Site icon TRAX

Ke Macau nggak lengkap tanpa berburu Portuguese Egg Tart

Anak Trax berencana berlibur ke Macau? Kalau gitu jangan lewatkan tempat-tempat wisatanya ya. Entah itu tempat wisata berbau religi maupun history. Nah, selain tempat wisata, jangan lupa juga untuk berkuliner ria di Macau.

Soal kuliner, Macau pun kaya akan makanan khas yang sayang kalau tidak dicicipi. Salah satu makanan yang paling sering di buru ketika bertandang ke negeri yang masuk 10 Destinasi Wisata terbaik dunia tahun 2015, versi Lonely Planet ini, adalah Portuguese Egg Tart.

Portuguese Egg Tart memang bukan milik Macau saja, melainkan juga ada di Portugis, Inggris, dan Hong Kong. Namun, bagi Macau kue ini memiliki sejarah tersendiri, hingga menjadi makanan khas.

Secara singkat, Portuguese Egg Tart hadir di Macau ketika pertama kali ditemukan di Guangzhou pada tahun 1920, karena perang Opium pertama. Sejak saat itu budaya Eropa diperluas di daerah Guangzhou, termasuk budaya makanannya.

Pada tahun 1940, Portugis sebagai negara Eropa yang menduduki Hong Kong memperkenalkan custard tart, yang kemudian diadaptasi oleh penduduk Macau, dan dikenal sebagai Portuguese Egg Tart.

Lord Stow’s Bakery & Cafe yang terletak di 1 Rua da Tassara, Coloane Island

Lalu mengapa kue ini begitu spesial dan wajib dicicipi saat ke Macau? Alasan utama, karena kue ini memiliki rasa manis bercampur telur dan karamel yang pas. Kelembutan permukaan kue pun nikmat saat ‘mendarat’ di mulut.

Dengan rasa dan kelembutannya itu, jangan heran kalau Portuguese egg tart bakal bikin lo ketagihan. Mungkin makan satu, dua, tiga bisa kurang, Anak Trax.

Selain rasanya yang enak, kue ini pun bebas dari bahan pengawet, sehingga aman untuk dikonsumsi. Disajikan tanpa bahan pengawet, membuat Portuguese Egg Tart nggak bisa dibawa pulang sebagai oleh-oleh. Sekali dibeli, enaknya langsung makan saat hangat-hangat baru dimasak.

Anak Trax nggak usah bingung, bagaimana mendapatkan kue dengan citarasa telur yang mencolok ini, ketika bertandang ke Macau. Pasalnya, hampir disetiap sudut kota, pusat perbelanjaan pasti menjajakan Portuguese egg tart. Karena beli langsung dimakan, maka kue ini pun cocok sebagai teman ketika berbelanja, atau pun menyusuri tempat-tempat wisata di Macau.

Tapi, kalau lo pengen ke tempat yang spesial menyajikan Portuguese egg tart, silahkan mampir ke Lord Stow’s Bakery & Cafe yang terletak di 1 Rua da Tassara, Coloane Island, Macau. Di toko bakery yang sudah buka sejak 1989 ini, satu egg tart dihargai sekitar MOP 8 atau sekitar 11 ribu rupiah.

Penasaran dengan Portuguese Egg Tart khas Macau? Kalau gitu jangan sampai nggak nyobain ketika bertandang ke Macau ya. Atau, Anak Trax masih ada yang belum berencana berlibur ke Macau? Buruan deh, atur jadwal liburan lo. Biar gampang, ikutin aja program liburan Macau Journal. Informasi lebih lengkap lihat tautan ini. [foto @dining.macau.com]

Exit mobile version