Site icon TRAX

Main game di laptop? Perhatikan beberapa hal ini!

Radio Anak Muda_Game

Belakangan ini, sudah banyak sekali cara untuk bermain games. Salah satunya adalah dengan membeli laptop yang kuat untuk bermain game agar dapat main dimanapun kita berada.

Tetapi, biasanya laptop gaming mempunyai harga yang relative mahal dengan spesifikasi yang cocok untuk bermain game.

Banyak orang yang mengatakan bahwa untuk urusan gaming, lebih baik menggunakan PC daripada laptop. Salah satu kelebihan PC adalah kemudahan dalam upgrade.

Tetapi, laptop juga punya nilai plus, salah satunya adalah simple, efisien, dan mudah dibawa.

Untuk kali ini, kita ingin bahas tentang bagaimana cara memilih laptop gaming yang bagus sehingga kita bisa main game yang kita ingin mainkan pada waktu jam istirahat.

1. Perhatikan seri chipset VGA, bukan besar memory VGA
Kesalahan yang dilakukan orang ketika membeli laptop, yaitu melihat besar memory sebauh VGA atau VRAM daripada chipset-nya. Padahal yang perlu dipehatikan adalah chipsetnya.

Contoh misalkan NVIDIA GeForce GT 720M. Digit pertama menunjukkan generasinya, artinya generasinya adalah generasi 7. Digit kedua dan ketiga menunjukkan tingkat kelas atau performanya. Semakin tinggi, semakin bagus performanya.

Yang paling diperhatikan adalah digit kedua dan ketiga. Kita bandingkan dengan yang seri 635M. Walaupun generasinya dibawah, tetapi memiliki performa yang lebih bagus daripada yang 720M.

2. Jangan mengabaikan peran processor
Banyak orang lebih prioritaskan VGA daripada Processor.

Sebenarnya tidak salah, tapi perlu diperhatikan bahwa peran processor tidak bisa dianggap remeh karena semakin banyak game yang melakukan perhitungan yang kompleks pada processor.

Selain itu, banyak inti/core yang dimiliki processor yang dapat meringankan proses rendering.

3. Besar RAM yang dimiliki Laptop
Semakin besar RAM yang dimiliki, semakin lancar proses multitasking.

Jangan terlalu disibukkan dengan clock speed RAM karena rata-rata game saat ini lebih mengutamakan kapasitas RAM daripada clock speed.

4. Perhatikan kapasitas Hard Disk / SSD
Pastikan kapasitas hard disk minimal 256GB. Kurang juga tidak apa-apa, akan tetapi semakin sedikit game yang bisa kita install di laptop itu.

Dan kita juga harus menyediakan beberapa Gigabyte agar komputer dapat berjalan dengan baik, tidak terlalu penuh.

5. Ukuran layar laptop
Ukurang layar laptop juga harus diperhatikan. Terlalu kecil, maka kita tidak bisa menikmati permainan dengan baik.

Minimal ukuran layar untuk game adalah 14”. Jika ingin lebih menarik lagi pengalaman bermainnya, carilah laptop dengan ukuran 15”-17”.

6. Pilih laptop yang memiliki port yang beragam
Laptop dengan beragam konektivitas sangatlah baik. Minimal, harus ada USB 2.0 port, USB 3.0 port, HDMI port, dan D-Sub port.

Kegunaan port tersebut adalah untuk mensambungkan mouse, keyboard, dan controller-controller lainnya. Kurang enak rasanya jika kita menggunakan keyboard bawaan laptop (kecuali kalian sudah terbiasa bermain di laptop).

Gimana? Tips ini dapat membantu kalian memilih laptop yang sesuai untuk memenuhi kebutuhan main game kamu!

Jangan kelewatan berita-berita terkini lainnya seputar dunia film, musik, dan entertainment! Streaming terus Trax FM di sini!

[teks Andre Fransico, Anak Trax dari Universitas Atma Jaya | foto engadget.com]

Baca juga:
OG Prevail Runner jadi sepatu klasik di akhir tahun
Ini 5 video musik paling banyak ditonton di 2016
Kembali, Joey Alexander jadi nominator Grammy Awards 2017

Exit mobile version