover album tersebut?

Ternyata, kover album dengan gambar hati berwarna ungu milik Bieber itu sama seperti album milik suami dari Kim Kardashian, Kenya West. Namun album milik penyanyi berkulit hitam tersebut memiliki gambar hati berwarna merah. Kenya West merilis album berjudul 808s  & Heartbreak itu di tahun 2008, sedangkan pelantun lagu “One Time” merilis albumnya di tahun 2013.

Di atas merupakan sedikit ulasan beberapa artis yang melakukan copycats pada kover album mereka. semoga saja hal tersebut tidak sengaja dilakukan atau hanya terinspirasi dari musisi sebelumnya ya, Anak Trax. « [teks @nandyaBachtiar | foto berbagai sumber]

Exit mobile version