Site icon TRAX

Mobil E4U Diciptakan Untuk Atasi Masalah Parkir Jakarta

hyundaie4u large verge medium landscape

Telur raksasa yang bisa dikendarai

Kalau ada telur ngegelinding pasti pecah kan Anak Trax,  tapi telur yang ini gak akan pecah. Udah gitu ukuran telurnya bisa dinaiki orang dewasa lho! Telur apaan ya itu? Ternyata salah satu perusahaan mobil Korea Selatan ini membuat telur yang bisa berjalan. Alias, mobil yang berbentuk telur. Nama mobilnya adalah E4U dengan konsep Evolution, Electricity, Eco-friendliness dan Egg (telur). Lucu ya? 

Gagasan mobil kecil ini terinspirasi jalanan perkotaan yang kian sempit dan lahan parkir yang minim. Pengendara bisa mengemudikannya dengan tetap memakai kaki untuk keseimbangan. 

Berbeda dengan kendaraan umum yang memakai roda, kendaraan ini seperti telur yang mengelinding. Ini berkat metode pergerakannya yang ‘berputar semispherical, sehingga yang terlihat bagian bawah telur itu terus berputar”.  

Menurut situs Tempo.co, saat kendaraan ini berhenti, maka posisinya akan tegak berdiri. Sedangkan saat melaju, maka pengemudi akan memiringkan badan sesuai dengan laju kendaraan. Kecapatan mobil ini bisa mencapai kecepatan 30 km per jam.  

Dan ternyata, ada metode khusus untuk mengendarai mobil ini Anak Trax. Jadi, calon pengendaranya memang harus latihan terlebih dahulu, karena sistem mengendalikan mobil ini menggunakan ilmu fisikia. Inti kendaraan ini adalah bagian bawah yang berbentuk setengah bola. Ketika roda setengah bola ini berada pada posisi vertikal dengan bagian puncaknya menyentuh tanah, lantas berputar, dihasilkan gaya yang menyebabkan kendaraan berputar di tempat. Nah loh, yang pintar fisika pasti bisa mengendarain mobil ini nih.

 

Mobil yang dikembangkan hanya dalam empat bulan ini terdapat dua tungkai kecil yang memiliki roda kecil di bagian belakang. Fungsinya sebagai penyeimbang. Fngsinya seperti ekor dalam helikopter. Sedangkan bagian atasnya bisa dilepas dan dipakai pengendara, untuk keamanan selayaknya helm. Jadi kesannya seperti ada orang yang baru menetas dari telurnya. 

Mobil telur ini bertenaga baterai listrik dengan kekuatan 500 watt. Tapi belum dipublikasikan kapan dan dimana mobil ini akan diluncurkan pertama kali ke pasaran. Untuk sementara, bikin sendiri aja dulu di rumah dari telur-telur yang ada di dapur Anak Trax..?! 

Exit mobile version