Site icon TRAX

Kesepian lebih berbahaya dari obesitas

Kesepian

Source : www.wallsave.com

Hati-hati dengan rasa kesepian

Patah hati dan “gagal” move-on sering kali membuat kita merasa “galau” dan merasa kesepian. Jangan anggap remeh Anak Trax, karena sebuah penelitian yang dilakukan oleh Prof. Cacioppo dari University of Chicago menemukan bahwa orang yang sering merasa kesepian dalam waktu lama karena jauh dari orang yang dicintainya bisa meningkatkan tekanan darah yang dapat memicu serangan jantung atau bahkan penyakit stroke.

Prof. Cacioppo juga mengatakan dengan meningkatkan hormon kortisol yang menyebabkan stress, kesepian juga mengakibatkan rusaknya sistem imun tubuh dan depresi. Kesepian yang akut memungkinkan seseorang meninggal lebih cepat  daripada seseorang yang mengidap obesitas sebanyak 14%.

Hal ini memang lebih banyak diderita oleh orang-orang tua atau pensiunan. Profesor bidang psikologi ini sudah 20 tahun mempelajari efek dari rasa kesepian pada 2000 pria berusia 50 tahun ke atas. Kebanyakan dari mereka yang merasa kesepian, akan mengalami gangguan tidur, cepat lelah dan stress yang mengkhawatirkan.  Hal ini dikarenakan rasa kesepian membuat mereka lebih waspada terhadap adanya ancaman dan mudah terbangun karena hal kecil di malam hari. Ketika ditanya apa solusi untuk menghindari kesepian? Prof. Cacioppo mengatakan, “Banyaklah meluangkan waktu untuke bersenang-senang bersama keluarga ataupun orang yang dicintai, tidak usah terlalu berlarut dalam kesedihan. Seseorang akan lebih mudah menikmati hidup jika bersama orang lain”

Sumber : fabfitfun.com

Exit mobile version