Site icon TRAX

Kaleidoscope 2012: Best 5 KPop Happening

TraxFM news KaleidoskopKPop

Super Junior, Big Bang, PSY, what else?

Ada begitu banyak hal yang terjadi di dunia K-Pop selama tahun 2012 ini. Sulit untuk menentukan dalam 5 hal saja. Karena itu, lebih tepat kalau dibagi menjadi 5 kategori nih, Anak Trax. Sambil lo baca daftar ini, kira-kira lo inget atau udah pernah denger belum sebelumnya?

 

1. K-Pop Music Album

Banyak album oke yang rilis tahun ini, baik album yang punya prestasi penjualan yang tinggi padahal menerima kritik yang keras, maupun album yang memang diakui pengamat musik sebagai album berkualitas yang digarap serius. Di antaranya Super Junior, “Sexy, Free, and Single“, yang udah ditunggu-tunggu oleh fans setia mereka. Selain itu, Block B dengan “Blockbuster” juga menunjukkan musikalitas yang keren. Termasuk Big Bang dengan “Alive” dan G-Dragon dari Big Bang yang merilis album solo “One of a Kind” yang nunjukkin bahwa he really is one of a kind. Busker Busker (Busker Busker 1st Album) dan Nell (Slip Away) juga dua contoh dari beberapa band indie Korea yang menghasilkan karya keren tahun ini. Tapi yang paling happening udah pasti PSY yang mendunia dengan single “Gangnam Style“. Single ini diambil dari mini album “Psy’s Best Sixth” yang juga menerima banyak review positif.


2. K-Pop Concert in Jakarta

Apa konser K-Pop yang paling lo inget sepanjang tahun 2012 ini, Anak Trax? Setuju nggak kalau SMTown Live In Jakarta termasuk konser yang sayang banget kalau dilewatin? Nggak cuma itu, tahun ini banyak banget musisi Korea yang berkunjung ke Jakarta, mulai dari B2ST, Super Junior, MBLAQ, JYJ Junsu, Wonder Girls, 2PM, Jay Park, Lee Seung Gi, dan pastinya konser yang sukses menunjukkan musikalitas musisinya, Big Bang Alive Tour. Bahkan konser yang satu ini dapet review positif dari pengamat musik Bens Leo.


3. Scandals in K-Pop

Cukup banyak skandal yang terjadi sepanjang tahun ini, mulai dari kasus kecelakaan yang dilakukan 2PM Nichkhun karena berkendara sambil mabuk, skandal foto selca (self camera) antara Super Junior EunHyuk dan IU, komentar candaan Block B tentang bencana banjir di Thailand, skandal seks Seung Ri di Jepang, dan pastinya kasus paling heboh yang ditangani berlarut-larut adalah kasus bullying anggota T-Ara, Hwa Young, yang berakhir dengan dikeluarkannya Hwa Young dari grup tersebut, plus comeback T-Ara yang dinilai kurang sukses. 


4. Unforgettable Korean Drama

Banyak banget drama berkualitas tahun 2012 ini yang mendapat review bagus dan nggak akan mengecewakan untuk lo tonton, Anak Trax. Di antaranya “King 2 Hearts” (Lee Seung Gi, Ha Ji Won) yang mengangkat tema politik Korea Utara dan Selatan serta menyampaikan pesan bahwa cinta nggak mengenal batasan, “Rooftop Prince” (Micky Yoochun, Han Ji Min) mengangkat kisah cinta yang dibumbui tema time traveller, “Arang and the Magistrate” (Shin Min Ah, Lee Jun Ki) drama bertema historikal tentang seorang hantu wanita dan seorang hakim, “Reply 1997” (Seo In Guk, Jang Eun Ji) sebuah drama tentang persahabatan, “Nice Guy” (Song Joong Ki, Moon Chae Won) tentang pengkhianatan dan pembalasan dendam. Ada juga judul drama lain yang saat ini masih berjalan, seperti “I Miss You” (Micky Yoochun, Yoon Eun Hye, Yo Seung Ho) dan “School 2013” (Jang Na Ra, Daniel Choi, Lee Jong Suk).


5. Underdog Actors, Groups, and Singers

Banyak nama-nama baru atau yang kurang terkenal sebelumnya justru jadi naik daun di tahun 2012 ini. Untuk aktor sendiri yang paling mencolok adalah Song Joong Ki yang akhirnya mendapatkan pemeran utama di drama “Nice Guy” dan film “Werewolf Boy“. Ini bukanlah pengalaman pertama Song Joong Ki di dunia akting, karena sebelumnya ia banyak bermain sebagai pemain figuran. Drama “Nice Guy” menunjukkan bahwa wajah imut Joong Ki juga mampu membawa dirinya pada peran bad guy, sedangkan “Werewolf Boy” menekankan kemampuan akting Joong Ki yang luar biasa karena dia nggak punya dialog sepanjang film, tetapi mampu menyampaikan pesan melalui ekspresi dan emosi yang kuat.

Seo In Guk dalam drama “Reply 1997” juga menunjukkan kemampuan akting yang menakjubkan. “Reply 1997” adalah drama kedua yang dia mainkan, tapi udah berhasil membuatnya menang 5 penghargaan drama di Korea. 

Nggak cuma aktor, menjamurnya boyband/girlband baru di Korea Selatan membuat banyak yang meremehkan para newbie di panggung hiburan K-Pop. Walaupun begitu B.A.P mampu meraih ketenaran karena tampil dengan konsep yang berbeda, yaitu murni bergaya Hip Hop tanpa unsur Pop Korea sama sekali. Busker Busker juga hadir sebagai band indie yang, tanpa diduga, mampu meraih penjualan album di Korea Selatan lebih banyak daripada mini album PSY. Lee Hi, Ailee, dan Juniel pun bisa dibilang penyanyi solo wanita pendatang baru yang sukses tahun ini. Juniel bahkan disebut-sebut sebagai the next IU. Do you agree?

Exit mobile version