Site icon TRAX

Melancholia (2011)

Sudah menjadi ciri khas Lars Von Trier dalam filmnya membagi jalan ceritanya menjadi beberapa ‘chapter’. Pada film Melancholia terbagi menjadi dua bagian, kisah hubungan kakak-beradik dengan karakter yang sangat bertolak belakang dalam menjalani kehidupan dan sudut pandangnya terhadap akhir jaman.

Bagian pertama diawali dengan proses pernikahan Justine (Kirsten Dunst) yang kacau berantakan. Anak Trax mungkin akan ‘il-fil’ sama Kirsten Dunst atau bahkan semakin ngefans karena dia memerankan calon istri yang mengesalkan dengan bagus sekali :p Ciri khas Lars Von Trier terlihat jelas dengan teknik kamera ‘handheld’ (pengambilan gambarnya yang radikal acak-acakan kesana-kemari)

Bagian kedua menceritakan tentang kakaknya bernama Claire (Charlotte Gainsbourg) yang bersama suami dan anak laki-lakinya mempersiapkan diri menghadapi fenomena alam sebagai tanda kiamat.Lars Von Trier hobi membuat kejutan melalui alur cerita ataupun karakter pemerannya. Pada film ini ditambah dengan pilihan musik latar orkestra yang mengalun, rasanya bisa jadi semakin depresi.
Terjemahan harafiah kata Melancholia ke dalam bahasa Indonesia adalah kesedihan, sesuai dengan nuansa film ini yang sendu~ atau galau kalau bahasa kekiniannya. Oleh karena itu, pilihkan waktu yang tepat untuk menyaksikan film ini.

Terserah Anak Trax mau percaya akan ramalan suku maya atau tidak, namun sejak menit pertama film ini ditonton, mungkin kita sudah bisa merasa kalau kiamat sudah dekat.

 

Sutradara            : Lars Von Trier

Durasi                 : 2 jam 15 menit

Genre                  : Drama, Sci-Fi

Aktor/Aktris         : Kirsten Dunst , Alexander Skarsgård , Kiefer Sutherland 

Bahasa                : Inggris

Trailer                 : http://www.melancholiathemovie.com/

Exit mobile version