Site icon TRAX

Kisah Pria Mengapung di Lautan 13 Bulan

Anak Trax sudah pernah nonton film Castaway yang diperankan Tom Hanks? Film ini bercerita tentang survival seorang kurir yang terdampar di sebuah pulau tak bertuan di Samudra Pasifik akibat pesawat yang ditumpanginya jatuh.

Awalnya film ini hanya sebuah fiksi belaka. Lagipula mana mungkin ada manusia yang mampu bertahan hidup di tengah samudera.

Tapi rupanya anggapan itu salah. Karena pria asal Salvador, José Salvador Alvarenga, berhasil hidup di tengah lautan selama 13 bulan. Gila! Jose mampu bertahan di atas kapal yang diombang-ambingkan ombak dengan memakan burung, ikan, atau kura-kura sambil mengumpulkan air hujan untuk minum.

Awalnya ia bermaksud memancing di laut lepas Mexico pada 21 Desember 2012. Tapi pada hari pertama pelayaran, Jose terkena badai kencang yang merusakkan kapal boat-nya. Alhasil ia terombang-ambing di laut lepas tanpa penunjuk kompas.

Jose sempat ditemani seorang bocah berumur lima belas tahun bernama Ezequiel. Tapi ia meninggal setelah empat bulan di lautan karena menolak untuk makan. Jose juga mengakui, beberapa hari setelah temannya itu meninggal, ia juga bermaksud bunuh diri. Tapi hal itu diurungkan olehnya.

Selama 13 bulan itu, Jose diperkirakan sudah berlayar sejauh 8,900 to 10,800 km. Ia ditemukan oleh Amy Libokmeto and Russell Laijedrik di Ebon Atol, Samudera Pasifik. Beruntung di dekat Atol itu ada sebuah pulau kecil bernama Marshal. Pasangan itu mendengar teriakan dari arah ato, lalu menghampirinya.

Jose dapat diselamatkan oleh kedua pasangan itu. Lalu dipulangkan kembali ke negara asalnya, Salvador. Kisah survival yang dialaminya menjadi bahan pembicaraan dunia internasional karena mirip dengan film fiksi Castaway.

Exit mobile version