Site icon TRAX

JAMBUL: Segmen Rocktorat Bersama Iwa K

iwa k

Hip Hop adalah suatu bentuk kebebasan. – Iwa K

Anak Trax inget sama Iwa K nggak? Iwa K sempat hit banget di tahun 1990-an karena muncul sebagai sosok rapper pertama di Indonesia saat itu. Kali ini Iwa K diundang untuk hadir dalam program Jambul (01/08/2012) dan nemenin Trax Trooper Buluk siaran. Bung Iwa K mengisi segmen Rocktorat, atau lebih tepatnya Raptorat kali ya kalau melihat bintang tamu yang diundang.

Melalui obrolan saat itu, Anak Trax bisa tau kalau pertama kalinya Iwa K tertarik untuk terjun dalam dunia Hip-Hop adalah karena terinspirasi Chuck D dari Public Enemy. Dari situ Iwa K menyadari kalau musik Hip Hop atau Rap bisa membantunya mengeluarkan kepribadiannya dan berani mengekspresikan diri tentunya. Walaupun memang kalau mengikuti budaya Indonesia yang ada, ada batasan yang membuat dia nggak akan sebebas yang dilakukan Chuck D. Dari sini muncullah album pertama Iwa K yang berjudul “Batman Kasarung”.

Kalau Anak Trax mau jadi seperti Iwa K, mungkin saran yang satu ini bisa jadi pedoman nih. Menurut Iwa K, jangan pernah menganut istilah “gue belum lahir di zaman itu”, karena kalau lo serius mendalami musik mau nggak mau lo mesti mempelajari musik dari roots atau akarnya. Karena ketika lo menemukan akarnya, lo akan lebih bisa bebas menemukan bentuk lo dalam bermusik. 

Yang pastinya nggak boleh ketinggalan adalah fakta bahwa ternyata Buluk pernah jadi model video klip Iwa K yang berjudul “Bebas”! Buluk berperan jadi skater dan Iwa K ngaku nggak sadar sama fakta yang satu ini. 

Exit mobile version